loading...

Monday, June 18, 2018

8 Efek Buruk Minum Sambil Berdiri Menurut Ilmu Kesehatan


8 Efek Buruk Minum Sambil Berdiri Menurut Ilmu Kesehatan

pixabay.com


Infuset - Bagi umat muslim, mungkin sudah mengetahui adanya himbauan dari Nabi tentang jangan minum sambil berdiri apalagi berjalan. Secara logika zaman itu, masih belum diketahui tentang dampak kesehatan yang terjadi apabila minum sambil berdiri. Kali ini kita akan membahas dampak kesehatan jika seseorang melakukan aktifitas minum sambil berdiri. Berikut ulasannya

Dampak Negatif Minum Air Sambil Berdiri


1. Gangguan Pencernaan

Dampak buruk yang pertama dari minum air sambil berdiri adalah gangguan pada pencernaan. Jika anda minum dalam keadaan duduk maka sistem saraf dan otot tubuh anda berada dalam kondisi rileks dan lebih cepat mencerna air dengan campuran makanan yang anda konsumsi. Namun tidak dengan keadaan berdiri, saat minum sambil berdiri proses tersebut menjadi lebih lambat. Selain itu, jika anda minum air dengan keadaan berdiri yang terjadi adalah guyuran air yang masuk akan lebih keras menghantam bagian usus dan dinding lambung. Hal ini lama kelamaan kurang baik untuk usus dan pencernaan.

2. Kerusakan Ginjal

Minum sambil berdiri juga dapat menyebabkan hal yang fatal. Dampaknya bisa terjadi pada organ ginjal anda. Minum sambil berdiri membuat kerja ginjal kuranf optimal dalam menyaring air yang masuk. Sehingga kotoran yang harusnya tersaring jika minum dalam keadaan duduk, justru akan menumpuk pada ginjal atau kandung kemih. Dalam jangka waktu panjang hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada organ ginjal anda.

3. Resiko Artritis

Artritis adalah radang pada sendi. Minum sambil berdiri meningkatkan resiko terkena artritis. Hal ini terjadi karena minum air sambil berdiri akan menyebabkan ketidakseimbangan cairan yang ada dalam tubuh. Menurut situs luar negri yang menjelaskannya, minum air sambil berdiri menyebabkan gangguan keseimbangan cairan tubuh yang kemudian mengakibatkan  penumpukan cairan pada sendi dan terjadinya radang sendi.

4. Sakit Perut

Minum sambil berdiri juga dapat mengakibatkan sakit perut. Mengapa hal demikian bisa terjadi? Ketika posisi sesorang yang berdiri, kemudian minum air maka tenggorokan mengerut dan mengalami penyempitan dan mengakibatkan makanan sulit dicerna. Akhirnya, perut akan terasa nyeri.

5. Asam Lambung Naik

Minum sambil berdiri juga berakibat pada asam lambung naik. Tekanan air saat minum sambil berdiri cukup keras dibanding saat duduk. Hal ini mengejutkan bagian saluran (spincter) yang menuju ke lambung. Sehingga memicu asam lambung naik atau biasa disebut dengan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Akibatnya, sensasi panas dalam perut bisa saja terjadi. 

6. Kurang Optimal dalam menghilangkan haus

Ternyata minum air sambil berdiri juga kurang optimal dalam menghilangkan haus. Hal ini dikarenakan air yang masuk terlalu menyebar kemana-mana dan tidak cepat terserap tubuh.

7. Jantung terkena efeknya

Jantung juga terkena efek dari perilaku buruk yang satu ini. Air minum yang masuk dalam keadaan berdiri bisa saja menabrak serabut otot jantung.

8. Warna Urine

Minum sambil berdiri juga dapat mempengaruhi warna air kencing (urine) anda. Menurut sebuah website, minum sambil berdiri mengakibatkan warna urine menjadi lebih gelap. Padahal, warna urine bening adalah warna urine yang sehat.


Itulah 8 efek buruk minum air sambil berdiri yang dapat kita jabarkan, semuanya bersumber dari pendapat dan penilaian dari para ahli. Semoga bermanfaat dan mulai sekarang, biasakan minum air sambil duduk. Terimakasih.

0 komentar