loading...

Sunday, February 11, 2018

27 Obat Gatal Kulit Berbahan Alami dan Tradisional yang mudah didapat


27 Obat Gatal Kulit Berbahan Alami dan Tradisional yang mudah didapat



Infuset - Hampir seluruh manusia bisa dikatakan pernah mengalami Gatal pada kulit. Hal yang pertama dilakukan pastilah menggaruk bagian kulit yang gatal tersebut. Gatal pada kulit banyak penyebabnya, mulai dari alergi, gigitan serangga, virus, bakteri, jamur bahkan hingga terpapar zat kimia tertentu. Jika anda sedang mencari informasi tentang obat gatal pada kulit berbahan alami ataupun tradisional, silahkan simak artikel ini hingga habis.

Orang yang mencari informasi tentang obat gatal alami dan tradisional, biasanya adalah orang yang enggan atau justru sudah menggunakan obat obatan medis namun kurang puas dengan hasilnya ataupun tidak ingin terkena efek samping dari obat medis tersebut sehingga lebih nemilih sesuatu yang berbahan dasar alami yang biasanya efek sampingnya hampir tidak ada. Tetapi bukan berarti obat obatan tradisional ini cepat menyembuhkan rasa gatal. Karena kesembuhan juga dipengaruhi banyak hal, bukan hanya obat obatan semata.

Obat gatal kulit alami dan tradisional

1. Daun Mahkota Dewa

Dari namanya tampak hebat ya? Memang benar, daun mahkota dewa ternyata bisa digunakan sebagai obat alami penghilang rasa gatal yang ampuh. Keampuhan daun mahkota dewa ini bisa anda rasakan dengan cara ditumbuk atau dihaluskan hingga lumat setelah sebelumnya dibersihkan tentunya. Bagian yang sudah ditumbuk tersebut oleskan pada bagian kulit yang terasa gatal.

2. Daun Salam

Daun salam merupakan bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Caranya anda bisa mengambil daun salam yang masih segar kurang lebih sekitar 10 hingga 15 lembar dan cuci bersih. Kemudian hampir sama dengan daun mahkota dewa, daun salam ini juga ditumbuk jika ingin menggunakannya sebagai obat gatal pada kulit alami. Terapkan pada bagian kulit yang terasa gatal hingga mengering dan terserap sempurna kurang lebih 15 menitan. Kemudian bilas hingga bersih. Banyak yang bilang, daun salam merupakan obat tradisional yang ampuh untuk atasi kulit gatal.

3. Daun Sirih dan Kulit Manggis

Kolaborasi keduanya, bisa dimanfaatkan sebagai obat gatal alami. Caranya dengan mencampurkan sekitar 20 lembar daun sirih dan ambil kulit buah manggis sekitar 100 gram. Lalu anda bisa mencucinya dan kemudian rebus pada air secukupnya. Ambil air rebusan tersebut saat masih hangat dan anda bisa menggunakannya untuk membasuh kulit yang terasa gatal. 

4. Daun Kemangi.

Daun kemangi memiliki kandungan eugenol dalam jumlah tinggi dan kandungan thymol yang bermanfaat untuk menyembuhkan gatal pada kulit. Cara mengobati gatal dengan daun kemangi ini yaitu dengab menyediakan daun kemangi secukupnya dan seduh pada 2 cangkir air panas. Tutup wadah penyeduhan dan tunggu beberapa menit. Kemudian anda bisa mengoleskannya pada area gatal.

5. Kulit Pisang

Kulit pisang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Caranya yaitu dengan mengerok bagian dalam kulit pisang. Lalu hasil kerokan kulit pisang tersebut oleskan pada area yang terasa gatal. Tunggu hingga kering dan meresap sekitar 10 menitan. Kemudian basuh dan bilas dengan air. Anda bisa mengulanginya hingga 3 kali sehari agar rasa gatal cepat hilang dan tidak datang lagi.

6. Lemon

Buah lemon memiliki sifat antiseptik dan Ka inflamasi. Sehingga berguna untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit yang ampuh. Kandungan asam asetatnya sangat berguna bagi pengobatan. Caranya sediakan dua buah lemon dan dibikin jus. Ambil ekstraknya dan usapkan dengan kapas pada area gatal hingga mengering. Kemudian bilas dengan air hangat dan ulangi hingga dua kali sehari agar lebih optimal.

7. Kunyit, temulawak dan sambiloto

Kombinasi ketiganya bisa digunakan sebagai obat alami dan tradisional untuk menghilangkan rasa gatal yang ampuh. Kombinasi ramuan ini cukup ampuh untuk gatal gatal yang disebabkan oleh alergi. Caranya, siapkan kunyit sebanyak 20 gram, temulawak 30 gram, dan sambiloto 10 gram. Kunyit dan temulawak dikupas, dan cuci ketiga bahan tersebut dilanjutkan dengan merebusnya dengan dua gelas air hingga tersisa segelas air saja. Saring air tersebut dan minum. Dua kali sehari lebih manjur sebagai obat alami dan tradisional untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit.

8. Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini memang banyak khasiatnya, salah satunya adalah bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Caranya yaitu dengan mengambil lendirnya. Bersihkan lidah buaya dan potong menjadi dua bagian, akan ada lendir yang keluar dan oles pada bagian kulit yang terasa gatal. Pemakaian lidah buaya sebagai obat obatan tradisional untuk menghilangkan rasa gatal bisa digunakan 3 kali sehari.

9. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit akibat alergi dengan cuaca dingin. Ada beberapa orang akan merasa kulitnya gatal gatal pada saat cuaca dingin. Cara menghilangkan rasa gatal dengan cuka sari apel yaitu cukup dengan meneteskannya pada area kulit yang terasa gatal.

10. Daun Peppermint

Daun peppermint bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal. Karena daun peppermint bisa mengurangi peradangan atau iritasi. Caranya cukup gampang, yaitu dengan menggosokkan daun peppermint pada bagian kulit yang terasa gatal. Diamkan beberapa saat dan cuci bersih.

11. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh dapat digunakan sebagai obat gatal pada kulit alami selanjutnya. Minyak cengkeh memiliki zat anti radang yang berkhasiat untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Minyak cengkeh mudah didapat pada toko toko obat tradisional dan herbal.



12. Timun

Selain untuk dimakan, mentimun juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Selain menjadi bahan favorit untuk kecantikan area mata, potongan tipis tipis mentimun juga mampu menghilangkan gatal pada kulit dengan cara menempelkannya pada area kulit yang terasa gatal.

13. Kunyit

Rempah rempah yang satu ini juga bisa digunakan sebagai obat alami selanjutnya untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Caranya dengan memarut kunyit dan tambahkan air. Lalu saring sarinya. Celupkan kapas kedalamnya lalu oleskan pada area kulit yang terasa gatal. Biasanya cukup ampuh dan mujarab untuk menghilangkan gatal yang disebabkan oleh alergi.

14. Minyak Kelapa

Kandungan vitamin E pada minyak kelapa memang sangat bagus untuk kulit. Selain itu, kandungannya juga cukup ampuh untuk gatal yang disebabkan oleh alergi.

15. Tanah Liat

Tidak menyangka tanah liat juga mampu menghilangkan rasa gatal pada kulit terutama rasa gatal akibat digigit atau disengat binatang. Caranya campur tanah liat dengan air hingga cair seperti selai. Oleskan pada area yang terasa gatal. Sensasi dingin akan mengurangi gatal.

16. Baking Soda

Berbeda dengan kebanyakan bahan diatas, baking soda digunakan untuk menghilangkan rasa gatal dengan cara mandi. Anda hanya perlu menuangkan baking soda sebanyak tiga sendok makan hingga satu gelas baking soda kedalam bak mandi sesuai kebutuhan. Diamkan beberapa menit, lalu anda bisa mandi dengan menggunakan baking soda yang telah dicampur pada bak mandi berisi air hangat. Cara ini cukup ampuh dan mujarab untuk menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh alergi.

17. Oat Meal

Jika anda tidak memiliki baking soda, maka alternatif penggantinya adalah oat meal. Sama seperti baking soda, oat meal juga digunakan sebagai campuran pada air dalam bak mandi. Oat meal memiliki kandungan vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit termasuk mengurangi rasa gatal.

18. Sari Jeruk Nipis

Sari jeruk nipis bisa digunakan untuk meredakan rasa gatal pada kulit dengan cara mengoleskannya kepada bagian atau area kulit yang terasa gatal.

19. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh sangat efektif untuk menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh jamur, terutama jenis panu. Kandungan dalam belimbing wuluh merupakan musuh dari panu, seperti sulfur, asam format, peroksida, tanin, dan kandungan lainnya. Caranya anda potong sebuah belimbing wuluh menjadi empat bagian. Usapkan belimbing wuluh kepada bagian yang diserang panu selama lima menit dan biarkan hingga mengering dan dibilas hingga bersih.

20. Minyak Goreng vs Garam

Siapa sangka bahan yang ada didapur ini juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit? Ya betuk saja, minyak goreng dan garam merupakan bahan yang wajib ada pada dapur, sehingga sangat mudah digunakan. Caranya yaitu dengan mencampurkan garam secukupnya dengan minyak goreng yang juga secukupnya. Lalu oleskan pada area yang terasa gatal. Cara ini sangat ampuh untuk gatal bagian dalam tubuh, seperti bagian selangkangan dan juga bagian bokong.

21. Petai Cina vs Daun Sirih

Petai cina, bukan hanya merupakan makanan. Tetapi juga bisa digunakan menghilangkan rasa gatal pada kulit. Baik gatal yang disebabkan oleh alergi maupun non alergi. Caranya rebus petai cina dengan campuran daun sirih secukupnya hingga mendidih. Gunakan air rebusan tersebut untuk dioleskan pada bagian tubuh yang gatal dan atau digunakan sebagai air mandi.

22. Ketumbar

Masih dengan seputaran area dapur, ternyata bahan masakan bernama ketumbar juga bermanfaat sebagai obat untuk menghilangkan rasa gatal dan ruam secara alami. Karena ketumbar mengandung kandungan anti radang, anti iritasi dan juga antiseptik, cukup lengkap dan sangat menjanjikan kesembuhan bagi anda yang sedang mencari obat alami penyembuh rasa gatal. Daun dan biji ketumbar sama sama berkhasiat untuk menghilangkan gatal pada kulit. Caranya untuk daun yaitu tumbuk beberapa lembar daun ketumbar tanpa air, lalu oleskan pada daerah kulit yang gatal. Diamkan hingga setengah jam lalu bilas dengan air bersih, lakukan hingga dua kali sehari. Jika anda menggunakan biji ketumbar, maka caranya yaitu dengan mendidihkan secangkir air yang dicampur dengan satu sendok teh ketumbar. Lalu minum airnya ketika sudah tidak terlalu panas lagi, lakukan tiap hari agar khasiat lebih maksimal.

23. Basil vs Bawang

Keduanya mengandung agen antiradang dan antimikroba. Sangat bagus digunakan sebagai obat untuk menghilangkan gatal pada kulit. Caranya yaitu dengan menghancurkan beberapa daun basil dan hancurkan juga dua siung bawang. Anda bisa menambahkan bahan lain sepertu garam dan minyak zaitun. Lalu mengoleskannya pada kulit yang terasa gatal layaknya salep kulit.

24. Kantong Teh

Teh memiliki kandungan bermanfaat untuk meredakan ruam kulit, jadi mengompres kulit yang gatal dengan kantong teh cukup ampuh menghilangkan gatal pada kulit.

25. Putih Telur vs Tepung Jagung

Campurkan 3 butir putih telur dengan tepung jagung hingga berbentuk seperti pasta, oleskan pada area gatal dan diamkan selama setengah jam lalu bilas hingga bersih. Cara ini cukup mujarab untuk menghilangkan gatal pada kulit.

26. Kayu Manis vs Perasan Lemon

Campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dengan satu sendok teh air perasan lemon. Kemudian oleskan pada area kulut yang terdapat ruam dan gatal. Diamkan hingga 15 menit dan bilas sampai bersih. Ini juga mampu menghilangkan rasa gatal pada kulit.

27. Tomat, Air Lemon dan Cabai

Ketiganya mampu berkolaborasi sebagai obat herbal untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Caranya yaitu dengan menghancurkan dua buah tomat campurkan bersama air lemon secukupnya yang juga ditaburi bubuk cabai didalamnya. Oleskan pada area kulit yang gatal. Diamkan hingga kering dan bilas dengan air hangat.




Itulah 27 bahan alami, tanaman alami, bahan herbal dan bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk menghilangkan gatal pada kulit baik yang disebabkan oleh alergi, jamur ataupun non alergi. Semua bahan alami yang disebutkan diatas bisa dijadikan alternatif selain obat berbahan kimia. Untuk hasil kesembuhan, sangat banyak faktor yang mempengaruhi. Terima kasih 

0 komentar