loading...

Sunday, September 10, 2017

11 MAKANAN SEHAT UNTUK DIET YANG SEHAT ( buah dan sayur )

11 MAKANAN SEHAT UNTUK DIET YANG SEHAT

( buah dan sayur )
BY Muhammad Imron,S.Kep,Ns
Infuset - Diet menurut arti sebenarnya adalah jumlah makanan yang dikonsumsi seseorang. Namun didalam bahasa Indonesia. kata diet lebih mengarah kepada arti tentang suatu cara upaya menurunkan berat badan atau mengatur pola asupan nutrisi. Menu makanan sehat yang seimbang adalah cara diet yang paling benar, namun diluar sana begitu banyak orang yang memerlukan referensi tentang makanan sehat untuk diet yang sehat. Nah, bagaimana sih diet yang benar? Berikut uaraiannya

tips diet
Sebenarnya diet itu bukan hanya tentang menurunkan berat badan saja loooh, akan tetapi diet juga mempunyai tujuan yaitu agar pola hidup lebih sehat., serta membentuk tubuh menjadi lebih indah. 

Dalam menurunkan berat badan, memang diperlukan suatu niat dan konsisten akan suatu komitmen untuk diet. Jangan pernah tergoda dengan berbagai makanan yang mampu menggagalkan diet anda. Tanpa panjang lebar lagi, inilah  makanan sehat untuk diet yang sehat.

Secara umum, Untuk makan pagi atau biasa disebut dengan sarapan,  Cukup anda mengkonsumsi makanan seperti susu rendah lemak dan selembar roti dan atau dengan satu buah pisang. Untuk makan siang anda bisa mengkonsumsi makanan sehat berupa sayuran yang segar. Jikapun anda masih menginginkan dengan konsumsi nasi (karbohidrat lain) usahakan dalam porsi yang masih wajar. Selain itu makan siang anda juga bisa dengan konsumsi ayam, selada, tumis jamur atau mungkin kentang rebus 200 mg. Jika anda kembali merasa lapar pada sore menjelang malam, anda bisa mengkonsumsi buah-buahan. Untuk makan malam, anda bisa mengkonsumsi kembali sayuran dengan berbagai macam pilihan

Uraian diatas secara umum. Secara khususnya bagaimana dong makanan sehat untuk diet yang sehat?

Sebenarnya makanan sayuran dan buah adalah makanan tersehat yang sudah tersedia dari alam. Akan tetapi ada beberapa sayuran dan buah tertentu yang mampu menurunkan badan secara cepat diantaranya :

1. Menurunkan berat badan dengan buah pir

Buah ini kaya akan vitamin C, serta serat yang sangat baik untuk pencernaan dan juga sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi rutin buah pir akan mempunyai kemungkinan 35% lebih rendah untuk mengalami kegemukan atau obesitas. Karena kandungan serat dan air, mengkonsumsi buah pir akan mengurangi nafsu makan anda.

2. Menurunkan berat badan dengan Sayur bayam

Bayam memiliki kandungan magnesium, seng dan juga zat besi yang mempunyai fungsi mempercepat proses pembakaran lemak tubuh. Selain itu bayam juga mengandung vitamin A dan K yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan metabolisme tubuh



3. Menurunkan berat badan dengan buah semangka



Buah semangka memiliki kandungan yang kaya akan serat, menjadikan buah semangka sebagai rekomendasi makanan sehat untuk diet sehat selanjutnya. Buah ini mampu menunda rasa lapar anda dan juga melancarkan pencernaan.



4. Menurunkan berat badan dengan Brokoli



Brokoli merupakan salah satu sayur yang cocok untuk anda yang sedang dalam program diet, kandungan yang kaya serat mampu membuat perut anda kenyang lebih lama. Manfaat lain yang didapat dari mengkonsumsi brokoli yaitu mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Brokoli juga mampu membakar lemak lebih cepat karena mengandung Indole-3-Carbinol.



5. Menurunkan berat badan dengan sayur wortel



Sayuran yang memiliki nama latin Daugus Sorata L ini memiliki kandungan serat yang jelas mempunyai fungsi hampir sama dengan beberapa sayur dan buah pada jabaran diatas, yaitu mampu menunda rasa lapar atau mampu membuat anda kenyang lebih lama. Selain serat, wortel juga memiliki kandungan lain yang mengenyangkan yaitu karbohidrat dilengkapi dengan kandungan beta karoten yang mampu meklancarkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran lemak menjadi lebih cepat.



6. Menurunkan berat badan dengan buah melon



Buah melon ternyata mampu menurunkan berat badan dan menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk mendukung program diet anda. Buah melon memiliki kandungan air yang banyak sehingga bersifat mengenyangkan lebih lama. Selain itu buah melon juga mampu melancarkan pencernaan.



7. Menurunkan berat badan dengan Mentimun



Mentimun sangat kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, kandungan air dan serat pada mentimun mampu mengenyangkan dan melancarkan pencernaan anda. Hmmmmm.... semua referensi buah sayur yang dijabarkan mempunyai manfaat yang kurang lebih sama ya? Lanjut..



8. Menurunkan berat badan dengan buah nanas



Buah berikutnya yaitu nanas, nanas mampu mengontrol lemak dalam tubuh, buah ini bebas dari kandungan kolesterol dan lemak sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang diet sehat dan seimbang. Nanas mengandung air sebanyak 85 persen sehingga tidak memberikan kalori pada tubuh anda. Serat yang terdapat pada buah nanas, mampu membuat anda kenyang lebih lama.



9. Menurunkan berat badan dengan selada



Selada yang memiliki nama latin Lactuca Sativa L ini sangat kaya akan kandungan vitamin dan mineral serta magnesium dan serat yang mampu mengenyangkan perut anda lebih lama.



10. Menurunkan berat badan dengan buah pisang



Pisang memiliki kandungan kalium yang mampu menambah tenaga, pisang juga memiliki serat serta potasium yang berperan sebagai penurunan berat badan karena melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi buah pisang juga mempunyai manfaat lain, salah satunya menyehatkan jantung dan meningkatkan imunitas tubuh.



11. Menurunkan berat badan dengan buah Tomat



Tomat bukanlah sayur, tomat adalah buah dan sangat cocok dijadikan jus karena mampu menyegarkan tubuh, tomat memiliki kandungan yang menyehatkan diantaranya menyehatkan mata, pencegah kanker dan lain-lain. Tomat memiliki kandungan serat dan air yang mampu membuat anda terhindar dari kegemukan.



Itulah 11 makanan sehat untuk diet yang sehat yang berupa sayur dan buah, yang mampu membantu program diet anda. Dengan kandungan serat yang cukup, kandungan air yang banyak buah dan sayur tersebut mampu menurnkan berat badan anda. 


Terima kasih dan baca juga artikel menarik lainnya
7 CARA MENGHILANGKAN KOMEDO SECARA ALAMI DAN BENAR DENGAN BAHAN YANG MUDAH DIDAPAT

11 CARA MEMUTIHKAN GIGI SECARA ALAMI DENGAN BAHAN YANG MUDAH DIDAPAT

CARA ALAMI MENGECILKAN PERUT BUNCIT






















0 komentar