loading...

Friday, October 30, 2015

IMUNISASI WAJIB DAN IMUNISASI TAMBAHAN BESERTA MANFAATNYA

IMUNISASI WAJIB DAN IMUNISASI TAMBAHAN BESERTA MANFAATNYA

By.Muhammad Imron,S.Kep,Ns



Imunisasi adalah cara pencegahan penyakit yang disebabkan virus, dilakukan dengan memasukkan virus kedalam tubuh yang sebelumnya virus tersebut dilemahkan. Manfaat Imunisasi secara umum adalah sebagai antibodi untuk melawan penyakit tersebut. Imunisasi juga disebut dengan Vaksinasi.


Manfaat Imunisasi diantaranya sebagai berikut :


a. Manfaat untuk Anak / Bayi : Sebagai bentuk pencegahan dari penderitaan penyakit, kemungkinan terjadi kecacatan hingga kematian.

b. Manfaat untuk Keluarga : Menghilangkan rasa cemas bila anak sakit.

c. Manfaat untuk Negara : Menciptakan generasi yang sehat sebagai penerus bangsa 


Di Indonesia, mempunyai program imunisasi wajib yang harus dilaksanakan oleh orang tua terhadap anaknya. Berikut ini penjabaran tentang Imunisasi wajib yang ada di Indonesia :

1. Imunisasi Hepatitis B


Hepatitis B merupakan penyakit infeksi hati yang disebabkan virus, cara menularnya bisa melalui jarum jaruman ( tato, suntik dll ) yang terkontaminasi virus Hepatitis B, melalui cairan tubuh ( air liur, keringat ), serangga penghisap darah ( nyamuk ) atau luka ditubuh yang terjadi kontak dengan benda yang ada virus Hepatitisnya.

Penyakit berbahaya ini belum ada pengobatan untuk menyembuhkannya. Saat ini pengobatan hanya sebatas perawatan pendukung agar tidak terjadi komplikasi. Pemberian Imunisasi Hepatitis B dapat melindungi hingga 96% selama 5 tahun.  Setelah 5 tahun dapat dilakukan Imunisasi tambahan sebagai perpanjangan daya tahan. Pemberian Imunisasi Hepatitis B bisa diberikan sejak bayi 







2. Imunisasi BCG




Imunisasi BCG diberikan untuk mencegah TBC.Penularan TBC sangat mudah menjangkiti seseorang karena cara penularannya melalui udara. Pemberian Imunisasi BCG bisa dilakukan sejak bayi dan diberikan lagi saat berumur 5 tahun dan 10 tahun.



3. Imunisasi Polio



Virus Polio menyerang saraf dan juga otot. Membuat otot menjadi mengecil dan sebabkan kelumpuhan. Walaupun Polio dapat sembuh,namun penderitanya akan mengalami cacat permanen. 

Polio disebut juga dengan poliomeilitis, menular dengan cara terpapar ludah penderita atau mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi virus polio


Imunisasi Polio bisa diberikan semiggu setelah lahir dan diulang 5x hingga usia 5 tahun.









4. Imunisasi DPT


DPT Merupakan singkatan dari Difteri, Tetanus dan Petusi.



Difteri merupakan penyakit pada tenggorokan yang bisa sebabkan kematian hanya dalam hitungan hari saja. Difteri sebabkan kerusakan otot jantung dan membuat tenggorokan tersumbat. Sedangkan Petusi adalah batuk yang berlangsung lama hingga berhari-hari dan kadang biasanya juga disertai dengan muntah. Petusis juga dapat sebabkan kematian, Sedangkan Tetanus adalah penyakit yang menular lewat luka yang terbuka, Tetanus menyebabkan tubuh kejang dan mulut tertutup tak bisa dibuka.

Pemberian Imunisasi DPT diberikan saat anak 3 bulan dan diulang setiap 5 tahun

5. Imunisasi Campak


Penyakit Campak mempunyai ciri timbulnya binti kemerahan ditubuh disertai panas. Penyakit ini menular melalui pernafasan. Pemberian Vaksinnya diberikan pada anak umur 9-14bulan dan diulang pemberian Vaksin MMR ( Measles, Mumps Rubella/ Campak Jerman ).

IMUNISASI TAMBAHAN :


1. PCV : Vaksin yang diberikan untuk mencegah radang paru
2. HIBVaksin yang diberikan untuk mencegah Hoemoohiuf atau Nounzop B
3. ROTAVaksin yang diberikan untuk mencegah penyakit yang disebabkan virus Rota.
4. MMRVaksin yang diberikan untuk mencegah Campak Jerman.
5. VARICELLA :Vaksin yang diberikan untuk mencegah Cacar
6. INFLUENZAVaksin yang diberikan untuk mencegah Inffluenza


Nah demikianlah artikel tentang IMUNISASI WAJIB DAN IMUNISASI TAMBAHAN BESERTA MANFAATNYA  Orangtua yang bijak adalah yang membawa anaknya untuk di Imunisasi.

Semoga kita sehat selalu.





0 komentar