loading...

Monday, November 27, 2017

7 EFEK SAMPING KESALAHAN KONSUMSI ANTIBIOTIK

7 EFEK SAMPING KESALAHAN KONSUMSI ANTIBIOTIK



Infuset - Kesalahan dalam mengkonsumsi obat obatan harus dihindari, alangkah baik dan bijaknya jika mengkonsumsi obat obatan sesuai dengan petunjuk kemasan dan lebih tepatnya lagi dengan resep dokter. Biasanya dan sudah biasa, kadang seseorang yang sudah hapal dengan fungsi obat, mereka membeli sendiri obat tersebut dengan tanpa resep.

Kesalahan dalam aturan mengkonsumsi obat pun sering terjadi, nah jika sudah terjadi, apa efeknya bagi tubuh? Kali ini kita akan membahas tentang efek dari kesalahan minum obat antibiotik. Berikut ulasannya.

7 Efek samping penggunaan obat antibiotik yang tidak tepat.

1. Kekebalan tubuh terganggu

Orang yang meminum antibiotik tidak sesuai aturan, maka berpotensi kekebalan tubuh nya terganggu dan gampang terserang penyakit.

2. Resiko alergi meningkat

Bagi sebagian orang, mengkonsumsi antibiotik secara asal asalan bisa mengakibatkan alergi seperti gatal gatal ataupun pembengkakan pada bibir mulut dan tenggorokan

3. Resistensi antibiotik

Ini yang menurut saya paling mengerikan dimana tubuh sudah tidak bisa diberi antibiotik tertentu akibat kesalahan dalam konsumsi antibiotik. Mengkonsumsi antibiotik secara berlebihan akan mengakibatkan tubuh akan kebal terhadap antibiotik itu sendiri, itu artinya apabila kembali terserang penyakit yang sama, maka penggunaan antibiotik yang sejenis dan sedosis sudah tidak mempan lagi. Dengan demikian harus menggunakan dosis yang lebih tinggi lagi dari sebelumnya.

4. Resiko kelainan hati

Penggunaan antibiotik tidak sesuai anjuran, akan meningkatkan resiko kelainan hati yang akan berujung pada penyakit kuning, semisal konsumsi obat secara asal asalan pada antibiotik eritromicin, sulfonamid dan lainnya.

5. Sebabkan gangguan pencernaan

Penggunaan antibiotik yang salah juga dapat mengakibatkan gangguan pada pencernaan. Seperti perut kembung, mual  muntah, diare, dan kram perut. Penggunaan antibiotik juga bisa sebabkan matinya bakteri baik yang berguna untuk sistem pencernaan.

6. Resiko gangguan jantung

Penggunaan antibiotik secara tidak tepat bisa membuat jantung berdebar dan juga sakit kepala.

7. Gangguan darah

Beberapa jenis antibiotik seperti klorampenicol beresiko meningkatkan penekanan sum sum tulang yang akibatkan produksi s darah berkurang.

Itulah 7 efek samping kesalahan mengkonsumsi antibiotik. Memang alangkah baik dan bijaknya seseorang mengkonsumsi obat obatan hanya dengan resep dokter. Apalagi obat obatan tersebut termasuk antibiotik. Terimakasih

0 komentar