loading...

Tuesday, November 28, 2017

11 MAKANAN YANG MEMBUAT KEGUGURAN IBU HAMIL WAJIB TAHU

11 MAKANAN YANG MEMBUAT KEGUGURAN IBU HAMIL WAJIB TAHU




Infuset - Kehamilan senantiasa diimpikan oleh pasangan suami istri, namun kadang suami maupun istri kurang pengetahuan akan konsumsi yang berbahaya bagi kandungan. Berikut ini adalah beberapa daftar nama makanan dan minuman yang bisa menggugurkan kandungan, diharapkan ibu hamil senantiasa menghindarinya dan bagi suami selalu mengingatkan istrinya.



Makanan minuman yang berpotensi menggugurkan kandungan


1. Nanas

Buah nanas termasuk buah yang berpotensi menjadi penggugur kandungan. Bagi wanita yang hamil muda sangat tidak disarankan memakannya. Karena mengandung senyawa enzim yang berbahaya bagi kandungan, senyawa tersebut bernama protease bromealin. Senyawa tersebut sama dengan kandungan pada nama buah yang berpotensi menggugurkan kandungan nomer 2 dibawah ini

2. Pepaya 

Buah pepaya juga bisa menggugurkan kandungan, terkhusus pepaya muda. Pepaya muda sangat membahayakan emrio. Senyawa yang terkandung pada buah pepaya dapat menyebabkan kontraksi yang kuat pada rahim ibu. 

3. Durian

Durian, buah nikmat yang satu ini juga harus dihindari oleh ibu hamil, karena memiliki potensi sebagai penggugur kandungan. Kandungan alko_hol dan asam arachidonat yang terdapat pada buah durian sangat berbahaya apabila dikonsumsi oleh ibu hamil secara berlebihan. Alkoh_ol bisa menyebabkan janin lahir secara prematur. Sedangkan kandungan asam arachidonat memicu terbentuknya prostaglandin yang berakibat kontraksi yang membahayakan bagi janin.

4. Minuman soda

Minuman bersoda dapat menyebabkan kerusakan janin, termasuk kerusakan otak, masalah pernafasan bahkan kematian janin. 


5. Jamu

Jamu tradisional yang tidak jelas kualitasnya juga termasuk daftar selanjutnya sebagai minuman penggugur kandungan, walaupun kemasannya ditujukan untuk kesehatan janin atau ibu hamil, kadang jamu tradisional tidak dapat dipastikan khasiatnya. Perlu lebih jeli memilih jamu tradisional yang bisa dipertanggungjawabkan khasiatnya, cek selalu label BPOM nya, jika mencurigakan, alangkah bijaknya tidak dikonsumsi.

6. Sushi dan Tiramishu

Pada sushi, yang dikhawatirkan adalah adanya parasit dan bakteri yang membahayakan kehamilan pada ibu, sedangkan tiramishu sebagian besar terbuat dari telur mentah.

7. Tape Singkong

Tape singkong memiiliki kadar alkohol yang cukup tinggi dan berpotensi dapat menggugurkan kandungan. Pada yang tidak hamil saja, jika kebanyakan konsumsi tape singkong akan merasakan perut panas. Jadi sudah pasti, tape singkong membahayakan janin.

8. Buah delima

Mengkonsumsi buah delima memang tidak terlalu berpotensi menyebabkan keguguran. Akan tetapi buah delima menjadi berbahaya bagi kandungan ketika dimakan secara berlebihan karena memicu kontraksi.

9. Kepiting

Kepiting memiliki kandungan nutrisi. Nutrisi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Akan tetapi kepiting bisa berbahaya bagi ibu hamil. Karena dapat menyusutkan rahim dan berakibat keguguran atau mungkin perdarahan terutama saat hamil 1 bulan sampai 3 bulan.

10. Beberapa jenis ikan

Ikan sangat baik untuk dikonsumsi. Akan tetapi ada beberapa jenis ikan yang patut dihindari ibu hamil karena dapat menggugurkan kandungan. Ikan dalam kemasan kaleng dan berpengawet seperti ikan asin tidak layak dikonsumsi ibu hamil.

11. Kelengkeng

Rasanya lezat namun berbahaya bagi kehamilan. Terlalu banyak mengkonsumsi buah kelengkeng akan mengakibatkan rasa panas pada perut, nyeri pada bagian perut bawah, selain itu makan terlalu banyak buah kelengkeng dapat merusak janin dan menyebabkan keguguran.

Itulah sebelas makanan minuman yang dapat menyebabkan keguguran, hendaknya makan dan minum ketika hamil memang harus dijaga agar tidak menyesal dikemudian hari, konsultasikan kepada yang lebih tahu agar anda dan calon bayi sehat hingga melahirkan.

Apabila artikel ini menarik dan dirasa pentinf untuk dibagikan, silahkan share. Terimakasih.

0 komentar