loading...

Sunday, October 27, 2019

Alasan Mengapa Bayi Baru Lahir diberi Vitamin K

Alasan Mengapa Bayi Baru Lahir diberi Vitamin K



Infuset - Jika anda berada di ruangan bersalin sebuah klinik atau rumah sakit, pasti akan menemukan bayi yang baru lahir diberikan Vitamin K. Jika anda bertanya mengapa bayi baru lahir diberikan Vitamin K? Simak ringkasan penjelasannya dibawah berikut ini.
Bayi yang baru lahir, cenderung mengalami kekurangan Vitamin K dikarenakan cadangan vitamin K dalam hati masih rendah. Asupan vitamin K saat ibu menyusui pada bayi yang baru lahir belum mencukupi kebutuhan vitamin K. Kekurangan vitamin K pada bayi baru lahir akan mengakibatkan resiko tinggi bayi mengalami perdarahan yang biasa disebut dengan PDVK atau perdarahan akibat defisiensi vitamin K.

Depkes RI dan HTA (health technology assessment) melakukan kajian pentingnya pemberian vitamin K. Sehingga tahun 2002 muncul rekomendasi tentang Semua bayi yang baru lahir harus mendapatkan profilaksis vitamin K1 regimen vitamin K yang digunakan adalah vitamin K1 dan diberikan secara IM (intra muscular)

Perlu kita ketahui bahwa Manfaat Vitamin K adalah untuk mencegah perdarahan. Karena vitamin K berfungsi untuk pembekuan darah. Vitamin K adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak.

Perdarahan pada bayi baru lahir bisa terjadi pada bagian tubuh seperti otak, tali pusat, mata, kulit, telinga, hidung hingga saluran pencernaan. Perdarahan pada bayi yang baru lahir bisa disebabkan oleh kejadian spontan atau akibat trauma seperti benturan, gesekan, terutama saat lahir

Perdarahan pada otak bayi bisa sangatlah fatal karena bisa menyebabkan kematian atau kecacatan. Tingkat kecacatan akibat perdarahan pada bayi bisa mencapai 30-50% dari keseluruhan kasus. Persentase kematian pada perdarahan bayi baru lahir mencapai 10-50% dari keseluruhan kasus.

Sedangkan perdarahan bayi baru lahir yang terjadi pada saluran pencernaannya biasanya ditandai dengan muntah atau buang air besar darah.

Untuk perdarahan pada bawah kulit, biasanya ditandai dengan adanya bercak ungu atau kemerahan.

Itulah alasan mengapa bayi baru lahir diberikan Vitamin K melalui injeksi atau suntikan yang menurut instruksinya diberikan secara intramuscular di bagian paha sebelah kiri dilakukan pada saat satu jam setelah selesai melakukan IMD atau inisiasi menyusu dini.

Berikut Jadwal Pemberian vitamin K pada bayi baru lahir.

1. Satu jam setelah selesai IMD
2. Jika bayi lahir tanpa bantuan medis, maka diberikan Vitamin K saat pertama kunjungan ke klinik
3. Bayi yang mengalami kesulitan bernafas atau afiksia, pemberian dilakukan setelah resusitasi berhasil dilakukan.
4. Diberikan sebelum pemberian imunisasi Hepatitis B yang pertama (B0), Dengan selang waktu antara 1-2 jam.

Itulah penjelasan ringkas tentang mengapa bayi yang baru lahir diberikan Vitamin K secara Suntikan pada paha kiri. Next time kita akan membahas tentang cara pemberian vitamin K pada bayi baru lahir. Semoga bermanfaat.

0 komentar