loading...

Monday, December 4, 2017

MAKANAN UNTUK MEMPERKUAT GIGI ANAK


MAKANAN UNTUK MEMPERKUAT GIGI ANAK


Infuset - Sebagai seorang orangtua, memperhatikan kesehatan gigi adalah salah satu dari tugas utama. Kesehatan gigi pada anak sangatlah tergantung kepada orangtua. Terlalu banyak makan makanan manis, dapat membuat gigi anak menjadi rusak.

Kerusakan gigi pada anak biasanya disebabkan oleh makan makanan yang banyak mengandung gula. Oleh karena itu, selain membimbing anak agar tetap rajin dan rutin membersihkan gigi, ada satu hal lagi yang bisa dilakukan oleh orangtua. Jika ada makanan yang membuat gigi anak rawan rusak, maka sebaliknya ada makanan yang membuat gigi anak kuat.

Berikut daftar makanan yang berguna untuk memperkuat gigi anak

1. Sayur & Buah

Sayur dan buah mempunyai manfaat umum yaitu membuat badan sehat. Selain manfaat umum tersebut, ada juga manfaat khusus yang didapat dari mengkonsumsi sayur dan buah, yaitu memperkuat gigi anak. Sayur dan buah yang membuat gigi anak kuat yaitu melon, pir, seledri dan mentimun. Sedangkan jika anak doyan makan pisang, ajaklah anak membersihkan gigi setelah mengkonsumsinya. Karena pisang mengandung gula konsentrat yang jika dibiarkan akan berdampak buruk bagi gigi si anak.

2. Vitamin C

Pastikan selalu anak anda selalu mendapatkan vitamin terutama vitamin C. Selain mempunyai fungsi mempertahankan daya tahan tubuh, vitamin C yang dikonsumsi oleh anak juga berfungsi sebagai pencegah bertambahnya bakteri dimulut. Selain itu vitamin C juga mencegah terjadinya penyakit gusi karena bakteri dimulut berkurang. Namun selain bermanfaat, vitamin C juga berbahaya bagi gigi apabila tidak dibersihkan. Bersihkan gigi setelah 30 menit mengkonsumsi vitamin C. Itu dikarenakan vitamin C yang ada pada buah bisa secara sementara melemahkan email gigi. Sumber vitamin C dapat diperoleh dari jeruk, kiwi, sayuran hijau, kentang dan lain lain.

3. Kacang dan bijian

Kacang dan biji bijian biasanya mengandung lemak alami yang ketika dikonsumsi akan menutupi gigi dan melindunginya dari serangan bakteri.

4. Susu dan produk olahan lain

Susu dan produk turunannya seperti keju ataupun yoghurt juga berfungsi memperkuat gigi anak. Karena produk susu dan olahan sejenisnya mempunyai kandungan kalsium yang tinggi. Seperti diketahui, kalsium sangat diperlukan untuk kekuatan tulang dan gigi.

Itulah makanan yang bisa dikonsumsi untuk memperkuat gigi anak, selain memiliki fungsi yang lain, ternyata makanan yang disebutkan diatas juga mempunyai fungsi untuk membuat gigi anak kuat. Semoga bermanfaat

0 komentar