loading...

Thursday, December 7, 2017

HIDUP DENGAN SATU GINJAL BEGINI CARANYA

HIDUP DENGAN SATU GINJAL BEGINI CARANYA



Infuset - Normalnya, manusia memiliki dua buah ginjal. Namun ada beberapa orang yang hidup dengan hanya satu ginjal. Berbagai sebab dari seseorang hanya memiliki satu ginjal saja, mulai dari cacat bawaan lahir, prosedur operasi akibat satu ginjal rusak, dan atau donor ginjal. Pertanyaannya, mampukah hidup dengan memiliki satu ginjal saja?

Sejatinya hidup hanya dengan satu ginjal saja masih bisa hidup normal. Akan tetapi, bagi beberapa orang lebih rentan terhadap penyakit ginjal. Bagi seseorang yang harus hidup dengan satu ginjal sejak usia dini, akan kehilangan fungsi ginjalnya setelah kurang lebih 25 tahun kemudian. Namun kehilangan fungsi ginjalnya hanya ringan saja. 

Bagi orang yang memiliki satu ginjal saja harus rajin memeriksakan diri ke dokter, terutama pemeriksaan pada ginjalnya. Pemeriksaan dilakukan minimal setahun sekali. Dokter akan memeriksa urin dan melakukan tes darah kepada orang yang hanya memiliki satu ginjal.

Untuk kesehatan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang yang hidup dengan satu ginjal yaitu pola makan yang benar dijaga. Menjaga asupan karbohidrat, lemak, protein, serat dan mineral harus seimbang. Konsultasikan tentang pola makan yang baik kepada ahli gizi.

Olahraga penting bagi kesehatan, akan tetapi ada beberapa olahraga yang hendaknya dihindari oleh orang yang memiliki satu ginjal saja, yaitu olahraga yang termasuk berat, seperti gulat, sepakbola, tinju, beladiri dan lainnya. 

Hal yang diperhatikan lainnya adalah konsumsi air minum, jangan terlalu banyak minum air namun juga jangan sampai kurang. Hendaknya imbang dan sesuai kebutuhan yaitu sekitar delapan gelas perhari. 

Rokok hendaknya juga dihindari, karena dalam merokok akan merusak pembuluh darah dan berakibat tidak lancarnya aliran darah ke ginjal yang hanya satu satunya.

Itulah cara hidup dengan satu ginjal saja. Tidak ada yang tidak mungkin dalam hidup berginjal satu. Tetapo alangkah baiknya bagi yang normal lebih menyayangi ginjalnya. Semoga bermanfaat

0 komentar