loading...

Sunday, October 27, 2019

Motivasi Diri dan Bahan Renungan bagi yang ingin kuliah

Motivasi Diri dan Bahan Renungan bagi yang ingin kuliah







Infuset - Kuliah adalah masa menyenangkan bagi hampir sebagian mahasiswa. Dimana saat itulah pencarian jati diri sebenarnya dilakukan. Banyak yang bilang pencarian jati diri itu adalah masa sekolah. Bagi admin infuset blog sih, yang paling tepat adalah saat masa kuliah.

Dimasa itulah akan terlihat titik terang kemana arah masa depan seorang pelajar. Memasuki sebuah perguruan tinggi dengan jurusan masing masing. Terlihat sudah bayang bayang sebuah profesi yang akan dilalui masa nanti.

Seperti saat masuk dunia perkuliahan keperawatan, disitulah mengerucut jumlah profesi yang akan kita jalani nantinya. Seperti akan menjadi perawat pelaksana, perawat shift shift-an, perawat home care, kepala ruangan, bahkan dosen di perkuliahan keperawatan, tapi tidak mungkin jadi dokter. Itu yang admin tekankan. Sebuah pengerucutan profesi.

Banyak rekan mahasiswa yang tumbang ditengah jalan. Berhenti alias memberhentikan diri dari perkuliahan, ada yang baru semester awal, bahkan ada yang sudah memasuki semester akhir. Dalam artian, mereka salah memasuki sebuah jurusan. Alangkah baiknya jika ingin masuk ke perguruan tinggi haruslah sesuai dengan minat sendiri. Bukan tuntutan orangtua apalagi pacar.

Karena tidak munafik, kuliah seperti sebuah investasi. Berani mengeluarkan dana sedemikan rupa untuk sebuah ilmu pengetahuan, kepintaran, dan keahlian, untuk nanti dipakai mencari kerja atau membuka sebuah usaha.

Puluhan juta atau ratusan juta akan dikeluarkan untuk kuliah dari awal hingga akhir. Apalagi yang hidupnya berpisah dengan orangtua. Padahal bagi orang yang minat berwirausaha, mending dananya dibuat untuk wirausaha. Show, saat kawan seumuran baru lulus kuliah dan nganggur sembari mencari pekerjaan, anda yang sudah berwirausaha sejak awal mungkin saja sudah cukup sukses diwaktu yang bersamaan.

Kalau sudah begitu? Anda yang "bodoh" karena tidak mengenyam bangku kuliah, mungkin saja akan melebarkan usaha dengan menerima karyawan yang lulusan sarjana atau diploma. Disini, siapa yang pintar siapa yang "bodoh" ?

Artikel ini hanya mengingatkan, bukan menghakimi atau menggurui. Ingat, banyak diluar sana yang mau meneruskan kuliah tapi terhalang faktor keuangan. Jika orangtua anda tidak ada masalah dalam hal keuangan, ukur lagi minat anda. Pertanyaan inti : Sudah siapkah masuk dunia perawat?

0 komentar