loading...

Thursday, March 22, 2018

Uji Kompetensi Perawat ! Bagaimana sih rasanya ?

Uji Kompetensi Perawat ! Bagaimana sih rasanya ?



Infuset - Uji kompetensi perawat sudah sejak tahun 2013 dilaksanakan. Dengan maksud menyaring bibit bibit unggul lulusan akademi perawat atau sarjana perawat, hal itu kadang membuat adik adik yang baru lulus atau mau lulus kuliah menerka nerka bagaimana sih rasanya Uji kompetensi perawat.

Menurut yang pernah dan sudah menjalani Ukom Perawat, kesibukan akan dimulai pada akhir pekan, karena kegiatan ukom perawat biasanya dilakukan akhir pekan.

Baca Juga : Lowongan Kerja Perawat Tanpa STR 

Kesibukan ukni ukom atau uji kompetensi perawat dimulai pada hari jumat atau tepatnya sehari sebelum penyelenggaraan ujian dimulai. Jumat biasanya dilakukan untuk acara briefing, pengenalan lokasi ujian hingga pembagian kartu ujian. Dimana briefing ini wajib diikuti oleh seluruh peserta ujian kompetensi perawat.

Apabila tidak diikuti, biasanya akan ada sangsi sangsi tersendiri, entahlah apa sangsinya yang jelas jangan sampai tidak mengikuti briefing karena esok harinya anda akan bingung untuk melakukan ujian, bingung dimana letak ruangan, letak duduk, dan lain-lain.

Keesokan harinya tepat biasanya pada hari sabtu, peserta berdatangan pada pagi hari untuk yang terdaftar pada jadwal pagi. Sebelumnya memasuki ruang karantina dimana seluruh barang ditinggal, bahkan barang seperti tas, dompet hingga jam tangan harus dititip diruangan karantina. Hanya diri, pakaian dan kartu identitas yang akan dibawa kedalam ruang ujian. Selain itu masih ada keringanan seperti air mineral yang plastik merk nya dikelupas, serta obat obatan penting mungkin masih diijinkan dibawa kedalam ruangan.

Untuk yang terdaftar pada jadwal siang, biasanya harus berhadir sejam sebelum ujian siang dimulai, para peserta siang harus masuk karantina, dan selepas peserta pagi selesai dan pulang, maka peserta siang akan masuk ruangan. Intinya para peserta pagi tidak akan bertemu apalagi tatap muka dengan peserta siang. Soal uji kompetensi yang berjumlah 180 soal dengan waktu 180 menit siap untuk dijawab.

Jika peserta yang melakukan uji kompetensi perawat cukup banyak, maka biasanya hari minggu juga digunakan untuk kelompok selanjutnya dengan prosedur yang sama dengan yang hari sabtu.

Satu hal yang menurut kami menjadi kekurangan adalah sistem hasil dari ujian harus menunggu selama kurang lebih sebulan. Harap-harap cemas melanda para perawat muda. Padahal, ujian yang melalui komputerisasi, biasanya akan cepat mengetahui hasil akhir bahkan tes PNS pun bisa cepat mengetahui hasil. Jawaban dikumpulkan, hasil langsung diketahui. Perawat juga ingin seperti itu.



0 komentar