loading...

Thursday, February 15, 2018

10 Obat Asam Urat di apotik


10 Obat Asam Urat di apotik


Infuset - Masih membahas tentang yang namanya Gout atau penyakit asam urat. Artikel ini lebih fokus pada obat asam urat yang dijual di apotik. Obat obatan ini sebenarnya bisa didapat dengan resep dokter, akan tetapi sudah rahasia umum jikalau apotik bisa menjualnya walau tanpa resep dokter sekalipun.

Selain dengan obat obatan, ada baiknya dalam penyembuhan asam urat, hendaknya penderita beristirahat yang cukup, ditambah dengan menghindari sejumlah makanan atau minuman yang mengakibatkan kadar asam urat naik.


Dalam proses pengobatan, hal yang harus diperhatikan adalah hindari benturan benturan pada bagian yang sakit. Mengompres sendi dengan es juga disarankan untuk mengurangi efek nyeri yang diakibatkan oleh penyakit asam urat.

Back to topik, apa obat untuk asam urat yang dijual diapotik? Berikut ini adalah obat asam urat yang dijual di apotik. Anda bisa membelinya untuk sekedar berjaga jaga jikalau asam urat anda kambuh. Obat yang digunakan adalah obat OAINS atau obat antiinflamasi nonsteroid atau disebut juga NSAID yaitu Nonsteroidal anti-inflamatorry drugs.

1. Diclofenac

Diclofenac merupakan obat antiinflamasi nonsteroid yang digunakan untuk meredakan sakit tingkat ringan sampai menengah, selain itu diclofenac juga sebagai obat untuk mengatasi inflamasi atau peradangan. Selain asam urat, obat ini juga bisa digunakan terhadap beberapa penyakit atau keadaan seperti sakit gigi, nyeri punggung, dan rematik. Diclofenac terdiri atas dua jenis, yang satu diclofenac potassium dan yang kedua diclofenac sodium. Untuk meredakan nyeri, biasanya digunakan potassium, karena lebih cepat penyerapannya dan sodium lebih sering digunakan untuk peradangan atau inflamasi karena penyerapannya lebih lambat.

2. Naproxen

Naproxen bisa digunakan sebagai obat asam urat. Selain asam urat, naproxen juga efektif untuk mengobati nyeri saat menstruasi, osteoartritis, dan rematoid arthtritis. Naproxen sangat tidak dianjurkan untuk anda ( wanita ) yang sedang merencanakan kehamilan atau yang sedang hamil terutama yang sudah memasuki trimester akhir.

3. Indometasin

Sama seperti dua obat lainnya diatas, indometasin juga berfungsi sebagai obat pereda nyeri termasuk bisa digunakan sebagai obat untuk asam urat. Selain untuk asam urat, indometasin juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit rematik, nyeri punggung dan nyeri saat mens. Obat ini baiknya dikonsumsi setelah makan. 

4. Etoricoxib

Merupakan obat pereda nyeri yang bisa digunakan untuk mengobati nyeri Asam Urat termasuk rematik dan osteoarthtritis. Sediaan dari etoricoxib berupa tablet. Sangat tidak disarankan mengkonsumsi etoricoxib apabila anda juga mengkonsumsi atau masih dalam pengaruh obatan lain seperti rifampicin, antikoagulan, digoxin dan aspirin.

Nah sedangkan 6 obat selanjutnya merupakan obat obatan generik yang juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit asam urat.

5. Meloxicam

Obat ini merupakan obat generik, obat meloxicam bisa digunakan untuk asam urat. 
Meloxicam ampuh untuk meredakan nyeri pada bagian persendian, selain untuk asam urat, obat ini juga bisa digunakan untuk pengobatan rematoid.

6. Piroxicam

Obat generik selanjutnya yang bisa digunakan sebagai obat asam urat adalah piroxicam. Obat ini bisa diperoleh tanpa resep dan hampir sama cara kerjanya dengan yang lain, yaitu menekan zat yang bernama prostaglandin agar rasa sakit yang dirasa seseorang bisa berkurang atau hilang. 

7. Allopurinol

Bagi yang bekerja di institusi kesehatan pemerintah tentu sudah tidak asing lagi dengan obat ini dan juga dua obat diatas, allopurinol sangat sering diresepkan oleh dokter untuk mengatasi keluhan asam urat pasien. 

8. Ketoprofen

Ketoprofen berbentul salep yang berisi gel. Jadi penggunaannya adalah obat luar. Ketoprofen juga termasuk obat obatan NSAID yang mampu meringankan nyeri akibat asam urat. Cukup dioleskan pada bagian yang terasa nyeri.

9. Probenesid

Obat ini cukup ampuh untuk penyakit asam urat, karena cara kerjanya mengeluarkan asam urat melalui air kencing, dengan cara menghambat reapsorbsi atau penyerapan kembali melalui tubulus proksimal. 

10. Sulfipirazon

Cara kerja obat sulfipurazon sama dengan obat probenesid, pengeluaran asam urat melalui air kencing akan ditingkatkan olehnya. Namun obat ini tidak boleh dikonsumsi bagi oranf yang juga memiliki penyakit tukak lambung dan gangguan fungsi pada ginjal.

Itulah 10 nama obat di apotik yang bisa digunakan untuk penyakit asam urat, dengan berbagai fungsi seperti mengurangi rasa nyeri pada sendi akibat asam urat tinggi, hingga yang berfungsi menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Obat obatan diatas bukan untuk menggantikan fungsi dokter, karena pengobatan yang benar adalah tetap konsultasikan kepada yang ahli. 

Jika artikel 10 obat di apotik ini bermanfaat, silahkan like atau share ke rekan sahabat dan keluarganya, Terimakasih

0 komentar