loading...

Tuesday, November 28, 2017

9 CARA DAN TIPS EFEKTIF BERHENTI MEROKOK PATUT DICOBA BAGI PARA PEROKOK


9 CARA DAN TIPS EFEKTIF BERHENTI MEROKOK PATUT DICOBA BAGI PARA PEROKOK



Infuset - Merokok adalah kebiasaan yang buruk. Buruk bagi kesehatan diri sendiri dan juga orang sekitar. Ketika anda merokok, ada orang lain disekitar anda yang marah dalam hati karena harus mengisap racun dari anda. Namun sayang, kesadaran itu sangat jarang terjadi.

Berhenti dari merokok sangatlah baik, namun katanya sangat susah, apalagi jika seseorang tersebut adalah perokok berat. Perokok yang sehari minimal menghabiskan sebungkus rokok biasanya orang yang bilang berhenti dari rokok susah, bahkan rela lapar karena uang dibelikan rokok. Intinya yang penting rokok dikantong, perut keroncongan urusan belakangan.

Para perokok muda biasanya terpengaruh oleh lingkungan, diawali dengan coba coba, dipaksa teman, atau melihat orang yang sepatutnya menjadi contoh, justru mengajarkan merokok, atau karena ingin dibilang keren oleh komunitasnya.

Apapun alasannya sebenarnya merokok tidak ada untungnya sama sekali, ketika anda mengetahui bahwa menjadi perokok tidak ada untungnya sama sekali, disaat itulah biasanya muncul keinginan untuk berhenti merokok. Mulailah mencari solusi dan tips serta trik ampuh untuk berhenti merokok.

Berikut ini kami akan menyajikan beberapa cara dan tips agar anda yang seorang perokok agar bisa berhenti merokok.

1. Niat

Pertama kali yang ingin kami tekankan agar bisa berhenti merokok adalah niat. Seberapa niatkah anda untuk berhenti merokok? Jika niat itu kuat, maka mulailah untuk menjauhi rokok. Jika anda kemana mana selalu mengantongi rokok, maka untuk satu hari saja rokok anda tinggal. Mampukah anda? Jika anda berhasil tidak merokok pada hari itu, berarti niat anda untuk berhenti merokok sangat kuat.

2. Cari tau tentang bahaya merokok

Untuk cara berhenti merokok yang kedua adalah anda cari tau sedetail mungkin tentang bahaya merokok bagi kesehatan. Anda bisa mencari informasu di internet, buku, leaflet dan atau tempat tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas yang biasanya terdapat poster tentang rokok. Baca dan pahami, jikalau perlu potret pada handphone anda agar bisa dibaca kemudian hari.

3. Cari tau keseluruhan komposisi rokok 

Orang awam biasanya hanya mengetahui rokok terbuat dari kertas dan tembakau. Secara kasat mata memang benar. Tetapi bahan bahan lain yang terdapat pada rokok sangatlah mengerikan. Komposisi rokok yang tidak dapat anda lihat yaitu senyawa kimia yang berbahaya seperti nikotin, benzene yang bisa akibatkan kanker darah, formaldehida alias pengawet mayat, tar, aseton dan bahan kimia lainnya yang berbahaya.

4. Alihkan perhatian

Setelah anda mempunyai niat yang kuat dan  mengetahui tentang bahaya merokok serta komposisi rokok, tips untuk berhenti merokok selanjutnya adalah mengalihkan perhatian ketika hasrat ingin merokok timbul. Alihkan perhatian ingin merokok dengan hal hal positif, bisa dengan mengerjakan hobi, kesenangan lainnya yang bisa membuat anda lupa dengan keinginan menyentuh rokok.

5. Cari tau waktu potensi merokok

Biasanya ada orang yang suka merokok setelah makan nasi, atau sedang nonton bola, waktu tersebut memiliki potensi anda menghisap rokok, segera kembali ke poin 4 yaitu dengan mengalihkan perhatian dengan kegiatan positif lainnya.

Biasanya pada tahap ini ada yang masih gagal, dan ada yang berhasil. Bagi yang gagal, mungkin masih akan merokok tapi ingatlah tips poin 1 hingga 5 tersebut. Jika mulai berkurang intensitas merokoknya, anda bisa lanjutkan pada tips berikutnya

6. Berfikir rasional

Ini cukup penting dan menggelitik, pernahkah anda terfikir jika uang yang anda belikan rokok setiap hari seandainya anda tabung, mungkin kini anda bisa membeli motor baru yang keren, mobil bahkan hingga rumah bagi yang menjadi perokok lama. Sekali lagi berfikirlah rasional. Apalagi jika anda seorang yang berpenghasilan minim sudah berkeluarga, sudah mempunyai anak, lebih baik uangnya disisihkan untuk keperluan keluarga. Jika tidak percaya, ambil kalkulator, hitung perkiraan anda bisa menghabiskan rokok dalam seharinya, kalikan dengan harganya, kemudian kalikan satu bulan ( dikali 30 ) atau setahun ( dikali 365-an ), anda akan mendapatkan nilai fantastis dengan uang anda yang telag nenjadi asap dan racun

7. Pandangi wajah orang kesayangan

Perokok biasanya dan kebanyakan merokok didalam ruangan alias dirumah. Sadarkah anda bahwa anda bukan hanya meracuni diri anda sendiri? Tetapi justru anda juga meracuni keluarga anda, bapak, ibu, anak, istri dan kerabat lainnya. Jika anda penyayang, kami yakin anda semakin kuat niatnya untuk berhenti merokok.

8. Bandingkan keadaan tubuh anda

Jika sudah berhasil mengurangi atau mungkin sudah stop dari merokok, bandingkan perasaan tubuh anda, apakah semakin terasa bugar? Atau apakah batuk anda berkurang? Jika iya. Selamat, selain anda sudah berhasil berhenti merokok, anda juga mendapatkan tubuh anda yang lebih sehat dibanding sebelumnya.

9. Ganti dengan cemilan

Menurut penuturan orang yang sudah melakukan berbagai cara berhenti merokok, mereka akan merasakan pahit pada mulutnya, berasa ada yang kurang. Sehingga banyak dari mereka yang ingin berhenti sebagai perokok mengganti rokok dengan cemilan bahkan ada yang menggantinya dengan permen.

Itulah beberapa tips agar anda bisa berhenti merokok, cara berhenti merokok diatas merupakan hasil diskusi kami bersama rekan rekan yang sudah sukses berhenti merokok. Setelah mereka berhasil berhenti merokok, badan mereka menjadi lebih berisi, lebih bugar, lebih sehat, tidak batuk batuk, tidak ngos-ngosan, dan tentunya tidak kehabisan uang ketika ingin mentraktir pasangannya.

Setelah anda menerapkan tips berhenti merokok dari kami tersebut dan gagal, maka hanya poin kesatu lah kunci dari kegagalan anda. Selama niat masih lemah, segala macam tips bakal tidak ada gunanya. Semoga anda berhasil berhenti sebagai perokok. 

Salam No Smoking !

0 komentar