loading...

Wednesday, November 8, 2017

TERCIDUK....DUA ARTIKEL INFUSET DI COPAS BLOG LAIN? SEDIH......

TERCIDUK....DUA ARTIKEL INFUSET DI COPAS BLOG LAIN? SEDIH......


Infuset - Perhari ini tepat tanggal publish artikel ini 8 Nopember 2017 ada peristiwa yang kurang mengenakkan bagi saya sebagai seorang blogger. To the point ini masalah hak cipta.

Yups, siang hari ditempat kerja, saat jam istirahat iseng saya search searching blog / website bertema serupa dengan blog ini, dan saya menemukan sebuah blog yang statusnya sudah beli domain alias sudah top level domain dengan menggunakan (dot) com.

Penasaran akan isi blognya, kekepoan saya berakhir dengan muka cemberut karena mendapati artikel yang mirip dengan yang saya ketik. Padahal, blogwalking sambil ngepoin blog bertema sama bertujuan untuk mencari inspirasi artikel apa yang akan dibuat nanti. Eh, malah nemu kembaran dari artikel hasil ketikan jari saya.

Perlu diketahui bahwa, kebanyakan dan hampir dari seluruh artikel blog ini dibikin jam 21.00 Wita dengan menahan rasa capek dan ngantuk setelah bekerja dari jam 08.00 hingga 16.00. Dimana etika orang yang suka copy+paste seenaknya?

Ketika blogger sejati rela menahan kantuk untuk menghasilkan sebuah artikel bermutu, diluaran sana ada oknum yang sesuka hati tinggal klik kiri mouse untuk blok lalu copy kemudian dipaste dan publish sebagai artikel miliknya. Enak benar ya?

Yang paling diherankan, blog tersebut sudah top level domain dengan rela membeli domain tetapi malah di isi dengan artikel copas. Berikut screenshoot dari artikel tersebut :


Gambar 1 diatas merupakan screenshoot blog yang mengcopy 100% sampai titik koma-nya sama, terlihat publish tanggal 6 oktober 2017.

gambar 2
Pada gambar 2, adalah artikel saya yang sama berjudul kurang lebih sama, yaitu CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI PERAWAT MATERNITAS 1, pada bagian atas yang saya lingkari terdapat link dengan tulisan waktu publish artikel yaitu tahun 2017 bulan 01. Lihat lingkaran kecil saya menulis positif dengan "Positip" Sangat jelas.

gambar 3
Nah pada gambar 3 ini kata Positif tetap Positip. Jelas kan?

gambar 4
Gambar Nomer 4 bisa kalian lihat artikel saya yang terbit pada bulan 01 tahun 2017 lihat lingkaran hitam diatas. Kemudian fokuskan dengan soal yang saya lingkari besar warna hitam dan bandingkan dengan gambar nomer 5 dibawah ini :

gambar 5
Well done, untuk saat ini belum ada tindak lanjut yang author blog infuset lakukan akan tetapi rencananya ada dua opsi yaitu dengan menegur via email, ataupun melapor ke Google DMCA dan tindak lanjut setelah dilaporkan ya terserah pihak google mau de-index artikel copas tersebut agar sulit ditemukan dari pencarian google ya terserah om google sajalah.


Nah yang rugi selain blog yang dicopas, ternyata blog yang meng-copas juga jauh lebih rugi. Termasuk kategori plagiat karena blog tersebut tidak menghargai jerih payah jari-jari seseorang menghasilkan suatu artikel. Jikalau saja artikel copas tetapi masih mencantumkan sumber sih masih bisa ditolerir, ini sama saja mengakui punya orang lain sebagai punyanya sendiri.

Yang paling sangat saya sayangkan adalah blog tersebut tampilannya sangat profesional karena mempunyai tampilan yang bersih dan rapi dengan domain berbayar malah mengcopy artikel dari blog sederhana seperti infuset.blogpot.com yang hanya berflatform gratisan dari blogger.com miliknya om google yang saya bangun dan rawat sejak eptember 2015 lalu.

Kurang baik apa coba? saya meng-screenshoot blog copas masih men-sensor nama blog tersebut. Andai saya tidak sensor, malu euy...

Baca Laman Term Of Service ya bro KLIK DISINI biar tau sopan santun etika dalam ber-blog ria.

Salam Blogger







0 komentar