loading...

Friday, November 17, 2017

Diagnosa Nanda NIC NOC adalah.....

Diagnosa Nanda NIC NOC adalah.....


infuset - Artikel ini cocok untuk para calon perawat muda yang baru saja memasuki dunia perkulaiahan terutama keperawatan, saya sedikit menerangkan tentang apa itu diagnosa keperawatan Nanda Nic Noc yang mungkin saat ini mulai kalian dengar dari penjelasan dosen

Sebelum mengenal apa pengertian diagnosa nanda nic noc, kita harus tau dulu tentang apa itu diagnosa keperawatan? Beda loh ya dengan diagnosa medis. Misalnya pasien di diagnosa vertigo, itu merupakan diagnosa medis, sedangkan salah satu diagnosa keperawatan dari vertigo adalah nyeri. Kita sebagai perawat harus bisa memanajemen rasa nyeri pasien tersebut dengan berbagai macam rencana keperawatan atau intervensi. Bagi yang baru bikin askep pasti sudah mengetahui.

Secara definisi, diagnosa keperawatan adalah keputusan klinik akan respon individu keluarga dan masyarakat tentang masalah kesehatan aktual atau potensial. Nah siapa sih Nanda yang sering disebut ketika kita menyebut diagnosa keperawatan?

Nanda bukan nama orang. Jika anda mengira nanda adalah nama orang, itu salah dan sama seperti saya pada mulanya mengira nanda adalah nama orang. Nanda adalah sebuah singkatan dari the North American Nursing Diagnosis Association. Kalau diartikan, merupakan asosiasi yang membuat diagnosa keperawatan berasal dari Amerika. Gitu ya? Maaf jika salah. Hehe.

Artinya? Diagnosa Nanda itu dibuat oleh Nanda. Karena sebelum Nanda, para perawat menggunakan diagnosa keperawatan Carpenito Lynda Juall. Mungkin akan saya bahas diartikel terpisah. Terus Nic Noc itu apa?

Nic Noc adalah sistem klasifikasi atau taksonomi untuk mengatur label diagnostik yang dibuat oleh Nanda. Nic sendiri merupakan singkatan dari Nursing Intervention Classification merupakan suatu daftar intervensi diagnosa keperawatan yang menyeluruh dan dikelompokkan berdasar label yang terbagi menjadi 7 bagian dan 30 kelas. Nic diperkenalkan pertama kali tahun 1987.

Sedangkan Noc adalah Nursing Outcome Classification, atau mempunyai maksud menggambarkan respon klien / pasien terhadap tindakan keperawatan, Noc mengevaluasi hasil pelayanan keperawatan sebagai bagian dari pelayanan kesehatan. Noc diperkenalkan tahun 1991.

Demikianlah sedikit penjelasan dari Diagnosa Nanda Nic Noc yang sudah faham, semoga semakin faham, yang belum faham, semoga bisa faham. Share artikel ini jika dirasa bermanfaat. Terima kasih.