loading...

Sunday, March 25, 2018

SEGUDANG MANFAAT BUAH SEMANGKA UNTUK KESEHATAN

SEGUDANG MANFAAT BUAH SEMANGKA UNTUK KESEHATAN 




Infuset - Buah semangka merupakan buah favorit khususnya di Indonesia. Buah semangka sering sekali menjadi hidangan penutup disegala jamuan. Disukai tua maupun muda, buah semangka memiliki berbagai manfaat bagi tubuh dan kesehatan manusia. Buah yang memiliki nama inggris watermelon ini memiliki khasiat seperti dalam hal diet, untuk kesehatan kulit dan juga untuk ibu hamil. Apa saja manfaat dan khasiat semangka? Berikut ulasannya.

Manfaat Buah Semangka


1. Untuk kesehatan Jantung & Tulang

Buah Semangka mengandung sumber likopen yang beperan besar dalam menjaga kesehatan organ penting yaitu jantung. Selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, buah semangka juga bermanfaat bagi tulang karena kandungan likopen didalamnya. Likopen memelihara kesehatan jantung dan mempertahankan kepadatan tulang dengan mempercepat penyerapan kalsium dalam tubuh.

2. Sumber Nutrisi Tulang & Sendi

Manfaat buah semangka yang selanjutnya adalah sebagai sumber nutrisi tulang dan sendi, karena Semangka mengandung sumber kalium. Kalium pada semangka berperan mempertahankan kalsium didalam tubuh. Sehingga sendi dan tulang akan lebih sehat dan kuat.

3. Mata Menjadi Sehat

Manfaat buah Semangka yang ketiga adalah Mata menjadi lebih sehat, karena buah semangka memiliki kandungan betakaroten yang akan diubah didalam tubuh menjadi vitamin A. Seperti yang kita ketahui, Vitamin A merupakan vitamin utama yang dapat menutrisi dan meningkatkan kesehatan organ mata. Selain itu, mengonsumsi buah Semangka bisa mencegah penyakit yang disebabkan karena usia seperti penyakit katarak dan penyakit rabun pada orang lanjut usia.

4. Menyehatkan Ginjal

Manfaat buah Semangka lainnya adalah untuk kesehatan ginjal. Buah Semangka memiliki kandungan air yang banyak, hal ini akan membantu meningkatkan aliran urin. Organ ginjal akan terjaga kesehatannya karena aliran urine yang keluar sangat lancar dan tidak mengalami masalah berarti.  Selain itu, buah Semangka juga membantu membuang racun dalam hati sehingga meringankan sistem kerja organ ginjal.

5. Mencegah Dehidrasi

Sudah diketahui kandungan semangka adalah air yang banyak. Oleh karena itu, buah semangka mempunyai manfaat sebagai buah yang dapat mencegah dehidrasi. Dehidrasi merupakan salah satu jenis kelainan yang disebabkan karena tubuh kekurangan asupan air mineral. Kekurangan air bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah, tidak bertenaga dan kurangnya konsentrasi. 

6. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Selain manfaat umum diatas, ternyata buah semangka juga memiliki manfaat khusus jika di konsumsi oleh ibu hamil, seperti menghilangkan keluhan pagi ibu hamil yang sering disebut morning sickness. Mengonsumsi semangka akan menimbulkan rasa segar dan menenangkan yang berasal dari buah semangka. Selain itu, manfaat buah semangka untuk ibu hamil juga dirasakan oleh janin. Buah semangka diperkaya juga dengan kalium, seperti dijelaskan pada poin manfaat buah semangka nomer 2, di mana kalium itu sendiri berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Hal ini akan menjadikannya sangat bermanfaat dalam proses pembentukan tulang janin.

7. Bermanfaat Untuk Diet

Seperti yang sudah disinggung pada paragraf awal, buah semangka juga bermanfaat untuk seseorang yang sedang diet. Kandungan asam amino citruline yang terdapat dalam buah semangka ternyata sangat efektif untuk mengatasi lemak yang menumpuk didalam tubuh. Senyawa ini didapatkan dari semangka setelah dirubah oleh organ ginjal dan menjadi arginin. Kemampuan senyawa ini akan jauh lebih baik lagi ketika sudah menjadi arginin sehingga menyebabkan tubuh melemahkan sel lemak yang terdapat didalam tubuh dan larut dalam saluran pengeluaran.

8. Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit akan berimbas pada kecantikan. Ini merupakan hubungan yang tidak bisa dipisahkan. Ternyata semangka juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Itu berarti buah semangka berkhasiat untuk kecantikan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan air dan juga kolagen pada buah semangka. Kolagen merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga elastisitas kulit. Semangka juga bermanfaat untuk kulit karena mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C adalah jenis vitamin yang membantu tubuh dalam menyerap kolagen sehingga membuat kulit menjadi lembut. Selain itu semangka yang penuh air akan memenuhi kebutuhan air untuk memelihara sel kulit yang mengonsumsinya.
Selain manfaat diatas, untuk kecantikan juga bisa memakaikan buah semangka sebagai masker wajah. Masker buah semangka akan membuat kulit wajah akan tampak lebih bersih dan putih. 

Itulah segudang manfaat yang didapat oleh tubuh ketika mengonsumsi buah semangka, ada yang bermanfaat untuk organ dalam, kulit dan kecantikan, diet, hingga manfaatnya untuk ibu hamil dan janin. Terimakasih dan silahkan share jika artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa pada Tips Kesehatan lainnya.

0 komentar