loading...

Tuesday, October 20, 2015

Penyakit Campak ( Measles )

Penyakit Campak ( Measles )

By.Muhammad Imron,S.Kep.Ns






Assalamualaikum Teman Sejawat,,
Penyakit campak merupakan penyakit yang masih sering menyerang manusia, baik itu pada anak anak maupun orang dewasa. 


Apa dan bagaimana mengobati serta mencegah penyakit campak tersebut?

Berikut penjabaran singkatnya...
Penyebab penyakit Campak adalah infeksi Virus Rubella. Maka dari itu, campak juga sering disebut dengan demam rubella. Virus ini sangat menular terutama kepada anak yang daya tahan tubuhnya buruk.

Bagaimana cara penularan campak? 

Penularan campak melalui udara karena menghirup percikan ludah penderita campak. Penderita bisa menularkan infeksi campak dalam waktu sekitar 2 hingga 4 hari. Sebelum timbulnya ciri ciri terjangkitnya penyakit campak yaitu ruam pada kulit.

Berbahayakah penyakit campak? 

Ya,, bagi anak dengan keadaan gizi buruk dapat menyebabkan komplikasi fatal dan berujung pada kematian.

Apa Gejala Penyakit Campak? 

Gejala yang timbul akibat campak adalah batuk, bercak, nyeri pada otot, mata merah ( conjungtivitis ) dilanjutkan kemudian 2-4 hari muncul bintik putih pada mulut bagian dalam. Sedangkan ruam atau kemerahan pada kulit, akan muncul setelah timbulnya beberapa gejala diatas. Awalnya, ruam muncul pada wajah didepan dan dibawah telinga, bisa berbentuk ruam kemerahan datar ( makula ), atau ruam kemerahan menonjol ( papula ). Dalam 1-2 hari ruam akan menyebar kebatang tubuh, lengan dan juga kaki, sedangkan pada wajah biasanya memudar. Pada klimaksnya, penyakit campak akan terasa sakit dan ruam meluas menyebabkan demam bahkan suhu tubuh hingga mencapai sekitar 40 derajat celcius. 3-5 hari kemudian, suhu tubuh turun, penderita merasa lebih baik dan ruam mulai menghilang. Gejala lain yang tidak spesifik bisa terjadi seperti rasa lelah, pilek, dan mata radang memerah.

Bagaimana pengobatan penyakit campak?

Penyakit Campak tidak ada metode khusus pengobatan campak, biasanya orang yang terkena campak disuruh istirahat dan lebih fokus pada penurunan demam dan diberikan obat seperti Asetaminofen atau Ibuprofen dan jika terjadi infeksi oleh bakteri biasanya ditambah dengan pemberian Antibiotik.

Bagaimana pencegahan penyakit campak?

Mencegah penyakit campak, sebenarnya dilakukan sejak anak berumur 9 bulan. Pemberian Vaksin Campak adalah salah satu dari Imunisasi rutin yang diprogramkan pemerintah. Vaksin disuntikkan kepada anak pada bagian paha atau lengan atas tergantung kebijakan.
Seperti itulah info sekilas tentang penyakit campak, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Semoga kita sehat selalu

0 komentar