loading...

Tuesday, July 31, 2018

Bunyi Napas Normal dan Abnormal (Tidak Normal)


Bunyi Napas Normal dan Abnormal (Tidak Normal)


Infuset - Sebagai perawat atau tenaga kesehatan secara umumnya, sudah menjadi hal wajib jika memahami tentang bunyi nafas. Karena data pasien tentang bunyi nafas akan diperlukan untuk berbagai kondisi. Sehingga sudah sepatutnya sebagai tenaga kesehatan mengetahui bagaimana bunyi nafas yang normal dan yang tidak normal atau selanjutnya kita sebut dengan abnormal.


Bernafas adalah kebutuhan setiap makhluk hidup termasuk manusia, agar kebutuhan oksigen terpenuhi. Jika kebutuhan oksigen tidak terpenuhi, maka gangguan kesehatan akan terjadi, bahkan kematian.


Berikut ini adalah bunyi nafas normal


1.Bunyi : Trakea
Kualitas : Kasar, nada tinggi
Lokasi : Pada trakea

2. Bunyi : Bronchial
Kualitas : Keras, nada tinggi
Lokasi : Disamping trakea

Bronchial sering disebut dengan tubular sound, karena suaranya yang keras. Fase ekspirasinya lebih panjang dibanding inspirasi.

3. Bunyi : Bronkovesikuler
Kualitas : Agak keras, nada agak tinggi
Lokasi : Disamping sternum

Bronkovesikuler merupakan gabungan bunyi  nafas bronchial dan vesikuler. Ekspirasi dan inspirasi sama panjang.

4. Bunyi : Vesikuler
Kualitas : Lemah, nada rendah
Lokasi : Bagian paru lainnya.

Pada bunyi nafas vesikuler, Fase inspirasi lebih panjang dibanding ekspirasi

Bunyi Nafas Abnormal (Tidak Normal)/ Tambahan


1. Bunyi : Crackles adalah bunyi yang berlainan tidak bersambung akibat penundaan pembukaan kembali jalan nafas yang menutup. Bunyi crackles terdengar selama inspirasi.

2. Bunyi : Wheezing atau biasa disebut dengan mengi, adalah bunyi nafas yang terdengar seperti bunyi bersiul, bersambung dan durasinya lebih lama dibanding Crackles. Bunyi nafas wheezing terdengar selama inspirasi maupun ekspirasi.

3. Bunyi : Ronchi adalah bunyi suara gaduh seperti suara ngorok. Terjadi saat ekspirasi. Ronchi terbagi menjadi dua jenis, yaitu ronchi kering dan ronchi basah. Ronchi kering yaitu bunyi tambahan yang terjadi secara bersambung saat ekspirasi disertai dengan adanya secret atau mucus pada bronkus. Sedangkan ronchi basah adalah bunyi tambahan yanh terdengar tidak bersambung saat inspirasi disebabkan oleh adanya secret dalam alveoli.

4. Bunyi : Pleural friction rub adalah bunyi nafas tambahan yang disebabkan oleh peradangan pada pleura yang mengakibatkan permukaan pada pleura menjadi kasar. Terdengar seperti suara berciut dan terdengar saat inspirasi dan awal ekspirasi.

Itulah penjabaran dari bunyi nafas normal dan abnormal (tidak normal/tambahan) yang infuset kemas secara singkat, ringkas dan jelas. Semoga ilmu ini bermanfaat. Like dan share jika berkenan. Terimakasih


0 komentar