loading...

Sunday, June 3, 2018

BAHASAN LENGKAP ASAM URAT : NILAI NORMAL ASAM URAT, GEJALA ASAM URAT TINGGI, HINGGA PENGOBATANNYA


BAHASAN LENGKAP ASAM URAT : NILAI NORMAL ASAM URAT, GEJALA ASAM URAT TINGGI, HINGGA PENGOBATANNYA




Infuset - Asam urat adalah salah satu penyakit populer di Indonesia. Data cakupan penderitanya pun tak kenal status sosial. Asam urat bisa menyerang kalangan bawah hingga kalangan atas. Lantas, sudah kenal kah anda tentang asam urat? Artikel kali ini akan membahas tentang asam urat. Mulai dari gejala asam urat, tips mencegah asam urat, pengobatan dan pantangan penderita asam urat. Berikut ulasannya


Pada hakikatnya, asam urat itu berbeda dengan rematik. Ditekankan seperti itu, karena banyak orang awam menganggap sama kedua penyakit tersebut. Padahal asam urat berbeda dengan rematik

Asam urat menurut bahasa Inggrisnya disebut dengan uric acid. Uric acid adalah senyawa turunan purina, untuk bahasa medis disebut dengan gout. Penyakit asam urat (gout) terjadi karena konsumsi zat purin yang berlebihan. Purin didalam tubuh akan diolah menjadi asam urat. Namun, jika masukkan asam urat berlebihan, maka akan membuat ginjal kewalahan untuk mengeluarkannya. Sehingga akan terjadi penumpukan kristal kristal asam urat dipersendian yang berujung pada bengkak, nyeri dan radang pada sendi. Kadar normal asam urat dalam tubuh pria berbeda dengan wanita, untuk kadar normal asam urat pria adalah 3,4 - 7,0 mg/dl. Sedangkan untuk kadar normal asam urat bagi wanita adalah 2,4 - 5,7 mg/dl.

Oke, sebelum kita lanjut membahas penyakit asam urat, sampai disini pasti sudah muncul pertanyaan tentang apa dan bagaimana sih zat purin itu?

Purin adalah zat yang terdapat pada seluruh makanan yang berasal dari makhluk hidup. Secara mekanismenya, ketika kita memakan suatu makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup, maka zat purin yang terdapat didalamnya akan berpindah kepada diri kita. Selain fakta tersebut, zat purin juga ditemukan dibeberapa sayur dan buah. Jadi faktanya adalah, purin akan sulit dihindari. Lantas bagaimana menghindari penyakit asam urat? Simak terus ya ulasannya.

Sebelum membahas cara agar terhindar dari penyakit asam urat, alangkah baiknya kita mengetahui dulu tentang penyebab dari penyakit asam urat. Seperti yang sudah dijabarkan diatas, kristal yang terbentuk akibat uric acid yang banyak, akhirnya mulai menusuk-nusuk sendi penderita asam urat. Hal ini akan menyebabkan rasa nyeri. 

Ada penyebab penyakit asam urat selain faktor makanan. Faktor tersebut adalah faktor genetika. Suatu faktor yang tidak bisa kita mengelaknya. Karena faktor keturunan ini tidak mungkin untuk dicegah. Seseorang yang mempunyai keluarga dengan penyakit asam urat, besar kemungkinan akan terkena juga penyakit asam urat. Untuk makanan pantangan atau makanan yang harus dihindari penderita penyakit asam urat diantaranya adalah jeroan, hidangan laut dan daging merah. Untuk lebih jelasnya tentang makanan pantangan atau makanan yang harus dihindari penderita penyakit asam urat, bisa dibaca pada artikel kami terdahulu


Selanjutnya kita akan membahas tentang gejala dari penyakit asam urat. Apa saja tanda dan gejala seseorang terkena penyakit asam urat? Simak ulasannya dibawah ini

Gejala paling umum yang mendera pada penderita asam urat adalah nyeri pada sendi dan bengkak yang terpusat pada bagian kaki. Puncak nyeri biasanya dirasakan pada malam dan pagi hari.

Gejala lain dari penyakit asam urat adalah sendi terasa keras atau merasa susah untuk digerakka. Merasa kaku dan mati rasa.

Setelah mengetahui gejala gejala asam urat tinggi tersebut, maka munculah pemikiran, bagaimana cara mencegah itu terjadi. Muncul pula keingintahuan tentang tips mencegah penyakit asam urat. 

Tips atau cara mencegah penyakit asam urat pada intinya menghindari makanan minuman pantangan yang sudah pernah kami bahas yaitu :
1. Menghindari makanan yang mengandung zat purin tinggi
2. Perbanyak konsumsi air putih
3. Hindari meminum minuman keras
4. Hindari minum kopi berlebih
5. Konsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi
6. Jaga pola makan agar terhindar dari kegemukan
7. Mengkonsumsi vitamin tambahan bila diperlukan
8. Rajin beraktifitas fisik atau berolahraga

Untuk yang sedang mencari referensi obat atau pengobatan penyakit asam urat tenang saja. Karena kami sudah pernah membahasnya pada artikel sebelum-sebelumnya. Metode pengobatan asam urat terbagi menjadi dua, yaitu dengan metode obat-obatan herbal yang merupakan bahan alami, dan juga dengan metode obat-obatan kimiawi yang biasanya bisa kita dapatkan pada toko obat atau apotik terdekat. Berikut dua link artikel yang membahas obat untuk penyakit asam urat tinggi tersebut :



Last, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Perilaku dan gaya hidup serta pola makan yang baik adalah kunci dari terhindarnya dari beberapa penyakit termasuk penyakit asam urat yang telah kita bahas diatas.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan apabila dirasa perlu untuk dibagikan, silahkan share kepada teman ataupun kerabat anda. Terimakasih


0 komentar