loading...

Monday, October 19, 2015

Seputar Infeksi Saluran Kemih ( ISK )

Seputar Infeksi Saluran Kemih ( ISK )

By.Muhammad Imron,S.Kep,Ns




Assalamualaikum Teman Sejawat, Kali ini saya sedikit membahas tentang penyakit ISK atau Infeksi Saluran Kemih, adakah yang belum tau definisi Infeksi Saluran Kemih ?

Seputar Infeksi Saluran Kemih

Pengertian dari ISK menurut Wikipedia adalah Infeksi bakteri yang mengenai bagian dari saluran kemih. Ketika mengenai saluran pada bagian atas disebut Pielonefritis (Infeksi Ginjal), sedangkan jika mengenai saluran pada bagian bawah disebut Sistitis (Infeksi Kandung Kemih). Gejala ISK yang mengenai saluran kemih bawah ditandai dengan sering buang air kecil dan disertai rasa sakit, sedangkan gejala ISK yang mengenai saluran kemih atas ditandai dengan gejala Sering BAK disertai sakit ditambah demam dan nyeri panggul. Namun pada orang berumur dan anak anak, Gejala Infeksi Saluran Kemih bisa saja samar dan tidak spesifik.
ISK merupakan penyakit Infeksi nomer 2 di dunia yang paling banyak diderita manusia, pria atau wanita beresiko terkena penyakit ini. Pada orang yang tidak terkena ISK, air kemihnya tidak disertai kuman, Infeksi terjadi apabila ada bakteri ataupun kuman yang berasal dari saluran pencernaan masuk menuju uretra (ujung saluran kemih) kemudian disana kuman akan berkembangbiak. Kuman yang paling sering menyebabkan penyakit ISK adalah E.Coli.



Pada mulanya, kuman masuk ke uretra berdiam dan berkembangbiak, akibatnya uretra akan mengalami infeksi yang kemudian disebut Urethritis. Jika selanjutnya kuman bakteri naik keatas menuju saluran kemih dan berkembangbiak disana maka saluran kemih terinfeksi dan disebut dengan Sistitis (Cystitis). Jika tidak dilakukan pengobatan, kuman bakteri naik lagi menuju Ginjal dan menginfeksi ginjal, maka disebut dengan Pielonefritis. ( Pyelonephritis ).

Tanda Gejala ISK

ISK mempunyai tanda gejala sesuai dengan bagian mana yang terinfeksi, jika yang terinfeksi bagian bawah maka tanda gejalanya sebagai berikut :

1. Nyeri buang air kecil
2. Rasa ingin selalu buang air kecil dan tidak dapat ditahan.
3. Warna air kemih yang keruh dengan bau yang menyengat.
4. Badan terasa cepat lelah
5. Bagian panggul seperti ada yang menekan
6. Rasa kurang nyaman bagian perut bawah.

Sedangkan infeksi saluran kemih bagian atas, biasanya mempunyai tanda gejala seperti :

1. Demam
2. Merasa kedinginan dan menggigil
3. Mual Muntah
4. Nyeri pinggang dan punggung
5. Gelisah dan disorientasi

Setelah mengetahui penjabaran tentang Infeksi Saluran Kemih ( ISK ), berikut ini Tips Cara Mencegah Penyakit ISK :
1. Intake Cairan yang cukup, minumlah air secukupnya disesuaikan dengan aktifitas yang dikerjakan.
2. Jangan menahan buang air kecil, bersegeralah jika ada perasaan ingin buang air kecil.
3. Bersihkan alat vital sebelum dan sesudah melakukan hubungan.
4. Hindari pembersih alat vital yang tidak jelas keamanannya karena ditakutkan akan menginfeksi uretra .
5. Khusus untuk wanita, biasakan saat buang air besar, menyiram dari arah depan kebelakang. Jangan sebaliknya!

Pengobatan ISK

Pengobatan ISK dapat dilakukan dengan menggunakan obat antibiotik sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter. Selain antibiotik, biasanya dokter meresepkan obat paracetamol sebagai obat anti nyeri, namun jika dianggap ISK yang berat, maka dokter menyarankan agar dirawat di Rumah Sakit.

Komplikasi ISK

Infeksi Saluran Kemih yang dibiarkan berlarut tanpa penanganan yang tepat akan menyebabkan penyakit lain yang tergolong lebih berat, seperti penyakit ginjal dan sepsis.

Orang yang beresiko terkena ISK diantaranya adalah :

1. Pemakai Kateter
2. Pria Penderita batu ginjal 
3. Wanita yang sering menahan keinginan kemih karena wanita memiliki uretra yang pendek dibanding pria
4. Wanita menopause
5. Wanita Hamil
6. Penderita Diabetes
7. Orang yang kekebalan tubuhnya rendah
Itulah sekilas penjabaran tentang Definisi ISK, Penyebab ISK, dan Cara Mencegah ISK, Pengobatan ISK, Komplikasi ISK,  namun apabila sudah terinfeksi penyakit ini, solusi yang tepat adalah pergi ke Dokter, karena ISK akan diobati dengan antibiotik dan pengobatannya tidak bisa dijabarkan karena tergantung pada lamanya Infeksi.
Semoga kita semua sehat selalu...

0 komentar