loading...

Tuesday, February 13, 2018

7 Obat Sakit dan Radang Tenggorokan di Apotik


7 Obat Sakit dan Radang Tenggorokan di Apotik

penyakitfaringitis.com

Infuset - Radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri. Secara medis, radang tenggorokan disebut dengan faringitis. Masyarakat umumnya menyebut dengan panas dalam. Radang tenggorokan umumnya akan dirasakan sakit atau panas pada bagian tenggorokan dan berakibat seseorang kesulitan dalam menelan makanan.

Hal ini akan membuat seseorang yang sedang terkena radang tenggorokan mencari tau tentang apa obat untuk radang tenggorokan yang pada umumnya dijual bebas di apotik atau di pasaran? Jadi, disini penulis akan menuliskan beberapa obat panas dalam tersebut dengan catatan bukan promosi merk dagang atau lainnya. Tidak ada jasa apapun dari nama obat yang kami tuliskan sebagai obat radang tenggorokan dibawah ini.



Obat Radang Tenggorokan yang bisa didapat di Apotik, beberapa nama obat ini cocok untuk radang tenggorokan akut, radang tenggorokan pada anak baik radang tenggorokan yang parah maupun tidak begitu parah.

1. FG Troches Meiji

mediskus.com

Obat yang tidak asing lagi bagi penulis, soalnya obat ini juga terdapat pada list obat yang dibeli dinas kesehatan untuk suply pada puskesmas, obat ini berkhasiat untuk radang tenggorokan. Selain itu FG Troches juga ampuh dalam mengatasi sariawan dan masalah kesehatan pada gusi dan mulut lainnya yang diakibatkan oleh adanya infeksi oleh bakteri. Walaupun obat ini diharuskan dengan resep dokter, tetapi kenyataannya masih bisa dibeli di apotik walau tanpa resep dokter. Hal yang paling penting adalah patuhi segala petunjuk penggunaannya yang terdapat pada kemasan atau brosur. FG Troches bisa digunakan segala usia baik dewasa maupun anak-anak. Obat Radang Tenggorokan FG Troches Meiji dibuat dalam kemasan tablet dengan komposisi Fradiomisin Sulfat dan Gramisidin-s HCl   Efek Sampingnya adalah gangguan pada saluran pencernaan. Dosis pemakaian pada dewasa 1 sampai 2 tablet 4 sampai 5 kali sehari dan untuk anak cukup dengan 1 tablet 4 sampai 5 kali sehari.

2. Strepsils

strepsils.co.uk

Hey kamu yang berada dikemacetan, iya kamu. Begitulah petikan iklannya ditelevisi. Obat ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Strepsils merupakan obat untuk radang tenggorokan yang terbuat dari Sukrosa, glukosa, Menthol, minyak eucalyptus, amylmetakresol. Menurut keterangan pada kemasan, obat ini cocok untuk dewasa dan anak anak. Untuk dosis pun sama yaitu 4 sampai 5 kali sehari. Efek samping tidak tertera namun hanya peringatan yang mengatakan bahwa tidak untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. 

3. Degirol

mediskus.com

Obat Radang Tenggorokan lainnya yaitu Degirol. Bekerja dengan cara mengalahkan bakteri penyebab radang tenggorokan. Obat ini dibuat dari bahan dequalinium chloride dan boleh dikonsumsi 1 tablet 1 sampai 7 kali sehari. Selain mengobati radang tenggorokan, obat degirol juga mujarab dalam menyembuhkan sariawan hingga radang pada gusi. Untuk efek samping dari obat ini adalah gatal gatal atau ruam, sesak nafas dan sakit bagian lidah. Obat degirol tersedia dalam bentuk tablet.

4. Efisol

bukalapak.com

Obat yang satu ini juga di indikasikan untuk obat radang tenggorokan. Selain sebagai obat radang, Efisol juga bisa mengobati sariawan, infeksi pada mulut, hingga tonsilitis. Efisol terbuat dari vitamin c dan dequalinium klorida. Tersedia dalam kemasan tablet dengan dosis 3 sampai 7 kali sehari.

5. Enkasari

hargajos.com

Enkasari bisa dibeli diapotik. Enkasari merupakan obat radang tenggorokan yang bisa digunakan sebagai obat kumur atau bisa juga ditelan. Obat ini termasuk obat herbal. Namun sudah dikemas secara modern sehingga apotik juga menjualnya. Terbuat dari sari daun sirih, sari daun saga dan sari akar kayu manis.

6. Adem Sari

tokopedia.com

Obat ini tidak hanya ada diapotik saja, warung warung kecil pun bisa menjualnya. Adem sari berkhasiat sebagai pengobat sariawan, tenggorokan sakit, hingga panas dalam. Terbuat daru extract citrus aurantifolia, extract aayxia stellata ret cortex, dan bahan lainnya termasuk vitamin c. 

7. Hexadol Mint Gargle

tokopedia.com

Obat ini berkhasiat dalam menyembuhkan sakit tenggorokan, infeksi pada mulut, radang tenggorokan dan radang sekitar gigi, terbuat dari hexetidine, harga obat inj termasuk tinggi dengan harga eceran tertinggi lebih dari 25 ribu rupiah.

Itulah 7 obat di apotik yang bisa digunakan dalam pengobatan sakit atau radang tenggorokan. Sebenarnya masih ada berbagai macam nama obat lain, akan tetapi kebanyakan nama kandungannya sama dengan diatas. Hanya berbeda produsen dan nama merk dagang saja.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan like dan share kepada sesama rekan terimakasih.

0 komentar