loading...

Monday, October 28, 2019

Kenapa Ruang Bersalin disebut Ruang VK dan Kamar Operasi disebut OK?

Kenapa Ruang Bersalin disebut Ruang VK dan Kamar Operasi disebut OK?





Infuset - Pernahkah rekan sejawat atau orang awam sekalipun yang menemukan artikel ini di pencarian berfikir tentang dua buah ruangan yang cukup seram penuh darah dirumahnya sakit? Bukan kamar jenazah tapi ruang bersalin dan kamar operasi.
Kedua ruangan itu populer disebut dengan VK (baca : veka) dan OK (baca : Oka). Ya, kedua ruangan itu cukup sering ditanyakan, dimana letaknya. Terkhusus para penjenguk pasien yang datang. Merekapun ikut ikutan pakai istilah VK dan OK, jarang menyebut ruang bersalin dan Kamar / ruang operasi.

Pertanyaan menggelitik, apakah mereka tahu arti atau makna atau mengapa dinamakan ruang bersalin dengan sebutan VK, kamar / ruang operasi dengan sebutan OK. Nah begini asal usulnya.

VK dan OK merupakan dua buah singkatan. Bagi yang sudah menebak, ya anda benar. Itu sebuah singkatan. Tapi saya yakin cukup banyak yang tidak mengetahui kepanjangan dari ruang VK atau kamar ruang OK.

Indonesia memang tidak bisa lepas dari sejarah bahwa inilah negara bekas jajahan Belanda. Singkat cerita, VK dan OK kepanjangannya berasal dari bahasa Belanda.

Kepanjangan VK pada ruang VK adalah Verlos Kamer yang memiliki arti ruang bersalin. Sedangkan OK pada kamar / ruang operasi adalah Operatie Kamer yang memiliki arti Kamar Operasi.

Show, sudah tidak penasaran lagi kan itu arti dari ruang VK dan Kamar OK? Semoga bermanfaat.

0 komentar