loading...

Sunday, November 12, 2017

Prinsip 6 Benar dan 12 Benar Pemberian Obat Perawat Wajib Baca

Prinsip 6 Benar dan 12 Benar Pemberian Obat Perawat Wajib Baca


infuset - Kesehatan dan kesembuhan pasien adalah satu hal mutlak keinginan dari paramedis termasuk perawat. Apalagi jika perawat tersebut sedang jaga, jangan sampai kelalaian atau kesalahan mengakibatkan hal buruk dan fatal bagi pasien, begitu juga tentang pemberian obat.



Pemberian obat haruslah benar. Selain harus dengan resep dokter, ada beberapa hal penting yang patut diketahui dalam hal pemberian obat, dan itu kita kenal dengan Prinsip 6 Benar Pemberian Obat. Hal apa saja yang menjadi prinsip benar tersebut? Berikut uraiannya :



Prinsip 6 Benar Pemberian Obat 




1. Benar Pasien




Sebelum memberikan obat kepada pasien, pastikan identitas pasien tersebut. Apakah sesuai dengan identitas yang tertulis. Apabila pasien sedang tidur ataupun tidak sadar, anda sebagai perawat wajib menanyakan kepada kerabat maupun keluarganya agar jangan terjadi salah obat. Jangan sampai obat untuk pasien kamar sebelah justru anda berikan.



2. Benar Obat




Benar obat yang dimaksud adalah benar nama obat yang diberikan sesuai instruksi ataupun resep dokter. Setelah anda memastikan identitas si pasien, jangan sampai anda salah memberikan obat yang seharusnya untuk pagi hari malah diberikan pada malam hari. Atau anda salah dalam mengambil obat semisal karena nama obat tersebut mirip atau menggunakan nama dagang yang berbeda dengan nama generiknya


3. Benar Dosis


Setelah memastikan pasien dan nama obat yang diberikan, hal yang ketiga yang juga harus benar adalah dosis obat. Perawat harus mengecek kembali dosis yang akan diberikan kepada pasien. Ketelitian seorang perawat dalam benar memberikan dosis menjadi salah satu poin untuk kesembuhan pasien. Dosis tidak boleh kurang apalagi lebih. Kendala yang biasa dialami perawat adalah susahnya membaca resep dokter. Jikalau hal ini terjadi alangkah baiknya hubungi apoteker ataupun dokter yang bersangkutan. Walaupun konsekuensinya dimarahin dokter. 

4. Benar Cara / Rute


Setelah ketiga point diatas benar, hal selanjutnya yang harus benar adalah cara atau rute pemberian. Banyak cara pemberian obat yang bisa dilakukan baik itu peroral, parenteral, sublingual, topikal, rectal, dan inhalasi. Jangan sampai obat yang harusnya di drip ke cairan infus anda berikan lewat mulut.

5. Benar Waktu


Hal penting selanjutnya adalah benar waktu, jangan sampai terjadi pemberian obat salah jam, padahal pasien sudah minum obat dua atau tiga jam lalu.

6. Benar Dokumentasi


Kerjakan apa yang anda tulis dab tulis apa yang anda kerjakan. Petikan kalimat tersebut sering sekali ada pada pusat kesehatan ataupun rumah sakit sebagai pengingat kepada seluruh paramedis terkhusus perawat jaga. Agar tidaj terjadi kesalahan pemberian obat semisal shift pagi sudah memberikan obat yang instruksinya hanya 1x sehari, tetapi perawat tersebut lupa mendokumentasikan pada asuhan keperawatan pada lembar status pasien. Kemungkinan kesalahan akan terjadi kepada perawat jaga shift sore, karena setelah melihat lembar status yang masih belum melakukan pemberian obat, kemudian perawat shift sore memberikan obat tersebut. Sehingga dosis 1x sehari menjadi 2x sehari. Itu merupakan kesalahan fatal dan wajib dihindari.

Demikianlah uraian artikel tentang Prinsip 6 Benar Pemberian Obat. Semoga rekan sejawat dimanapun berada selalu bisa fokus dalam bekerja. Agar tidak terjadi kesalahan dalam pemberian obat kepada pasien, perhatikanlah Prinsip enam benar pemberian obat diatas. Seiring berjalannya waktu, ilmupun mengalami perubahan dan perkembangan, Sama seperti cuci tangan yang benar dimana dari 6 langkah menjadi 7 langkah, kemudian dikembangkan menjadi 10 langkah benar bahkan lebih, begitu juga dengan prinsip pemberian obat yang benar. Perkembangan terakhir dari prinsip 6 benar kini telah menjadi 12 benar pemberian obat. Apa saja poin 7 hingga 12? Berikut tambahan poin benar pemberian obat sehingga biasa disebut prinsip 12 benar pemberian obat

7. Benar Evaluasi


Setelah memberikan obat kepada pasien, perawat masih harus memantau efek dan kinerja dari obat tersebut. Jangan sampai pasien mengalami alergi obat, obatnya masih diberikan pada waktu berikutnya

8. Benar Pengkajian


Perawat juga harus memantau tanda vital pasien, karena beberapa jenis obat ada yang tidak bisa diberikan pada keadaan tertentu. Semisal ketika tekanan darah tinggi dan lain lain.

9. Benar Reaksi dengan Obat Lain


Pada suatu penyakit, biasanya diberikan obat yang saling mendukung untuk proses penyembuhan. 

10. Benar Reaksi terhadap Makanan


Benar reaksi terhadap makanan, jangan sampai obat yang seharusnya diminum sebelum makan justru anda berikan sesudah makan. Karena ada obat obatan tertentu dengan indikasi seperti itu.

11. Benar Tidak Expired


Siapa juga yang mau minum obat basi? Perhatikan tanggal kadaluarsa obat sebelum diserahkan atau diberikan kepada pasien. Periksa juga bentuk kemasan

12. Benar Pendidikan Kesehatan Perihal Medikasi Pasien


Perawat juga harus benar dalam menginformasikan tentang obat yang diberikan, misalnya indikasi, kontraindikasi, efeksamping dan lain lain.

Apabila anda menyukai dan merasa artikel ini bermanfaat bagi anda maupun rekan, silahkan share. Terima Kasih

0 komentar