loading...

Saturday, November 4, 2017

11 MAKANAN PENCEGAH KANKER

11 MAKANAN PENCEGAH KANKER
By Muhammad Imron, S.Kep, Ns

makanan pencegah kanker

Infuset - Kanker merupakan penyakit yang menakutkan, karena jika terlambat dalam penanganan bukan hanya uang yang akan terkuras saat masa pengobatan, akan tetapi nyawa bisa saja hilang akibat penyakit mematikan yang satu ini.

Kanker mempunyai lebih dari 100 jenis dan penamaannya sendiri berdasarkan bagian tubuh yang diserang, semisal kanker prostat, kanker kulit, kanker prankreas, kanker rahim, kanker usus besar, kanker hati dan lainnya.


Adapun penyebab kanker adalah beragam, mulai dari kebiasaan hidup tak sehat seperti ngeroko, minum minuman keras, paparan zat kimia dan lain sebagainya. 

Baca Juga Makanan Minuman Penyebab Kanker

Setelah sebelumnya kita pernah ngebahas  tentang makanan dan minuman penyebab kanker, kali ini kita akan membahas tentang makanan pencegah kanker. Apa saja Makanan Pencegah Kanker yang dimaksud, berikut penjabarannya :



Makanan Pencegah Kanker


1. Brokoli

Makanan Pencegah kanker yang pertama adalah brokoli. Mengapa brokoli mampu mencegah kanker?  yups, Rutin mengkonsumsi brokoli ternyata mampu mengurangi resiko terkena penyakit mematikan ini dikarenakan kandungannya yang mengandung senyawa aktif glukosianat yang akan menghasilkan enzim pelindung sel didalam tubuh. Enzim tersebut bekerja sebagai penghilang zat kimia penyebab kanker dalam tubuh. Sebuah penelitian di tahun 2011 mengatakan bahwa sulforaphone yang terdapat pada brokoli mampu mencegah timbulnya kanker. Hayo, masih enggan makan sayur ini?

2. Tomat

Makanan yang mampu mencegah penyakit kanker selanjutnya adalah tomat. Buah yang sempat dianggap sebagai sayuran ini ternyata mempunyai khasiat yang sangat baik bagi tubuh, selain memiliki kandungan air yang banyak, tomat juga memiliki zat antioksidan pencegah kanker, zat tersebut bernama likopen. Likopen adalah zat antioksidan yang mampu mengembalikan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dalam menangkal kerusakan-kerusakan sel tubuh.

3. Jahe

Jahe merupakan tanaman herbal yang dapat dikonsumsi sebagai pencegah penyakit kanker. Karena jahe mengandung antioksidan yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.  Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi jahe mampu mencegah tumbuhnya sel kanker kandung kemih.

4. Alpukat

Buah yang satu ini menjadi favorit orang penggemar jus, sekaligus buah yang menakutkan karena bisa menaikkan berat badan 

baca juga 


Alpukat memang mengandung lemak yang berpotensi bisa menaikkan berat badan, akan tetapi dibalik itu semua, alpukat mampu mencegah terjadinya kanker dikarenakan kandungan Lutein yang terdapat pada alpukat. Alpukat ampuh untuk mencegah kanker mulut dan juga prostat.

5. Bayam

Bayam adalah sayur, dan itu jelas merupakan makanan yang sehat. Nah, ternyata bayam juga mampu mencegah terjadinya kanker. Senyawa antioksidan yang terdapat pada bayam sangat banyak, diantaranya Lutein, Karatenoid, Beta Karoten, asam folat, yang berguna sebagai pelindung tubuh dari kanker. Mengkonsumsi bayam dengan rutin mampu mencegah penyakit kanker paru, saluran cerna, dan kanker mulut.

6. Bawang Putih

Bawang putih merupakan antibiotik alami yang mampu cegah berbagai penyakit diantaranya kanker. Kandungan senyawa sulfur seperti allinin, oligosakarida, flavonoids selenium berguna sebagai penghambat tumbuhnya sel kanker pada tubuh. Bawang putih sangat efektif mencegah kanker kolon dan kanker lambung.

7. Anggur

Antioksidan yang bernama Resveratrol mampu mencegah penyakit kanker. Terutama bagi orang yang mempunyai riwayat keturunan penyakit kanker prostat.

8. Teh Hijau

Teh hijau sangat populer sebagai minuman yang sehat. Ternyata juga mampu mencegah penyakit kanker. Kandungannya seperti cathecine, EGCG, Xanthine, epicatechin mampu mencegah perkembangan sel kanker pada tubuh. 

9. Berry

Buah yang termasuk dalam "berry family" seperti Strawberry, blueberry, cranberry, raspberry, ternyata merupakan jenis buah yang mampu mencegah kanker. Kandungan pterostilbene yang terdapat pada buah berry bekerja mematikan dan mencegah sel kanker membelah dan menggandakan diri. 

10. Pepaya

Buah pepaya kaya akan vitamin C,  bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh mengurani absorsi nitrosamines penyebab kanker yang biasanya berasal dari makanan olahan yang berpengawet dan beperwarna yang bukan alami. Selain vitamin C, pepaya juga mengandung asam folat yang berfungsi sebagai pencegah kanker.

11. Jamur

Tidak semua jamur, akan tetapi ada beberapa jenis jamur yang bisa dijadikan sebagai makanan pencegah kanker. Diantaranya jamur jenis maitake, reishi, dan shiitake. Jamur-jamur tersebut mengandung polysaccharides yang berguna memperkuat imunitas, kandungan lectin pada jamur tersebut juga berguna agar sel kanker tidak membelah diri. Dinegara Jepang, ekstrak jamur sudah menjadi bahan tambahan untuk kemoterapi.


Itulah kesebelas Makanan Pencegah Kanker yang bisa kita jabarkan, mencegah lebih baik daripada mengobati. Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan. Sebelum terlambat, lebih baik dicegah. Share artikel ini kepada kerabat apabila bermanfaat. Terima Kasih.


0 komentar