loading...

Tuesday, November 28, 2017

16 KOMPOSISI ROKOK INI AKAN MEMBUAT ANDA INGIN BERHENTI MEROKOK



16 KOMPOSISI ROKOK INI AKAN MEMBUAT ANDA INGIN BERHENTI MEROKOK


Infuset - Kadang kita mendapatkan suatu keinginan dan keinginan itu datang begitu saja. Begitu juga dengan keinginan berhenti merokok, keinginan berhenti merokok itu bisa datang kepada perokok, kapan saja, dan dimana saja. Jika hati dan niat sudah berkeinginan untuk berhenti merokok, pasti akan mencari berbagai cara dan mungkin juga tips berhenti merokok.


Keinginan berhenti merokok, salah satunya bisa diawali dengan pengetahuan akan kandungan yang terdapat pada rokok. Sebatang rokok, bagi orang awam hanya berupa tembakau yang kering dan digulung pada kertas dan tidak lebih dari itu. Padahal ada beberapa kandungan rokok yang tidak diketahui. Sebagian perokok tidak mengetahui kandungan atau bahan yang terdapat pada komposisi sebatang rokok, berdasarkan referensi yang kami dapatkan, berikut ini adalah 16 bahan berbahaya yang terdapat pada rokok :

1. Karbon Monoksida

Karbonmonoksida ( CO ) merupakan sejenis gas yang tidak berbau, karbonmonoksida yang dihasilkan oleh sebatang rokok mencapai 3 hingga 6 %. Gas ini akan terhisap siapa saja, bahkan orang lain disamping perokok pun akan dapat menghisapnya, padahal efek yang dihasilkan cukup membahayakan, gas CO memiliki kemampuan mengikat hemoglobin, yang terdapat pada eritrosit atau sel darah merah lebih kuat dari oksigen. Sehingga akan berdampak langsung pada kerusakan paru.

2. Nikotin

Pada paru paru, nikotin dapat menghambat aktifitas silia, nikotin memiliki efek adiktif dan psikoaktif mirip dengan obat terlarang. Seorang perokok akan merasakan efek kenikmatan tersendiri, rasa cemas berkurang, hal tersebutlah yang membuat seorang menjadi seorang pecandu rokok.

Nikotin berefek merangsang hormon adrenalin yang bersifat memacu jantung dan tekanan darah. Nikotin yang masuk dalam tubuh akan mengalami metabolisme di ginjal. 

3. Tar

Tar juga merupakan senyawa kimia berbahaya, zat ini mengendap pada paru paru seorang perokok dan mengganggu rambut kecil yang melapisi paru. Padahal rambut kecil pada paru ini sangat berperan penting dalam menyaring bakteri. Kebayangkan jika fungsinya terganggu?

Efek yang ditimbulkan dari tar sangat banyak dan buruk bagi kesehatan, seperti kesulitan bernafas normal, menyebabkan nyeri dada, mudah lelah, dehidrasi, batuk yang tak kunjung sembuh, kulit kusam, menurunkan kekebalan tubuh, mengganggu keseimbangan hormon, mengganggu kesuburan wanita, asam lambung naik, pemicu tumbuhnya sel kanker di paru paru hati dan testis pada pria, impotensi, stroke, serangan jantung, gigi menghitam, penuaan dini, gangguan otak, dan katarak.

4. Kadmium

Kadmium merupakan zat yang bisa meracuni ginjal. Kadmium merupakan logam yang sangat beracun. Kadmium sering ditemui pada cat. 

5. Amoniak

Amoniak, umumnya terdapat pada pembersih lantai ataupun pembersih toilet. Kebayangkan anda harus menghisapnya didalam sebatang rokok

6. Fenol

Fenol merupakan campuran dari kristal yang didapat dari distilasi beberapa zat organik seperti arang dan kayu. Zat ini memiliki efek yang membahayakan, karena fenol terikat ke protein dan menghalangi aktifitas enzim.

7. Kromium

Zat kromium biasanya terdapat pada cat dan pewarna sejenis.  Zat kromium terdapat pada rokok, dan dapat mengakibatkan karsinogen menempel pada DNA manusia dan merusaknya. Karsinogen yang disebabkan kromium inilah yang menjadi penyebab munculnya kanker.

8. Formaldehida

Formaldehida atau orang biasa menyebutnya formalin. Zat yang biasa dipakai sebagai pemgawet mayat ini juga terdapat dalam sebatang rokok. Jika merasakan batuk dan mata perih itulah beberapa efek yang ditimbulkan dari formaldehida. 

9. Benzena

Dalam keseharian benzena dapat dijumpai pada pestisida dan bahan bakar kendaraan bermotor. Benzena juga berpotensi menumbuhkan kanker dan leukimia. Terpapar benzena dalam jangka waktu panjang dapat mengakibatkan kerusakan genetik, dan anemia.

10. Arsenik

Zat berbahaya ini juga berperan sebagai pemicu kanker bagi seorang perokok. Zat arsenik juga bisa mengakibatkan kerusakan jantung dan juga pembuluh darah. 

11. Hidrogen Sianida

Wujudnya adalah gas dan mengakibatkan kerusakan pada saluran pernafasan. Walaupun tidak secara langsung menyebabkan kanker, tetapi gas ini sebagai pemicu kanker.

12. Karbon Monoksida

Sama dengan hidrogen sianida, karbon monoksida juga berwujud gas. Gas ini apabila terhirup manusia, maka akan menempel pada sel darah merah. Zat ini mengahalangi oksigen yang seharusnya ada pada sel darah merah. Hal ini akan menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Hal ini bisa menimpa pada perokok pasif juga.

13. Asam Format

Asam format merupakan cairan tidak berwarna dan bergerak secara bebas dan membuat melepuh. Asam ini mempunyai bau yang menusuk hidung. 

14. Piridin

Piridin termasuk dalam cairan yang tidak berwarna tetapi berbau tajam. Zat ini biasanya terdapat pada pembunuh hama.

15. Metil Klorida

Zat ini merupakan zat beracun. Metil klorida merupakan campuran zat bervalensi satu antara hidrogen dan karbon sebagai unsur utamanya.

16. Hidrogen Sulfida

Hidrogen sulfida merupakan gas beracun yang mudah terbakar dengan bau yang tajam. Zat ini mengakibatkan oksidasi enzim menjadi terhalangi.

Itulah 16 komposisi rokok yang patut sebagai pertimbangan anda sebagai orang yang mungkin sekarang menjadi perokok aktif dan juga pasti berguna sebagai pertimbangan buat anda yang baru coba coba dengan racun yang satu ini. 


0 komentar