loading...

Monday, November 20, 2017

Inilah Gejala dan Penyebab Mata Minus yang wajib diketahui sebelum makin parah

Inilah Gejala dan Penyebab Mata Minus yang wajib diketahui sebelum makin parah


Infuset - Mata minus merupakan suatu penyakit. Penyakit mata minus didalam dunia medis dikenal sebagai miopia atau rabun jauh. Ciri khas dari penderita mata minus adalah tidak bisa melihat dengan jelas keberadaan sesuatu yang berada dikejauhan. Padahal, orang dengan mata sehat masih bisa melihat jelas objek tersebut.

Ada beberapa Gejala mata minus yang harus anda ketahui yaitu sebagai berikut :

1. Pandangan Buram


Ciri khas dari mata minus adalah buramnya objek yang jauh. Orang dengan menderita mata minus ini biasanya menyipitkan mata untuk membuatnya lebih fokus dalam melihat sesuatu.

2. Sakit Kepala / Pusing


Penderita mata minus ada kemungkinan mengalami sakit kepala atau pusing, ini disebabkan oleh tingkat ketegangan yang berlebihan pada mata.

3. Penglihatan Pada Malam Hari Menurun


Hal ini disebut dengan night myopia, orang yang menderita rabun jauh biasanya mengalami kesulitan yang berlebih pada malam hari.

4. Sering mengucek dan mengedipkan mata


Penderita miopia biasanya berperilaku lebih sering mengucek mata dan mengedipkan mata dengan tujuan untuk memperjelas pandangan. Walaupun memperjelas pandangan, padahal mengucek mata malah memperburuk keadaan saraf mata.

Menurut para pakar, penyebab mata minus ada dua yaitu faktor keturunan dan lingkungan yang membuat mata stres. Anak dengan orang tua yang menderita mata minus akan mempunyai kemungkinan mengidap kondisi yang sama dengan orang tua, sedangkan untuk faktor lingkungan yang membuat mata stres, biasanya berasal dari faktor faktor kebiasaan seperti anda saat ini, menatap layar komputer atau layar hp terlalu lama, cahaya yang terlalu silau.

Berdasarkan tingkat keparahannya, mata minus dibagi menjadi tiga tingkat, yaitu miopia rendah (
Minus 0,5 dioptri sampai 3 dioptri ), miopia sedang ( Minus 3 dipotri hingga 6 dioptri ), dan miopia berat ( Minus diatas 6 dioptri ).

Jika disaat ini anda sudah menderita mata minus, ada baiknya anda menjaga agar mata anda minusnya tidak semakin parah yaitu dengan menghindari penyebab mata minus diatas, memang untuk menghindari faktor keturunan itu sangat tidak mungkin, akan tetapi kita bisa menghindari mata minus tidak semakin bertambah parah dengan memperhatikan tingkat stres mata dengan cara mengurangi waktu menatap layar kaca. Apabila memang sudah pekerjaan anda dibalik layar monitor hendaknya mengistirahatkan mata dengan selang waktu 20 menit wajib stop menatap layar hingga 2 atau 3 menit kemudian baru melanjutkan pekerjaan dibalik monitor. Perilaku ini akan mengurangi tingkat stres mata. Biasakan mulai sekarang sebelum keparahan rabun jauh anda semakin bertambah parah.

Cara lain untuk menghindari mata minus semakin parah yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin A, seperti sayuran bayam, wortel, ikan salmon, alpukat, tiram, kol, telur, tomat dan sebagainya.

Itulah penyebab dan gejala mata minus atau rabun jauh alias miopia yang patut diketahui, karena zaman sekarang, ada kemungkinan anak dibawah 10 tahun menderita rabun jauh dikarenakan perilaku orang tua yang memberikan gadget sedini mungkin. Maka dari itu mari hindari hal hal yang menyebabkan mata minus. Terima kasih

0 komentar