loading...

Monday, September 25, 2017

MAKANAN MINUMAN PENYEBAB KANKER

MAKANAN MINUMAN PENYEBAB KANKERBy.Muhammad Imron, S.Kep,Ns

makanan penyebab kanker
infuset - Menurut Yayasan Kanker Indonesia, Kanker adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh sel sel jaringan tubuh yang tumbuh secara tidak normal. Dalam perkembangannya kanker merupakan penyakit yang berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Kanker juga sering disebut dengan tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah benjolan yang tidak normal yang terbagi menjadi tumor jinak dan tumor ganas, sedangkan kanker adalah sebutan umumnya untuk tumor ganas. kali ini infuset akan membahas tentang makanan penyebab kanker, apa sajakah makanan pemicu kanker? Berikut diantaranya :


1. MAKANAN KALENG

MAKANAN PENYEBAB KANKER
Makanan penyebab kanker yang pertama adalah makanan kaleng, walaupun makanan kaleng sudah melewati serangkaian uji tes hingga balai pengawasan obat dan makanan sudah meloloskan sebagai makanan yang tidak berbahaya, akan tetapi makanan kaleng mengalami penurunan gizi dan juga sudah melewati proses pengawetan.  Alangkah baiknya mengkonsumsi makanan kaleng tidak terlalu sering, dan apabila terpaksa, hendaknya makanan kaleng tersebut dimasak atau dipanaskan terlebih dahulu sebelum anda konsumsi.

2. BUAH DAN SAYUR
makanan penyebab kanker

Makanan pemicu kanker lainnya yaitu buah dan sayur,  ya benar, tanpa disadari untuk zaman sekarang sangat jamak penggunaan pestisida untuk sayur dan buah. Sudah jelas kandungan racun pada pestisida dapat memicu terjadinya kanker dalam tubuh. Alih alih ingin mendapatkan tubuh sehat dari mengkonsumsi buah dan sayur yang terjadi malah timbulnya kanker, Oleh sebab itu pastikan anda mencuci hingga bersih buah dan sayur sebelum anda mengkonsumsinya.

3. TEPUNG TERIGU

makanan penyebab kanker
Tepung terigu termasuk dalam kategori makanan yang bisa memicu timbulnya kanker, diakibatkan oleh kandungan karbohidrat. Karbohidrat didalam kandungan tepung terigu dapat meningkatkan kadar gula didalam tubuh anda, peningkatan kadar gula dalam tubuh akan memicu sel tumor dan kanker tumbuh dalam tubuh anda. Konsumsilah tepung terigu secara bijak dan dalam jumlah wajar.

4. KERIPIK KENTANG
makanan penyebab kanker
Makanan penyebab kanker selanjutnya yaitu keripik kentang, makanan yang dalam bahasa inggris disebut potato chips ini mengandung kadar akrilamida yang tinggi, zat karsinogenik yang ditimbulkan pada makanan yang dipanaskan pada suhu tinggi yaitu dengan memanggangnya atau menggoreng.

5.  PEMANIS BUATAN
pemicu kanker
Bahan pemanis buatan atau yang disebut Asparthame  ini diproses dan dipecah didalam tubuh ketika anda mengkonsumsinya, bahan kimia ini akan berproses didalam perut dan menghasilkan bahan kimia yang dapat menyebabkan anda terkena kanker terutama kanker otak. Sejak saat ini kurangilah mengkonsumsi makanan / minuman berpemanis buatan.

6.  SEGALA MAKANAN YANG DIAWETKAN, DIASINKAN DAN DIASAPKAN


Makanan yang diawetkan dan diasinkan jelas tidak banyak gizi yang terkandung didalamnya, justru berbagai keburukan yang akan menimpa bagi orang yang mengkonsumsinya, makanan yang diawetkan biasanya mengandung nitrat, ketika didalam tubuh, nitrat akan berubah menjadi nitrosamin yang merupakan zat kimia yang dapat mengakibatkan kanker terutama pada saluran cerna dan atau pada hati. Sedangkan untuk makanan yang diasapkan, biasanya terjadi pada makanan yang dipanggang. Makan makanan yang dipanggang sama saja anda memasukkan zat berbahaya bagi tubuh terutama pada bagian makanan yang agak gosong menghitam. Karena bagian gosong pada makanan yang diasapkan tersebut mengandung senyawa penyebab kanker apabila dikonsumsi secara berlebih. Senyawa tersebut bernama Hidrokarbon Polisiklik Aromatik. atau disingkat dengan HPA.

7.  MAKANAN RINGAN

Siapa yang tidak menyukai makanan ringan? makanan yang nikmat, murah dan praktis dibawa kemana mana ini menyimpan permasalahan yang dapat mengakibatkan anda terkena penyakit kanker. Snack atau makanan ringan biasanya banyak mengandung sodium dengan kadar tinggi Hal yang pasti terdapat pada makanan ringan adalah pewarna, pengawet dan penyedap rasa buatan. Semua itu dapat memicu tumbuhnya kanker dalam tubuh.

8. DAGING MERAH
makanan pemicu kanker
Makanan pemicu kanker selanjutnya adalah daging merah, arti dari daging merah adalah daging yang ketika belum dimasak berwarna merah. Padahal daging merah merupakan makanan yang baik loh, karena mengandung seng, protein dan zat besi. Akan tetapi mengkonsumsi daging merah secara berlebihan ataupun segala olahan masakan dengan daging merah dapat memicu tumbuhnya kanker khususnya kanker usus. 

9. MINUMAN KERAS

Miras apabila dikonsumsi secara banyak akan mengakibatkan tingginya resiko kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker p4yu_d4ra, kanker usus dan juga kanker hati. Hindari miras agar anda terhindar dari resiko tersebut.

10. KEDELAI

Kedelai menjadi makanan pemicu kanker selanjutnya. American Cancer Society menghimbau agar jangan mengkonsumsi kedelai dalam jumlah banyak karena dapat mengakibatkan kanker. Tentu himbauan tersebut sudah diteliti sebelumnya.
KESIMPULAN :
Makanan dan minuman diatas adalah panganan yang sehat (kecuali miras), akan tetapi panganan tersebut akan menimbulkan dampak buruk bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Please share apabila artikel ini dirasa penting untuk diketahui kerabat anda yang lain dan baca juga artikel menarik lainnya


0 komentar