loading...

Monday, July 30, 2018

Perbedaan dan Persamaan Tumor dan Kanker


Perbedaan dan Persamaan Tumor dan Kanker



Infuset - Tumor dan kanker adalah dua penyakit yang berbeda. Sekilas bagi orang awam, kedua penyakit ini terasa sama. Yaitu ditandai dengan benjolan pada anggota tubuh tertentu dan disertai rasa sakit. Namun sisi medis saja penamaannya berbeda. Itu artinya, tumor dan kanker memanglah berbeda.

Namun, dibalik perbedaan tumor dan kanker ternyata juga memiliki persamaan. Nah kali ini kita akan membahas tentang perbedaan tumor dan kanker, begitu juga dengan persamaan antara tumor dan kanker. Mari kita jabarkan dulu perbedaannya dibawah ini.

ILUSTRASI EFEK KEMOTERAPI

Tumor dan kanker berbeda, akan tetapi bisa disebut mirip, tumor adalah pertumbuhan sel yang tidak normal pada bagian tubuh tertentu. Tumor akan timbul ketika sel sel tubuh membelah dan tumbuh secara berlebihan.

Apabila pertumbuhan sel tersebut hanya terjadi pada bagian tubuh itu saja tanpa merambat kebagian lain disebut dengan tumor karena dianggap jinak. Sedangkan yang tumbuh menyebar kebagian tubuh lain biasa disebut dengan tumor ganas atau kanker.



Jadi kanker adalah tumor yang ganas. Nah sampai penjelasan ini, sudah bisa memahami bukan, mana yang tumor dan mana yang kanker? Akan tetapi tumor dan kanker tidak bisa dipandang dengan mata biasa saja, misalkan seseorang menentukan apakah benjolan ditubuh orang lain termasuk tumor atau kanker, karena tumor sendiri bisa saja berukuran besar. Jadi tidak ada kata mutlak, kecil adalah tumor, besar adalah kanker. Hal itu salah besar, yang benar adalah jika tidak menyebar itu tumor (jinak) dan jika menyebar itu adalah tumor ganas (kanker).


Persamaan tumor dan kanker


1. Tumor dan kanker bisa tumbuh dengan ukuran yang besar.

2. Dilihat secara definisi, kanker memang yang lebih berbahaya dibanding tumor, akan tetapi tumor juga cukup berbahaya jika dibiarkan. Seperti tumor otak.

3. Pasca operasi dan pengobatan, Keduanya bisa menyerang kembali dibagian tubuh yang sama.

4. Keduanya disebabkan oleh pertumbuhan sel secara berlebih. 


Perbedaan tumor dan kanker


1. Pertumbuhan sel tumor lambat dibandingkan pertumbuhan sel kanker.

2. Kanker menyebar keanggota tubuh lain, sedangkan tumor hanya pada satu anggota tubuh.

3. Jika menyerang kembali pasca operasi dan pengobatan, tumor akan kembali pada bagian tubuh yang sama. Sedangkan kanker bisa menyerang kembali dibagian tubuh manapun

4. Metode pengobatan tumor lebih simpel, yaitu dengan operasi dan pengangkatan jaringan tumor tersebut, sedangkan kanker metode pengobatannya adalah dengan mematikan sel kanker tersebut dengan radiasi atau kemoterapi dilanjutkan dengan operasi dan pengangkatan sel kanker.

Demikianlah persamaan dan perbedaan antara tumor dan kanker. Semoga dengan penjelasan diatas, menambah wawasan anda yang memang mencari tahu tentang persamaan dan perbedaannya. Silahkan share jika dirasa bermanfaat. Terimakasih 


0 komentar