loading...

Friday, October 23, 2015

Penyakit Ginjal

 Penyakit Ginjal

By.Muhammad Imron,S.Kep,Ns







Assalamualaikum Teman Sejawat,,
Air kemih tiba tiba keruh? Badan terasa menggigil padahal suhu sekitar hangat? Berhati-hatilah, karena mungkin saja ginjal anda sedang bermasalah. 

Apa saja sih gejala sakit ginjal? Bagaimana cara menghindari penyakit ginjal

Silahkan simak penjabaran berikut.




Ciri ciri awal atau gejala terkena penyakit ginjal adalah frekuensi BAK mengalami perubahan. Ada peningkatan atau malah penurunan terutama pada malam hari. Warna urin terlihat tampak gelap dan kemungkinan mengalami kesulitan saat BAK (buang air kecil,red).

Gejala lanjutan dari penyakit ginjal adalah timbulnya bercak darah pada urin dan saat seperti ini, sangat disarankan segeralah ke dokter. Ketika ginjal sudah mulai tidak mampu bekerja dengan sebagaimana mestinya, pembengkakan mulai terjadi pada tangan, kaki, dan juga wajah.

Selain itu, penderita penyakit ginjal juga merasakan pusing, lelah dan juga lemah, konsentrasi menurun, merasa kedinginan, ruam pada kulit dan juga gatal, mual dan muntah hingga sesak nafas.

Apa penyebab penyakit ginjal? Hal pemicu penyakit ginjal diantaranya adalah pola hidup tidak sehat, penyakit Diabetes, Hipertensi, Kolesterol Tinggi, kegemukan.

Penyakit ginjal sendiri terbagi menjadi beberapa klasifikasi, yaitu gagal ginjal akut, gagal ginjal kronik, dan nefritis akut. Untuk definisi sendiri akan saya pisahkan artikelnya.
Gagal ginjal bisa saja terjadi akibat hal hal yang sebenarnya dianggap biasa saja. Seperti pola makan tinggi lemak, kurang gerak, kurang minum atau ada ISK.

Selain penyebab diatas, ternyata ada juga penyebab penyakit ginjal akibat obat-obatan, seperti konsumsi obat berlebih pada obat NSAID ( Non-Steroidal Anti Inflammatory drugs ) contohnya : Aspirin, Asam Mefenamat, diclofenax, piroksikam, ibuprofen dan lain-lain. Serta penggunaan obat analgetik berlebihan seperti paracetamol (acetaminophen) , ternyata dapat menyebabkan penyakit ginjal menahun (CIN) Chronic interstitial nephritis.

Nah demikianlah ringkasan penjabaran dari penyakit ginjal, Berbahayakah penyakit ginjal? Ya... Berbahaya...

Semoga kita sehat selalu

0 komentar