loading...

Monday, July 9, 2018

8 MITOS SEPUTAR KANKER

8 MITOS SEPUTAR KANKER


Infuset - Kanker merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja, tua maupun muda, baik yang terlihat sehat dari luar sekalipun. Karena menakutkan itulah penyakit kanker banyak beredar mitos mitos seputarnya. Kalau bicara soal mitos, pastilah seputar berita atau info yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. 

Mitos berarti info yang salah, atau yang saat ini trend dengan sebutan hoax. Lantas apa saja berita atau info kanker yang salah? Berikut infuset merangkumkan tentang mitos seputar Kanker.

Mitos Seputar Kanker



1. Radiasi Handphone Sebabkan Kanker

Handphone (Hp) memiliki radiasi dan memang sebaiknya dihindari apalagi ketika anda tidur. Tetapi info tentang radiasi hp menyebabkan penyakit kanker adalah berita yang salah. Kanker disebabkan oleh mutasi genetik. Mutasi genetik bisa dipengaruhi oleh beberapa kondisi, termasuk salah satunya radiasi. Namun perlu diketahui bahwa radiasi dari smartphone / telepon genggam memiliki frekuensi yang energinya tergolong rendah sehingga tidak akan sampai menimbulkan kerusakan genetik.

2. Bila dalam keluarga tidak ada yang terkena kanker, saya bebas dari ancaman kanker

Penyakit kanker mudah menyerang orang yang memiliki riwayat keturunan keluarga yang terkena kanker. Akan tetapi bukan berarti jika seluruh keluarga bebas kanker, anda juga bebas dari ancaman kanker. Faktanya  90 hingga 95 % pria maupun wanita yang didiagnosis mengidap kanker disebabkan oleh mutasi yang terjadi sepanjang hidup mereka dan bukan saat lahir atau bawaan.

Itu artinya, penyakit kanker yang diderita muncul secara pelan-pelan sebagai hasil alami dari penuaan dan paparan faktor lingkungan, radiasi, pola makan dan hal pemicu lainnya.


3. Keluarga Pengidap Kanker, Anda Juga

Ini merupakan hubungan pada poin nomer dua diatas, Ya memang keluarga apalagi orangtua yang memiliki riwayat penyakit kanker ada kemungkinan anaknya mudah terkena kanker juga. Tetapi bukan hal mutlak.


4. Kanker Penyebab Rambut Rontok

Ini merupakan mitos yang paling sering dianggap benar. Bahkan beberapa sinetron atau FTV menyajikan bahwa orang yang menderita kanker, akan mengalami kerontokan rambut. Kerontokan rambut hanya akan dialami setelah seorang penderita kanker menjalani kemoterapi atau terapi radiasi. Jadi jika seseorang baru saja divonis mengidap kanker, bukan berarti langsung mengalami kerontokan rambut. Perlu diketahui juga bahwa tidak semua orang yang menjalani kemoterapi atau terapi radiasi mengalami kerontokan.

5. Kanker Bisa Menular

Secara tegas kami mengatakan bahwa kanker tidak bisa menular. Hanya bisa diturunkan kepada keturunan. Walaupun itu hanya faktor resiko saja. Namun, perlu diketahui ada dua jenis virus yang bisa menular, yaitu HPV dan Hepatitis C yang bisa menyebabkan kanker. HPV bisa menyebabkan kanker serviks dan hepatitis C bisa menyebabkan kanker hati. Jadi bukan berarti Kanker bisa menular ya.

6. Kanker Selalu Berakhir dengan Kematian

Kanker memang bisa menyebabkan kematian. Namun jika terdeteksi lebih dini, tentu pengobatan bisa dilakukan segera dan memperbesar harapan sembuh.

7. Kanker Payuudara hanya di Idap Perempuan

Faktanya, kanker yang menyerang mamae ini juga bisa menyerang laki-laki. Walaupun kanker payuudara ini kebanyakan menyerang wanita, bukan berarti laki-laki bebas dari ancamannya. Saat ini diperkirakan 1500 laki-laki telah terdiagnosa.

8. Obat Ampuh Kanker ditemukan tetapi disembunyikan Perusahaan Obat

Ya ampun, ini biasanya ada pada iklan yang terdapat pada sebuah website ataupun blog. Biasanya iklan ini memang menyesatkan, tetapi faktanya banyak keluarga dari petinggi perusahaan obat atau petinggi negara yang mungkin bisa membeli semahal apapun obat tersebut. Namun nyatanya banyak petinggi atau pejabat yang tetap meninggal dunia karena kanker.





0 komentar