loading...

Monday, December 11, 2017

BATASAN KONSUMSI GULA HARIAN


BATASAN KONSUMSI GULA HARIAN


Infuset - Gula tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari hari. Gula penting bagi tubuh, tetapi gula dalam kadar banyak membahayakan kesehatan. Nah, seberapa banyak gula yang boleh dikonsumsi? Berikut ulasannya.

Berdasarkan penelitian, jumlah konsumsi gula yang masih diperbolehkan yaitu sekitar 8 sendok teh setiap hari atau sekitar 50 gram. Jumlah yang disebutkan tersebut adalah gula tambahan bukanlah gula dari kandungan pada buah buahan dan sayur mayur.

Batas konsumsi gula tersebut untuk mencegah seseorang menderita penyakit diabetes, penyakit jantung, ataupun obesitas yang disebabkan oleh gula. Bagi anda yang sudah menderita penyakit tersebut, alangkah baiknya jika mengkonsumsi makanan kemasan melihat kandungan gula yang terdapat pada balik kemasannya.

Mengendalikan kadar gula bisa dengan cara sebagai berikut :

1. Konsumsi Makanan yang tepat

Makanan asli atau bukan olahan adalah yang terbaik. Hindari makan karbohidrat saja, alangkah bijaknya jika mengkonsumsi makanan yang seimbang.

2. Olahraga

Olahraga yang teratur mampu menjaga kadar gula diambang batas normal. Olahraga membantu sel sel otot mengambil glukosa dan merubahnya menjadi energi.

3. Hindari Stres

Stres mampu meningkatkan kandungan kadar gula. Karena stres mengakibatkan peningkatan pelepasan kortisol atau hormon stres.

4. Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup membuat badan anda jauh dari stres. Tidur terlalu sedikit mengakibatkan terganggunya sekresi insulin. 

5. Cek Gula Darah

Tidak ada salahnya dalam pengecekan kesehatan termasuk mengecek kadar gula. Apabila kita mengetahui secara cepat suatu masalah kesehatan, tentu akan mudah dalam mengatasinya sebelum terlambat.

Itulah pembahasan singkat tentang Gula Darah. Semoga kita sehat selalu. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

0 komentar