loading...

Tuesday, December 26, 2017

21 EFEK BURUK DAN BAHAYA MINUM TEH TERLALU SERING


EFEK BURUK DAN BAHAYA MINUM TEH TERLALU SERING 


Infuset - Kebiasaan minum teh biasa terjadi dikalangan masyarakat akhir akhir ini. Bahkan ada sebagian orang minum teh setiap hari adalah suatu kebutuhan. Tiada hari tanpa minum teh. Padahal kebiasaan tersebut tidak baik untuk kesehatan.

Diwarung kecil hingga sebuah restoran ternama, minuman yangs satu ini tidak pernah absen dari daftar menu minuman, penggemarnya banyak dari yang muda sampai tua baik penyajian dingin maupun panas. Ketika cuaca panas, teh disukai dengan penyajian dingin dan ketika cuaca dingin, teh lebih disukai dengan penyajian panas. Tahukah anda minuman favorit kita tersebut jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan sesuatu yang buruk? Sebelum membahas dampak buruk minum teh terlalu sering, ada baiknya kita ketahui dulu senyawa kandungan pada teh dibawah ini 


Senyawa yang terdapat pada teh :

- Senyawa Cafein
- Asam Amino I-Theanine
- Senyawa Quercetin 
- Zat Fluoride
- Senyawa Myricetin
- Zat Katekin dan Galloutchinc

Setelah mengetahui zat kandungan yang ada dalam teh, mungkin sudah ada bayangan dari kita, jika minum teh secara berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Seperti beberapa gejala awal dari efek minum teh terlalu sering seperti mual, tidak nafsu makan, jantung berdebar hingga susah buang air besar.

Sedangkan efek samping jangka panjang akibat minum teh terlalu sering sudah kami rangkumkan seperti dibawah ini :

1. Kurus

Mungkin kurus banyak penyebabnya, tetapi ternyata salah satunya bisa diakibatkan oleh kebanyakan minum teh. Mengapa demikian? Makan dengan dibarengi minum teh membuat nutrisi gizi dan zat besi tidak dapat sepenuhnya  diserap tubuh, hal tersebut diakibatkan oleh zat asam amino i-theanine yang terdapat pada daun teh. Zat asam amino i-theanine menunda penyerapan zat besi dari makanan. Jadi minum teh setelah makan, sangat tidak dianjurkan

2. Gigi Kusam Keropos

Penyebab gigi kusam dan keropos bisa dari teh. Warna pekat khas teh tentunya jika dikonsumsi secara berlebih akan membuat gigi berubah warna cenderung kusam. Selain itu teh yang dikonsumsi secara berlebih akan mengakibatkan gigi keropos.

3. Gangguan Janin

Pada ibu hamil, hindarilah minum teh secara berlebihan. Karena kandungan kafein didalam teh jika dikonsumsi berlebih maka mengakibatkan kontraksi dan penegangan pada rahim secara berulang dan bisa akibatkan kelahiran prematur.

4. Resiko Batu Ginjal

Senyawa oxalate pada teh jiuka dikonsumsi secara berlebih akan beresiko terjadinya penumpukkan pada jaringan ginjal. Mengendap dan akan menyebabkan batu ginjal.

5. Picu Maag

Maag banyak sebabnya salah satunya yaitu dari teh. Bagi penderita maag, hindari minum teh disaat perut kosong. Teh akan mengakibatkan peningkatan asam lambung dan memicu terjadinya maag.

6. Picu Osteoporosis

Salah satu efek buruk kebanyakan minum teh lainnya yaitu resiko terkena osteoporosis. Hal ini karena terjadinya penumpukan zat kalsium dan akhirnya terbuang percuma melalui urin. Sebuah studi mengatakan bahwa berlebihan dalam minum teh akan mengakibatkan suatu plek yang menempel pada tulang dan lama lama membuatnya keropos.

7. Picu tumbuhnya Kanker

Kanker menjadi salah satu efek buruk minum teh terlalu sering. Hal ini mungkin bisa terjadi pada teh celup. Zat klorin yang terdapat pada kertas pembungkus teh celup. Jika terlalu banyak yang larut dan hal tersebut terjadi secara terus menerus ada kemungkinan memicu tumbuhnya sel kanker.

8. Picu Penyakit Jantung

Minum teh secara berlebihan akan memicu penyakit jantung, hal tersebut diakibatkan oleh teh yang diminum terlalu banyak hingga akibatkan penyumbatan pada pembuluh arteri jantung.

9. Tubuh Kurang Cairan

Minum teh sangat tidak direkomendasikan pada saat sahur. Karena teh mempunyai zat yang bersifat diuretik yang memicu pengeluaran urin secara berlebihan. 

10. Hambat Sirkulasi Darah

Terlalu sering minum teh dapat mengakibatkan cafein dan polifenol mengkristal pada aliran darah dan menyumbatnya. Sehingga akan menyulitkan darah membawa oksigen.

11. Insomnia

Sama seperti kopi, teh juga memiliki kandungan kafein, apabila terlalu sering minum teh. Maka kandungan kafein juga semakin banyak, dan dapat menyebabkan susah tidur atau biasa disebut Insomnia.

12. Kualitas dan Kuantitas ASI menurun

Efek buruk minum teh secara berlebihan juga bisa diterima oleh ibu menyusui. Lagi lagi zat kafeinlah sebagai penyebabnya.

13. Sakit Kepala

Bahaya minum teh terlalu sering berikutnya yaitu sakit kepala. Anda bisa merasakan sakit kepala akibat terlalu banyak minum teh dalam sehari, saraf saraf sekitar kepala akan menegang dan melebar akibat terlalu banyak minum teh.

14. Sakit Tenggorokan

Minum teh yang terlalu manis dan dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan sakit tenggorokan hingga radang.

15. Kanker Prostat

Lelaki yang terlalu banyak minum teh hingga 7 gelas sehari dapat terkena penyakit Kanker Prostat. Semua diakibatkan kandungan teh yang berupa kafein dan Klorin yang menumpuk pada jaringan kelenjar prostat. 

16. Diare Semakin Parah

Bagi yang lagi diare sangat tidak dianjurkan minum teh apalagi secara berlebihan. Karena seluruh senyawa dalam teh meningkatkan volume air dalam jaringan pencernaan.

17. Resiko Diabetes

Bagi yang suka minum teh yang manis dalam jumlah banyak dan sering, tentu akan meningkatkan resiko penyakit kencing manis atau dikenal dengan diabetes.

18. Serangan Radikal Bebas

Es teh dengan pemanis buatan kini mulai jamak diperjualbelikan. Hal ini bisa membuat serangan radikal bebas lebih tinggi dan bisa akibatkan berbagai penyakit.

19. Kerusakan Jaringan Hati

Kandungan kafein dan beberapa senyawa lainnya yang terdapat pada teh jika dikonsumsi dapat mengakibatkan kerusakan pembuluh darah sekitar hati, menimbulkan iritasi dan penyumbatan aliran darah menuju hati. Akibatnya hati tidak bekerja secara optimal.

20. Anemia Pada Ibu Hamil

Ibu hamil memang sering terjadi anemia, apabila ditambah dengan minum teh secara berlebihan, akan memperparah anemia. Karena zat besi yang seharusnya diterima dan diserap justru terbuang melalui urin akibat minum teh yang terlalu sering

21. Anemia pada Wanita saat Menstruasi

Hampir sama dengan poin 20 diatas, minum teh terlalu sering akan mengakibatkan anemia pada wanita yang sedang masa haid. 

Itulah 21 efek buruh dan bahaya minum teh secara berlebihan, sebenarnya minum teh juga memiliki khasiat dan perlu diingat, apa saja yang dikonsumsi secara berlebihan pasti tidak baik bagi kesehatan. Maka dari itu minumlah teh secukupnya jangan terlalu sering sehingga badan kita terjauh dari hal hal serta penyakit yang tidak diinginkan.

Apabila menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada rekan, sahabat anda salah khilaf mohon maaf. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.




0 komentar