loading...

Wednesday, February 14, 2018

Pantangan ( Makanan Minuman ) Asam Urat


Pantangan ( Makanan Minuman ) Asam Urat 


Infuset - Penyakit Asam urat atau bahasa medisnya disebut Gout, adalah penyakit yang menyerang persendian anda. Penyakit ini disebabkan oleh banyaknya uric acid didalam tubuh. Dalam keadaan normal, kadar asam urat berada pada angka 3,4 - 7,0 mg/dl untuk laki laki. Sedangkan untuk perempuan 2,4 - 5,7 mg/dl

Kelebihan kadar, akan mengakibatkan nyeri pada sendi. Pemicu berlebihnya kadar asam urat berasal dari makanan. Oleh karena itu, agar anda terhindar dari penyakit asam urat, anda harus mulai memilah makanan yang dikonsumsi. Umur 30 keatas adalah umur yang sangat rentan terkena penyakit ini. Jika seorang yang menderita asam urat dibiarkan, pembengkakan serius bisa saja terjadi.

Kebanyakan penderita tidak menyadari jika dirinya terkena asam urat sebelum merasakan sakit. Karena memang tidak menimbulkan gejala sebelumnya. Lantas, sebelum kadar asam urat anda naik semakin tinggi, ada baiknya menghindari makanan dibawah ini.

Makanan Pantangan Asam Urat

1. Daging Merah

Daging sapi, daging domba, daging kambing hingga daging babi berpotensi meningkatkan kadar asam urat, sehingga daging masuk kategori sebagai pantangan bagi mereka yang mempunyai penyakit asam urat atau bagi mereka yang tidak ingin terkena, jangan makan daging tersebut secara berlebihan.

2. Jeroan

Jeroan, hati, limpa, usus, paru, lidah, otak, ginjal, jantung hewan juga sangat berpotensi menaikkan kadar asam urat. Sehingga jeroan masuk dalam daftar makanan yang dihindari jika anda tidak ingin asam urat kumat.

3. Daging Putih

Daging putih atau seperti kelinci, unggas seperti burung puyuh, angsa, ayam, kalkun, menjadi daftar makanan selanjutnya yang menjadi pantangan mereka yang mempunyai penyakit asam urat.

4. Sayuran Tinggi Purin

Sayuran seperti bayam, kembang kol, buncis, jamur menjadi daftar sayuran yang dihindari untuk anda yang tidak ingin asam urat nya kambuh.

5. Minuman Manis

Minuman manis yang dimaksudkan seperti minuman kemasan, softdrink, sirup, menjadi pantangan selanjutnya bagi mereka yang menderita asam urat.

6. Makanan Laut Tinggi Purin

Makanan laut seperti ikan sarden, kerang, ikan tuna, remis, ikan teri, menjadi pantangan selanjutnya.

7. Minuman Keras

Segala macam minuman keras juga menjadi pemicu meningkatkan kadar asam urat, sehingga wajib untuk dihindari oleh mereka yang tidak ingin terkena asam urat.

Menyedihkan ya jika sudah terkena asam urat, begitu banyak makanan atau minuman yang menjadi pantangan. Sehingga menurut pakar, bijaklah dalam mengkonsumsi semuanya. Semua makanan yang disebut diatas sebenarnya tidaklah berbahaya, namun jika tidak mengkonsumsinya dengan bijak, maka justru akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan anda sendiri. 

Berikuy tambahan daftar nama makanan yang menjadi pantangan bagi mereka yang memiliki penyakit asam urat.

- Coklat dengan kafein
- Daun Melinjo
- Kangkung
- Tempe
- Kedelai
- Tahu
- Sawi
- Kacang Hijau
- Kacang Merah
- Durian
- Gorengan
- Udang
- Lobster
- Ikan Asin
- Kopi
- Minuman Soda
- Kue dengan bahan ragi
- Roti

Banyak sekali pantangan bagi anda yang terkena penyakit asam urat. Jadi jika artikel ini bermanfaat, silahkan share ya. Terimakasih.

0 komentar