loading...

Wednesday, December 20, 2017

CARA TEKNIK BATUK EFEKTIF YANG BENAR


CARA TEKNIK BATUK EFEKTIF YANG BENAR


Infuset - Setelah beberapa artikel sebelumnya membahas tentang penyebab batuk anak dan cara mengatasinya, jenis obat batuk dan tips memilih obat batuk, kali ini kita masih membahas tentang batuk, yaitu tentang cara atau teknik batuk efektif. Apa itu batuk efektif? Yuk simak ulasan singkatnya.



Pengertian Batuk Efektif


Batuk efektif adalah metode atau cara batuj yang benar demi upaya menghemat energi agar tidak lelah dan dapat mengeluarkan dahak dengan maksimal. Jika batuk tidak dilakukan secara efektif, maka kemungkinan akan terjadi kolaps saluran pernafasan, Ruptur dinding alveoli, Pneumothoraks. 

Indikasi Melakukan teknik batuk efektif biasanya dilakukan pada pasien dengan penyakit asma, pasien bedrest, pasca operasi, emphysema dan PPOK. Nah setelah tau sekilas tentang Batuk efektif serta tujuannya, sekarang langsung ke pembahasan bagaimana cara atau teknik melakukan batuk efektif?

Cara Teknik Batuk Efektif yang benar

1. Posisikan badan dengan posisi bersandar dengan leher menunduk.

2. Siapkan alat untuk menampung dahak atau lendir yang akan dikeluarkan

3. Lakukan latihan nafas perut yaitu dengan menarik nafas dalam melalui hidung dan tahan sampai hitungan ketiga, dengan mulut tetap dalam keadaan tertutup

4. Selanjutnya hembuskan nafas perlahan dalam tiga hitungan, lewat mulut dan bibir seperti sedang meniup.

5. Ulangi hingga tiga kali

6. Tetapi pada ketiga kali bukan untuk dihembuskan seperti nomer 4, akan tetapi lakukanlah batuk dengan kuat sebanyak dua kali secara berturut turut tanpa mengambil nafas

7. Lakukan lagi tarikan nafas dalam dan kembali batuk bersamaan dengan mengeluarkan nafas 

Kencangkan otot perut saat melakukan batuk efektif ulangi sampai 5 atau hingga 10 kali dan lakukanlah batuk efektif sampai 3 atau 4 kali periode dalam sehari.

Itulah Cara Teknik Batuk Efektif yang benar, mungkin ada perbedaan penyajian antara blog infuset dengan weblog lain, akan tetapi jika diperhatikan inti dari cara batuk efektif tetaplah sama antara satu dengan yang lain.  Artikel ini menyajikan teknik batuk efektif dari segi pasien mandiri atau yang ingin melakukan sendiri tanpa bantuan perawat atau paramedis lain. Jika artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan share dan terima kasih. 

0 komentar