loading...

Thursday, December 21, 2017

OBAT BATUK YANG BERBAHAYA BAGI ANAK ANAK


OBAT BATUK YANG BERBAHAYA BAGI ANAK ANAK


Infuset - Masih dan lagi lagi artikel batuk setelah beberapa artikel sebelumnya membahas soal batuk dari penyebab batuk dan cara mengatasi batuk untuk bayi dan anak, jenis jenis obat batuk, tips memilih obat batuk,  sampai cara teknik batuk efektif sudah dibahas. Kali ini infuset akan membahas masih seputaran batuk terfokus masalah obat obatan. Ternyata ada obat batuk ampuh tapi berbahaya jika diminum oleh anak anak. Apa itu? Simak ulasannya


BACA JUGA : JENIS JENIS OBAT BATUK

Batuk merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja, kapan saja dan dimana saja, maka dari itu peredaran obat batuk memang tidak sulit untuk dicari dipasaran. Anda bisa membeli obat batuk tanpa resep dokter sekalipun. Nah, diantara obat batuk yang tersedia, Kodein merupakan obat batuk yang berbahaya bagi anak anak. 

Menurut perhimpunan dokter di Amerika, penggunaan obat batuk kodein untuk anak tidaklah tepat. Padahal, kodein merupakan obat batuk handal dan ampuh melawan batuk kering. Efek sampingnya lah yang membuat perhimpunan dokter Amerika membuat pernyataan demikian.

Menurut mereka, kodein sudah lama dihubungkan dengan terjadinya gangguan pernafasan yang fatal pada anak anak. Sehingga tidak ada satu alasan apapun yang membenarkan pemberian obat kodein kepada anak anak. Menurut catatan BPOM-nya Amerika ( FDA ), efek bahaya kodein terjadi pada anak dengan rincian 64 kasus melambaynya frekuensi pernafasan, dan 24 kasus kematian yang mempunyai hubungan dengan obat tersebut. Kejadian fatal biasanya terjadi akibat mendapatkan kombinasi obat parasetamol dengan kodein yang diberikan pada anak paska operasi. Oleh sebab itu, mereka dengan tegas melarang penggunaan kodein untuk anak dibawah umur 12 tahun.
Maka dari itu alangkah baiknya jikalau setiap mengkonsumsi obat apalagi untuk anak, orang tua lebih banyak mencari tau informasi tentang obat obatan kepada yang lebih mengerti tentang obat. Semisal dokter atau apoteker. Semoga bermanfaat artikel ini dan silahkan share jika dianggap perlu. Terimakasih 

0 komentar