loading...

Tuesday, June 5, 2018

CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI PERAWAT ( KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH ) 16

CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI PERAWAT ( KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH ) 16

edited by Muhammad Imron,S.Kep,Ns


Infuset - Artikel ini diperuntukan untuk mereka yang sedang mencari referensi soal uji kompetensi perawat, atau biasa disebut dengan Ukom, Ukni, Ukners. Semua sama saja. Intinya mereka sedang ingin belajar untuk menghadapi persiapan menjawab 180 soal dalam 180 menit.

Hal tersebut mendasari kami untuk menerbitkan kisi kisi soal uji kompetensi perawat dengan harapan berguna untuk bahan pembelajaran. Ukom perawat yang diadakan pada tahun 2018 memang berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika kami tidak salah, pada tahun sebelum sebelumnya uji kompetensi perawat diadakan 2 kali dalam setahun. Sedangkan 2018 diadakan 3 kali dalam setahun.

Sudah ratusan contoh soal ukom perawat yang telah kami terbitkan pada blog ini. Kami memisahkannya perartikel dengan 5 buah soal beserta kunci jawabannya. Ada satu artikel yang diisi lebih dari 5 soal. Ibarat kata artikel tersebut special edition. Pada artikel tersebut kami tidak membagikan 5 soal, akan tetapi 30 soal sekaligus yang terdapat didalam 1 artikel saja. Dibawah ini adalah link dari artikel tersebut


Soal Uji Kompetensi Perawat


1. Seorang laki-laki usia 40 tahun, dirawat di rumah sakit karena jatuh dari kendaraan. Pada  pemeriksaan fisik pinggul kanan terjadi deformitas, edema pada pinggul kanan, terdapat nyeri dan spasme otot. Hasil ronsen menunjukkan adanya fraktur pada pinggul kanan. 


Pertanyaan soal:
Apakah Intervensi keperawatan kolaboratif yang tepat?

Pilihan jawaban:
a. Analgetik
b. Antibiotik
c. Vitamin D
d. Antipiretik
e. Anti Konvulsan

2. Seorang wanita usia 45 tahun, dirawat di rumah sakit dengan keluhan nyeri sangat kuat dan bengkak pada pergelangan kaki kanan, nyeri bertambah saat kaki digerakkan. Aktivitas dibantu oleh keluarga. Hasil ronsen menunjukkan adanya fraktur pada pergelangan kaki kanan. 

Pertanyaan soal:
Apakah prioritas masalah keperawatan pada kasus diatas?

Pilihan jawaban:
a. Kerusakan mobilitas fisik
b. Kerusakan neurovaskuler
c. Intoleran aktivitas
d. Risiko infeksi
e. Nyeri akut

3. Seorang laki-laki, usia 60 tahun, dirawat di rumah sakit dengan keluhan nyeri hebat dan bengkak pada sendi jari kaki, berwarna merah gelap, gerakan sendi terbatas, rasa panas pada sendi, demam.  

Pertanyaan soal:
Apakah intervensi keperawatan kolaboratif untuk mengatasi masalah utama pada kasus diatas?

Pilihan jawaban:
a. Berikan suplemen sendi
b. Ukur tanda-tanda vital.
c. Berikan analgetik
d. Batasi pergerakan 
e. Kompres dingin

Dilarang Keras mengcopy paste kedalam website / blog lain ! Artikel ini Hanya untuk pembelajaran Mahasiswa / i calon perawat yang sedang mencari referensi contoh soal uji kompetensi.

4. Seorang laki-laki berusia 35 tahun, dirawat di ruang perawatan luka bakar dengan keluhan nyeri pada daerah luka bakar. Hasil pemeriksaan fisik: luka bakar berwarna merah kehitaman hingga area sub kutan pada daerah leher kiri dengan ukuran 5 x 3 cm, luka merah pucat pada regio abdomen dekat umbilikus memanjang dengan ukuran 15 x 2 cm. Suhu :37,8◦C, Frekuensi Nadi :90x/menit, Frekuensi nafas:26x/menit , Tekanan Darah: 110/80 mmhg.

Pertanyaan soal
Berapakah derajat luka bakar tersebut?

Pilihan Jawaban

a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

5. Pada saat pengkajian luka pasien, perawat menemukan karakteristik  luka tampak 10% mengalami granulasi , dan terdapat 40% slough dan 50% jaringan nekrosis yang masih mengeras. Pertanyaan soal
Apakah jenis  balutan dalam perawatan luka  yang harus di pilih perawat?

Pilihan Jawaban 
a. Kalsium alginat
b. hidrokoloid 
c. stomahesiv
d. hydrogel
e. foam

Kunci Jawaban "Contoh Soal Uji Kompetensi Perawat (keperawatan medikal bedah) 16"


1. Kunci Jawaban = A
2. Kunci Jawaban = E
3. Kunci Jawaban = C
4. Kunci Jawaban = C
5. Kunci Jawaban = D


Menemukan artikel ini dipencarian google, berarti anda mengetikkan salah satu dari kata kunci berikut :

Contoh soal uji kompetensi perawat, contoh soal UKOM, soal uji kompetensi perawat, kisi-kisi soal uji kompetensi perawat, uji kompetensi perawat d3, uji kompetensi perawat ners, soal ukom ners, soal ukom perawat d3 / d III, dan berbagai kata kunci lainnya.

Mohon share jika keberadaan artikel ini berguna bagi rekan lainnya. Semoga bermanfaat dan Lulus Uji Kompetensi Perawat.



0 komentar