loading...

Saturday, December 16, 2017

4 MAKANAN YANG TIDAK BOLEH DIMAKAN MENTAH


4 MAKANAN YANG TIDAK BOLEH DIMAKAN MENTAH


Infuset - Dalam artikel kali ini, kita membahas makanan yang tidak boleh dimakan selagi mentah. Ada beberapa makanan baik buah maupun sayur yang bisa dikonsumsi saat mentah. Karena tidak mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

Apa saja makanan yang tidak boleg dikonsumsi ketika mentah? Mentah pada artikel ini maksudnya adalah belum melewati proses dimasak, bukan mentah dalam artian belum matang. Berikut diantaranya.

1. Kentang

Kentang merupakan bahan pangan populer baik di Indonesia maupun dunia, akan tetapi kentang menyimpan suatu zat yang berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi saat mentah. Zat beracun tersebut bernama Chacocine. Jadi memakan kentang itu perlu melewati proses rebusan atau dikukus maupun digoreng. Kentang siap dikonsumsi.

2. Buncis

Siapa yang mau makan buncis saat mentah? Buncis memiliki kandungan berbahaya bernama Cyanogenis Glycoside. Senyawa tersebut merupakan salah satu asam amino beracun. Akan tetapi untuk menghilangkannya cukup dengan dibersihkan dicuci atau direndam sebelum memasak Buncis.

3. Terong

Ada yang doyan terong? Terong merupakan makanan berbahaya apabila dikonsumsi saat mentah. Dalam terong terdapat kandungan bernama Zolanine yang bisa meracuni usus dan juga sistem syaraf. Mengkonsumsi terong sebelum dimasak juga bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti diare dan mual hingga muntah.

4. Kacang Merah

Kandungan Lectin terdapat pada kacang merah. Kandungan tersebut merupakan kandungan yang berbahaya bagi tubuh manusia. Kandungan Lectin dapat mengakibatkan perasaan mual hingga pusing. Efek tersebut hilang apabila mengkonsumsi kacang merah yang sudah dimasak.

Itulah 4 Makanan yang tidak baik dikonsumsi secara mentah. Memang masih banyak kemungkinan jenis makanan lain, dan apabila anda tau, alangkah baiknya share melalui kolom komentar. Terimakasih.

0 komentar