loading...

Tuesday, March 6, 2018

CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI PERAWAT 2018 ( keperawatan jiwa ) 12

CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI PERAWAT ( KEPERAWATAN JIWA ) 12

edited by Muhammad Imron,S.Kep,Ns





Infuset - Contoh soal uji kompetensi perawat 2018 , Kisi kisi soal uji kompetensi perawat , soal ukni terbaru , soal ukom ners , soal uji kompetensi perawat D3 , Soal Ukom D III , UKNI , Soal Uji kompetensi Perawat Ners 2018 2019 2020 terbaru dengan kunci jawaban , pdf Soal Uji Kompetensi keperawatan 2018 beserta kunci jawaban.

Dilarang Keras mengcopy paste kedalam website / blog lain ! Artikel ini Hanya untuk pembelajaran Mahasiswa / i calon perawat yang sedang mencari referensi contoh soal uji kompetensi.



SOAL UJI KOMPETENSI PERAWAT COPYRIGHT 2018 INFUSET.BLOGSPOT.COM / CO.ID

1. Seorang wanita berusia 40 tahun dibawa oleh suaminya ke rumah sakit jiwa. Menurut suami bahwa istrinya itu sudah satu minggu ini diikat di tempat tidur karena sering marah-marah tanpa alasan yang jelas, memukul anak atau suaminya yang tidak melakukan kesalahan, bahkan pernah mengancam ingin membakar rumahnya sendiri. Setelah dilakukan pemeriksaan diperoleh hasil klien tampak gelisah, mondar mandir, tatapan mata tajam, marah-marah dengan suaminya, TD 140/90 mmHg, nadi 85 x/menit, RR 30 x/menit, serta klien tampak tidak rapi dan bersih.

Pertanyaan soal

Apakah diagnosa keperawatan yang utama pada kasus di atas?

Pilihan Jawaban

a. Resiko mencederai diri, orang lain dan lingkungan
b. Depisit perawatan diri
c. Perilaku kekerasan 
d. Isolasi sosial 
e. Halusinasi 


2. Seorang laki-laki berusia 36 tahun dibawa oleh polisi ke rumah sakit jiwa karena mengamuk di tempat umum dan memukul orang yang ada di dekatnya. Hasil pengkajian diperoleh bahwa laki-laki tersebut mengalami perilaku kekerasan sejak di PHK dari tempat kerjanya sebulan yang lalu dan tidak lama setelah itu ia bercerai dengan istrinya. 

Pertanyaan soal

Apakah rentang respon marah yang tepat pada kasus di atas?

Pilihan Jawaban

a. Pasif
b. Amuk
c. Asertif
d. Agresif 
e. Frustasi

3. Seorang wanita berusia 38 tahun di rawat diruang tulip rumah sakit jiwa. Alasan ia dibawa oleh keluarganya adalah karena ia menutup diri dan diketahui telah 1 bulan ini mengkonsumsi ganja atau kadang shabu-shabu. Saat dikaji sekarang klien tampak sering diam dan duduk menyendiri, berbicara sendiri, serta tidak mau mandi. Menurut klien, ia mendengar ada yang melarangnya untuk mandi karena nanti bisa mati dan melihat anaknya yang pernah di aborsi 1 tahun yang lalu.


Pertanyaan soal

Apakah masalah keperawatan yang utama pada kasus di atas?

Pilihan Jawaban

a. Isolasi sosial 
b. Risiko bunuh diri
c. Harga diri rendah 
d. Halusinasi penglihatan
e. Risiko perilaku kekerasan

4. Laki-laki berusia 40 tahun dirawat di ruang rawat inap kelas II rumah sakit jiwa. Klien dibawa oleh keluarganya karena ia sering mengamuk dirumah apabila keinginannya tidak terpenuhi. Saat ini ia sudah berada di rumah sakit jiwa selama 2 bulan dengan masalah keperawatannya saat ini adalah risiko perilaku kekerasan. Oleh tim perawat yang bertugas merawatnya, saat ini ia sudah dilakukan intervensi strategi pelaksanaan tindakan keperawatan pertemuan yang keempat 


Pertanyaan soal

Apakah fokus intervensi keperawatan pada kasus di atas?

Pilihan Jawaban

a. Teknik napas dalam dan batuk efektif
b. Mengontrol marah dengan refreshing
c. Cara marah secara visual dan non visual
d. Aktifitas fisik; memukul benda yang lunak
e. Melatih klien untuk minum obat secara mandiri

5. Seorang wanita berusia 20 tahun di rawat inap rumah sakit jiwa daerah sejak 3 bulan yang lalu dengan alasan lebih senang menyendiri dan membatasi komunikasi dengan orang lain. Saat dilakukan pengkajian klien tampak tidur dengan posisi janin, menghindari cahaya, senang menyendiri, membatasi interaksi dengan orang lain, TD 120/95 mmHg, nadi 80 x/menit, RR 20 x/menit. 


Pertanyaan soal

Apakah masalah keperawatan utama pada kasus di atas?

Pilihan Jawaban

a. Defisit perawatan diri
b. Halusinasi dengar
c. Harga diri rendah
d. Risiko bunuh diri
e. Isolasi sosial



Referensi Soal :

Kusumawati, Farida dan Yudi Hartono. (2010). Buku ajar keperawatan jiwa. Salemba Medika. Jakarta.

Keliat, Budi Anna, dan Akemat. (2009). Model praktik keperawatan profesional jiwa. EGC. Jakarta.



Kunci Jawaban "Contoh Soal Uji Kompetensi Perawat (keperawatan jiwa) 12"



1. Kunci =  C
2. Kunci =  B
3. Kunci =  D
4. Kunci =  E
5. Kunci =  E

Dilarang Keras mengcopy paste kedalam website / blog lain ! Artikel ini Hanya untuk pembelajaran Mahasiswa / i calon perawat yang sedang mencari referensi contoh soal uji kompetensi.

0 komentar