loading...

Sunday, December 31, 2017

19 EFEK BURUK DAN BAHAYA MINUM KOPI TERLALU SERING




19 EFEK BURUK DAN BAHAYA MINUM KOPI TERLALU SERING

Infuset - Kopi merupakan salah satu minuman favorit di Indonesia bahkan diseluruh dunia. Minuman kopi memang pas disajikan dengan berbagai hidangan. Cocok tua maupun muda, penggemar kopi ada dimana mana, akan tetapi jika kopi dikonsumsi secara berlebihan mempunyai dampak buruk bagi tubuh peminumnya.

Efek dari terlalu sering minum kopi pun juga tergolong banyak, mulai dari efek yang ringan hingga efek yang buruk bagi kesehatan. Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas 21 efek buruk dan bahaya minum teh terlalu sering , sekarang kita akan membahas efek buruk dan bahaya minum kopi terlalu sering seperti yang akan kita bahas dibawah ini.

Efek Buruk dan Bahaya Minum Kopi terlalu sering

1. Masalah Perut

Iritasi akan terjadi jika anda terlalu sering minum kopi, iritasi terjadi pada bagian usus keci diakibatkan oleh banyaknya kandungan senyawa kafein dan kandungan asam yang terdapat pada kopi. Selain iritasi, efek samping lainnya dari kebanyakan minum kopi adalah penyakit seputar perut seperti sembelit dan kram perut hingga maag.

2. Jantung

Jantung dalam keadaan berbahaya jika anda mempunyai riwayat penyakit jantung, apabila anda yang berpenyakit jantung meminum banyak kopi maka akan beresiko serangan jantung yang diakibatkan oleh kafein yang terlalu banyak. Kafein dapat membuat jantung berdetak lebih kuat.

3. Insomnia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa efek samping minum kopi adalah hilangnya rasa kantuk. Itu akan membuat anda menjadi Insomnia atau susah tidur hanya dengan segelas kopi sehari. Bayangkan jika anda meminum kopi lebih dari segelas dalam sehari, apalagi diminum pada malam hari.

4. Daya tahan tubuh turun

Melemahnya daya tahan tubuh bisa disebabkan oleh terlalu sering minum kopi. Lagi lagi penyebabnya adalah kandungan kafein yang terdapat pada kopi. Kafein memiliki sifat menyerap vitamin, mineral dan cairan tubuh. Maka dari itu daya tahan tubuh seorang pecandu kopi bisa menurun.

5. Penyerapan Makanan Terganggu

Jika diatas tadi dijelaskan bahwa kandungan vitamin mineral akan diserap oleh kafein, maka kali ini sumber dari vitamin pun akan bernasib sama. Kafein menyebabkan rangsangan pada peristaltik yang akan membuat makanan cepat masuk kedalam usus sehingga tidak terserap dengan baik oleh tubuh.

6. Resiko Stroke

Kebanyakan minum kopi juga akan menimbulkan resiko terkena penyakit stroke, Kopi akan meningkatkan kadar trigliserida dan kolesterol. Keadaan tersebut akan membuat tersumbatnya aliran darah akibat menyempitnya pembuluh darah dan berujung dengan penyakit stroke.

7. Panas Dalam

Kopi mengganggu esofagus bagian bawah dilanjutkan dengan munculnya asam klorida yang membuat seorang pecandu kopi menderita panas dalam.

8. Stres

Meminum kopi dan menikmatinya sambil bersantai mungkin akan membuat sebagian orang rileks. Tetapi bagi seseorang yang meminum terlalu banyak kopi akan berpotensi merasa stres. Senyawa pada kopi akan meningkatkan hormon kortisol, epinefrin, dan norepinefrin. Hal ini membuat tubuh akan merasakan stres.

9. Resiko Osteoporosis

Osteoporosis atau tulang rapuh bisa diakibatkan oleh efek samping minum kopi terlalu sering. Pada poin diatas dijelaskan kopi akan menyerap vitamin hingga mineral, hal ini berdampak pada tulang yang akan kekurangan mineral sehingga kepadatan tulang berkurang dan beresiko osteoporosis.

10. Bagi Ibu Hamil

Bahaya kopi bagi wanita terkhusus Bagi ibu hamil yang pecandu kopi, maka akan membahayakan sang calon buah hati hingga keguguran. Kafein menyerang plasenta sirkulasi darah dan detak jantung janin. 

11. Masalah Gigi

Bahaya Kopi jika diminum sering juga berimbas pada gigi anda. Gigi akan mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap.

12. Sering BAK

Buang air kecil ( BAK ) akan lebih sering akibat sifat kopi yang diuretik. Kafein meningkatkan aliran darah ke ginjal yang berimbas pada meningkatnya produksi urin.

13. Mandul

Walaupun jarang terjadi tetapi tidak menutup kemungkinan ini terjadi pada wanita yang akan berkurang kesuburannya akibat berlebihan mengkonsumsi kopi.

14. Dehidrasi

Ini merupakan imbas dari efek bahaya minum kopi poin 12 diatas, meningkatnya produksi urin akan membuat anda lebih sering mengunjungi kamar kecil untuk buang air kecil sehingga anda akan kekurangan cairan

15. Gangguan Penglihatan

Efek samping kopi pada poin ini berlaku pada penderita glaukoma. Pengaruh akibat kafein akan menyebabkan peningkatan tekanan pada bola mata dan tekanan intra ocular.

16. Wajah berkerut

Jika ada yang menyebutkan kopi merupakan antioksidan itu benar, tetapi kita saat ini sedang membahas efek dari terlalu sering minum kopi. Jika minum kopi dalam jumlah berlebihan, bukan mustahil kopi akan menyebabkan kerutan diwajah anda. Akibat pada poin 14 yaitu dehidrasi, jika tidak diimbangi dengan asupan cairan, maka kulit akan sering kekurangan cairan dan berakibat mudah berkerut.

17 . Kanker

Bahaya minum kopi berlebihan selanjutnya adalah kemungkinan timbulnya kanker bahkan hingga dua sekaligus yaitu kanker ovarium pada wanita dan kandung kemih. Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah penelitian oleh Physicians Commitee For Responsible Medicine.

18. Sakit Mens Lebih Tinggi

Ini adalah bahaya kopi bagi wanita yang selanjutnya. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi kopi secara berlebihan oleh seorang wanita akan mengalami sebuah kelainan pada sistem reproduksi yang disebut dengan Endometriosis yaitu wanita akan merasakan sakit lebih tinggi saat mens dibanding wanita lain yang tidak seorang pecandu kopi.

19. Pembuluh darah membesar

Pada poin diatas ada menyebutkan penyempitan pembuluh darah akibat banyak minum kopi, pada poin ini justru sebaliknya. Pembuluh darah membesar akibat dampak minum kopi. Tergantung ketahanan tubuh dari seseorang.

Itulah 19 efek buruk dan bahaya minum kopi terlalu sering, efek tersebut tentu akan berbeda beda dialami seorang pecandu kopi. Namun yang perlu menjadi sebuah catatan , sesuatu tidak akan berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Seperti minum kopi justru akan mempunyai manfaat jika dikonsumsi dalam batas wajar. Semoga berguna dan terimakasih.

0 komentar