loading...

Thursday, December 7, 2017

9 TIPS MENJAGA KESEHATAN GINJAL


9 TIPS MENJAGA KESEHATAN GINJAL




Infuset - Ginjal merupakan organ penting didalam tubuh dan haruslah dijaga kesehatannya. Fungsi ginjal yaitu sebagai sistem ekskresi. Didalam tubuh, normalnya manusia memiliki dua buah ginjal. Berat sebuah ginjal rata rata dan kurang lebih sekitar 200 gram. Sedangkan untuk ukurannya sekitar 10 cm.

Letak ginjal manusia terdapat di daerah bagian tengah punggung tepat dibawah tulang rusuk. Ginjal mengandung sekitar sejuta nefron ( saringan darah yang kecil ). Dewasa ini, banyak perilaku manusia yang acuh dengan kesehatan ginjalnya. Padahal, jika ginjal rusak, kesehatan anda akan terganggu, keuangan terganggu karena perawatan mahal, bahkan umur semakin pendek atau bahasa kasarnya ginjal rusak kematian menghampiri.


Sebelum kita membahas tentang tips menjaga kesehatan ginjal, kita membahas dulu beberapa fungsi ginjal dibawah ini :

Fungsi Ginjal 

Ginjal memiliki peran penting sebagai penyaring darah. Darah perlu disaring dan semua darah dalam tubuh akan disaring beberapa kali selama seharian penuh. Ketika darah disaring oleh ginjal, maka air kencing atau urin tercipta. Urin tercipta dari zat sisa dan kelebihan cairan dalam tubuh. 

Selain sebagai penyaring darah, ginjal juga berfungsi sebagai penyaring racun yang masuk kedalam tubuh. Membuang racun, membuang garam berlebih, dan urea yang terbentuk dari limbah mengandung nitrogen yang didapat metabolisme sel selesai. Urea  tersebut akan diangkut lewat darah menuju ginjal. Tanpa adanya ginjal, racun tersebut menumpuk di dalam darah.

Selain dua hal diatas, ada lagi beberapa fungsi ginjal yang lainnya seperti menghasilkan bentuk aktif dari vitamin D yang diperlukan oleh tulang, menjaga konsentrasi mineral, menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh, mengatur sel darah merah, mengatur tekanan darah dan tingkat garam didalam darah serta sebagai pemantau dan pengendali keseimbangan air didalam tubuh.

Setelah mengetahui betapa vitalnya fungsi ginjal dalam tubuh, tentu dibenak anda akan terfikir untuk menjaga kesehatan ginjal. Kini kita akan membahas tentang bagaimana sih tips menjaga kesehatan ginjal yang benar? Berikut tipsnya :

Tips menjaga kesehatan ginjal

1. Atur pola makan

Namanya tips kesehatan, apapun itu pasti tidak tertinggal bagian mengatur pola makan, itu juga menjadi tips dalam menjaga kesehatan ginjal. Mengkonsumsi buah dan sayur tanpa pupuk kimia jelas akan membuat ginjal menjadi sehat. Karena ginjal tidak akan terbebani menyaring kandungan racun yang ada akibat pupuk kimia. Selain itu, jauhi makanan yang bersifat asin atau kandungan garam berlebih, makanan sehat seperti ikan dan daging tanpa lemak sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal anda.

2. Aktif Bergerak

Aktif bergerak dan berolahraga termasuk tips kesehatan yang cukup umum untuk kesehatan organ tubuh, termasuk ginjal anda akan menjadi sehat jika anda aktif bergerak.

3. Perhatikan berat badan

Berat badan berlebih akan membuat kerja ginjal menjadi lebih berat dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan proporional. 

4. No Drugs No Smoking

Ini juga termasuk dari tips umum menjaga kesehatan, dengan berperilaku No Drugs No Smoking akan membuat organ dalam tubuh sehat termasuk ginjal salah satunya.

5. Tekanan Darah

Salah satu pemicu penyakit ginjal adalah tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat mengakibatkan penyakit ginjal. 

6. Minum Air Putih Cukup

Minun air putih yang kurang, selain mengakibatkan dehidrasi, juga mengakibatkan hal fatal terhadap ginjal. Maka dari itu hendaknya minum air putih 8 gelas sehari atau sesuai kebutuhan. 

7. Hindari Minum Obat Obatan Kimiawi

Obat adalah penawar sakit, pembunuh virus atau bakteri dan lain lain. Tetapi dibalik fungsinya itu, obat juga membuat kinerja ginjal menyaring bahan kimia dalam tubuh menjadi lebih berat. Maka dari itu, dari pada kesehatan bergantung pada obat,  mending menjaga kesehatan agar tidak sakit. Jangan sakit sedikit langsung minum obat, seperti flu yang sebenarnya tidak perlu minum antibiotik. Lebih baik menjaga imunitas tubuh.

8. Kontrol Kadar Gula

Penderita diabetes atau kencing manis memiliki kadar gula diatas normal biasanya memiliki kemungkinan komplikasi. Termasuk komplikasi penyakit gagal ginjal. 

9. Perkisa Kondisi Urin

Hampir sebagian besar gejala penyakit ginjal dapat diketahui dari urin. Oleh karena itu perhatikan perubahan warna urin atau kuantitas buang air kecil.

Itulah 9 tips yang dapat dirangkum sebagai tips menjaga kesehatan ginjal. Karena menjaga kesehatan lebih mudah dibandingkan mengobati. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

0 komentar