loading...

Wednesday, February 7, 2018

Efek negatif Jangka pendek minum minuman bersoda secara berlebih


Efek negatif Jangka pendek minum minuman bersoda secara berlebih


Infuset - Sesuatu yang berlebih tentu tidak baik. Begitu juga dengan mengonsumsi suatu makanan atau pun minuman. Beragam macam minuman bermerk internasional kini sudah familiar dengan lidah kita yaitu minum minuman yang mengandung soda. Minuman bersoda sangat nyaman dan nikmat jika diminum dalam keadaan dingin.

Tapi dibalik semua itu, minuman bersoda tersebut memiliki dampak buruk atau bisa disebut dengan efek samping atau juga bisa disebut dengan efek buruk, efek negatif, efek bahaya dari minuman bersoda apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan, nah kali ini kita akan membahas seputar hal tersebut. Berikut pembahasannya.

Efek yang ditimbulkan dari minum minuman bersoda secara berlebihan memang tidak begitu saja dirasakan oleh seseorang. Efeknya pun bisa berbeda dari orang satu dengan orang yang lainnya. Efek samping minum minuman bersoda yang dirasakan dalam waktu singkat atau bisa terjadi sesaat setelah meminumnya adalah rasa mual.

Efek buruk minum minuman bersoda tercepat yang dirasa adalah mual yang biasanya disebabkan oleh kandungan gula yang cukup banyak pada kemasan minuman bersoda. Rasa mual biasa terjadi sekitar 10 menit setelah meminum minuman bersoda. Pada tahapan berikutnya sekitar 20 menit setelah minum minuman bersoda, reaksi yang ditimbulkan adalah meningkatnya gula darah.


Kandungan gula didalam minuman bersoda biasanya melebihi batas ambang kebutuhan gula harian. Hal ini kemudian mengakibatkan meningkatnya produksi hormon insulin dalam tubuh untuk merespon gula darah yang tinggi. Hal ini bisa menjadi pemicu anda terkena penyakit diabetea mellitus atau orang awam menyebutnya dengan kencing manis.

Efek buruk selanjutnya yang terjadi adalah peningkatan tekanan darah. Sebagai respon dari kafein dari minuman bersoda yang sudah terserap sepenuhnya oleh tubuh. Hal ini terjadi sekitar 40 menit setelah selesai minum minuman bersoda.

Setelah satu jam minum minuman bersoda, terjadi gangguan pada pencernaan dan penyerapan gizi. Kalsium, magnesium, dan zinc dalam usus akan terikat oleh kandungan zat asam fosfor yang didapat pada minuman bersoda. Padahal kalsium magnesium dan zinc sangat mempengaruhi zat gizi yang lainnya dalam tubuh. Sehingga jika jumlahnya berkurang akibat terikat, maka yang terjadi adalah gangguan pencernaan dan penyerapan gizi menjadi terganggu.

Itu adalah sederet dari efek negatif jangka pendek dari minum minuman bersoda secara berlebihan. Jika efek buruknya dalam jangka pendek saja sudah membuat ngeri, apalagi jangka panjangnya. Untuk efek buruk jangka panjang dari minum minuman bersoda secara berlebih akan dibahas pada artikel terpisah. Salah khilaf mohon maaf, jika artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan share. Terimakasih.

0 komentar