loading...

Saturday, November 18, 2017

Penyakit yang diderita ketika kekurangan Vitamin

Penyakit yang diderita ketika kekurangan Vitamin


infuset - Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang nama lain dari vitamin - vitamin, dan seperti yang dibahas pada artikel itu, pada artikel selanjutnya ( yaitu artikel ini ) kita akan membahas tentang penyakit yang akan diderita apabila kita kekurangan vitamin.



Kekurangan vitamin akan berdampak buruk bagi kesehatan manusia, tapi tahukah penyakit apa saja yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin? Kekurangan salah satu vitamin akan berdampak timbulnya suatu penyakit yang berbeda antara kekurangan vitamin satu dengan yang lainnya. Berikut penjelasan tentang penyakit yang diderita ketika kekurangan vitamin

1. Kekurang Vitamin A

Kekurangan vitamin A akan mengakibatkan seseorang terkena penyakit, diantara penyakit kekurangan vitamin A adalah Rabun senja, katarak, hiperkeratosis, dan keratomalacia.

2. Kekurangan Vitamin B1

Kekurangan vitamin B 1 akan menyebabkan kita menderita penyakit beri-beri, kulit kering bersisik, daya tahan tubuh berkurang, nafsu makan menurun, dan sembelit.

3. Kekurangan Vitamin B2

Kekurangan Vitamin B2 akan menyebabkan penyakit  Ariboflavinosis, daya tahan tubuh menurun, kulit kering, mulut kering dan bibir pecah pecah.

4. Kekurangan Vitamin B3

Kekurangan vitamin B3 akan menyebabkan penyakit Pellagra, atau penyakit akibat kurang makan, mual, insomnia, otot keram, dan badan lemas.

5. Kekurangan Vitamin B5

Kekurangan vitamin B5 akan menyebabkan penyakit Parasthesia, insomnia, otot keram, kulit kering dan bersisik.

6. Kekurangan Vitamin B6

Kekurangan vitamib B6 akan menyebabkan penyakit Anemia atau biasa dikenal dengan kurang darah, dan penyakit gangguan sistem saraf.

7. Kekurangan Vitamin B7

Kekurangan Vitamin B7 akan menyebabkan penyakit kulit dermatitis, depresi, enteritis, nusea, rambut rontok dan anemia.

8. Kekurangan Vitamin B9

Kekurangan Vitamin B9 sangat berbahaya bagi ibu hamil, karena dapat menyebabkan kecacatan pada janin.

9. Kekurangan Vitamin B12

Kekurangan Vitamin B12 akan menyebabkan cepat lelah dan anemia.

10. Kekurangan Vitamin C

Kekurangan Vitamin C akan menyebabkan sariawan, lidah pecah pecah, kurang energi, cepat lelah, anemia, dan kudis.

11. Kekurangan Vitamin D

Kekurangan Vitamin D akan menyebabkan penyakit radang sendi atau biasa dikenal dengan Rheumatoid Arthritis. Penyakit lainnya yaitu Osteomalasia, diabetes dan rahkitis

12. Kekurangan Vitamin E

Kekurangan Vitamin E bisa menyebabkan kemandulan, gangguan saraf dan juga otot.

13. Kekurangan Vitamin K

Kekurangan Vitamin K menyebabkan tulang keropos, dan darah sulit membeku apabila terjadi luka.

Itulah penjelasan tentang penyakit yang timbul akibat kurangnya vitamin, hidup seimbang adalah hal yang paling tepat, sebab jika kita juga mengkonsumsi sumber vitamin terlalu berlebihan juga tidak bagus dan berdampak buruk bagi kesehatan. Maka dari itu, konsumsilah makanan sumber vitamib dengan cukup jangan berlebih.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika menurut anda penting untuk diketahui oleh rekan teman atau keluarga, silahkan share artikel ini, terima kasih.

0 komentar