loading...

Wednesday, February 14, 2018

5 Jenis Minuman Yang Harus dihindari Penderita Darah Tinggi ( Hipertensi )


5 Jenis Minuman Yang Harus dihindari Penderita Darah Tinggi ( Hipertensi )



Infuset - Darah tinggi, merupakan penyakit populer saat ini, darah tinggi dikenal juga dengan sebutan hipertensi. Hipertensi adalah kondisi kronik tekanan darah pada dinding arteri meningkat. Seseorang dikategorikan menderita hipertensi ketika ukuran sistolik dan diastolik tinggi. Anda hipertensi jika hasil pengukuran sebesar 140/90 mmHg atau lebih.


Menurut data yang ada, penyakit hipertensi masuk lima besar kategori penyakit mematikan di Indonesia. Lantas, jika sudah menderita hipertensi, seseorang mempunyai berbagai pantangan. Baik itu makanan, minuman hingga kegiatan aktifitas fisik. Pada artikel kali ini, kita akan fokus kepada minuman. Minuman apa saja yang menjadi pantangan para penderita penyakit darah tinggi? Kita akan ulas lebih lanjut dibawah ini.

Minuman yang harus dihindari para penderita hipertensi

1. Minuman yang mengandung Alk0h0l

Sebenarnya minuman keras ini memang tidak baik untuk kesehatan, akan tetapi dampak buruknya juga akan sangat buruk jika seseorang penderita darah tinggi meminum minuman beralko•h0l. Karena jika seseorang yang punya riwayat hipertensi, memaksakan diri atau dengan sadar minum minuman keras maka suplai oksigen kejantung bisa terganggu dan akhirnya akan membuat jantung bekerja lebih keras. Hal demikian bisa mengakibatkan serangan jantung dan kematian.

2. Kopi vs Teh

Minuman yang menjadi pantangan selanjutnya bagi penderita darah tinggi adalah minuman kopi dan juga teh. Dua minuman yang sangat populer didunia ini haruslah dihindari oleh orang orang yang hipertensi. Walaupun dari sisi lain, minuman kopi dan juga teh memiliki kandungan yang baik, tapi tidak untuk yang menderita darah tinggi. Karena jika terlalu sering minum kopi ataupun teh, akan otomatis membuat tekanan darah menjadi meningkat. Intinya, minuman kopi dan teh jangan terlalu sering diminum oleh penderita darah tinggi.

3. Minuman Berenergi

Minuman berenergi atau biasa dalam kemasannya disebut dengan suplemen makanan adalah jenis minuman yang harus dihindari oleh penderita darah tinggi selanjutnya. Minuman jenis ini umumnya mengandung kafein dan juga taurine. Dua zat yang bisa meningkatkan tekanan darah. Hal ini tentu membahayakan untuk penderita darah tinggi. Jadi lebih jadikan minuman berenergi sebagai pantangan jika anda sudah terkena hipertensi.

4. Minuman Isotonik

Minuman selanjutnya yang harus dihindari oleh penderita hipertensi adalah minuman isotonik. Minuman yang sebenarnya nempunyai banyak manfaat bagi tubuh ini justru harus dihindari penderita hipertensi. Minuman isootonik mengandung sodium klorida dan sodium karbonat yang mempunyai efek meningkatkan tekanan darah. Tentu saja hal ini membuat penderita hipertensi harus mengjindarinya dan menjadikan salah satu pantangan selanjutnya. 

Itulah kelima ( loh kok lima? Nomer limanya mana? Lihat kopi vs teh ) minuman yang menjadi pantangan dan memang harus dihindari oleh penderita darah tinggi atau hipertensi. Last, jika artikel ini bermanfaat silahkan share kepada keluarga, rekan dan sahabat. Terimakasih

0 komentar