loading...

Thursday, November 23, 2017

9 Tanaman Herbal yang mudah didapat dan bisa dijadikan Obat Asam Urat dan penyakit umum lainnya


9 Tanaman Herbal yang mudah didapat dan bisa dijadikan Obat Asam Urat dan penyakit umum lainnya


Infuset - Beruntungnya sebagai orang Indonesia, selain memiliki keberagaman budaya dan lainnya, tanaman yang tumbuh dari ujung Sabang hingga Merauke menjadi berkah tersendiri untuk Indonesia bahkan dunia. Kekayaan alam yang menyimpan segudang tanaman herbal alami sebagai obat obatan tradisional yang memang sudah dibuktikan melalui berbagai penelitian. Berikut dirangkumkan 9 tanaman herbal yang mudah didapat dan berfungsi untuk pengobatan asam urat dan penyakit lain yang populer diderita masyarakat.

1. Buah Mengkudu


Buah mengkudu mempunyai nama latin Morinda Citrifolia, Buah mengkudu ternyata mempunyai khasiat sebagai obat herbal, buah mengkudu bisa sebagai obat yang berkhasiat sebagai penurun tekanan darah tinggi atau hipertensi. Buah mengkudu juga berkhasiat sebagai obat herbal asam urat, meredakan sakit kepala, melancarkan sistem pencernaan, mengobati sakit kuning,  dan potensi penyakit jantung koroner.

2. Lidah Buaya


Tanaman lidah buaya juga menyimpan khasiat sebagai obat herbal, tanaman yang bernama latin aloe vera ini mempunyai khasiat menyuburkan rambut, sebagai bahan alami perawatan kecantikan, mengobati penyakit kulit, penyembuh luka, dan obat untuk kanker.

3. Daun Sirih


Tanaman yang bernama latin Piper betle ini berkhasiat sebagai obat herbal untuk asma, radang tenggorokan,  obat mimisan, penghilang bau badan, obat sakit gigi, obat sakit mata, mengatasi keputihan dan pengobatan jerawat. Sangat banyak khasiat yang ada pada daun sirih.

4. Teh Hijau


Tanaman bernama latin Camellia Sinensis ini merupakan bahan minuman populer yang ada di dataran tiongkok, Jepang dan beberapa negara asia lainnya. Tanaman teh hijau mempunyai manfaat untuk menurunkan lemak dan kolesterol. Zat yang terdapat pada teh hijau juga mempunyai khasiat untuk mencegah peradangan sendi dan asam urat.

5. Daun Salam


Daun salam merupakan bumbu dapur yang populer, ternyata merupakan tanaman yang beekhasiat sebagai obat herbal. Daun salam mempunyai nama latin Syzygium Polyanthum berkhasiat sebagai obat alami untuk asam urat.

6. Jahe Merah


Jahe merah yang memiliki nama latin Zingiber Officinale ini merupakan tanaman favorit di Indonesia. Biasa disebut sebagai wedang jahe, mempunyai khasiat sebagai obat herbal untuk penyakit asam urat. 

7. Temu Lawak


Tanaman dengan nama latin Curcuma Zanthorrhiza ini merupakan tumbuhan yang mempunyai khasiat sebagai obat herbal, khasiat dari temu lawak yaitu melancarkan pencernaan, mengatasi gangguan ginjal, menyehatkan jantung, dan kesehatan hati.

8. Daun Benalu


Benalu dikenal sebagai tanaman tanpa guna yang hanya ikut tumbuh pada tumbuhan lain, malahan benalu merupakan parasit yang akan membuat tanaman yang ditumpanginya mati. Namun ternyata, dibalik semua itu daun benalu mempunyai khasiat sebagai obat obatan herbal, daun benalu berkhasiat sebagai obat nyeri pinggang, gangguan kelenjar pr0stat, gangguan usus, dan kencing tidak lancar. Tuh kan, jangan menyepelekan daun benalu ya.

9. Brotowali


Brotowali, sudah tidak asing lagi di dunia per-obatan tradisional. Obat herbal yang satu ini mempunyai banyak sekali khasiat diantaranya sebagai obat herbal rematik, penyakit kudis, penyakit luar, dan luka. Brotowali juga bermanfaat untuk mengobati malaria, dan diabetes.

0 komentar