loading...

Thursday, June 21, 2018

6 Penyakit yang meningkat dan diwaspadai saat Musim Kemarau



6 Penyakit yang meningkat dan diwaspadai saat Musim Kemarau




Infuset - Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas tentang penyakit yang sering muncul pada saat musim hujan, sekarang kita akan membahas kebalikannya yaitu tentang penyakit yang sering muncul atau kejadiannya pada saat musim kemarau atau panas. Apa saja penyakit musim kemarau tersebut? Yuk simak ulasannya


Penyakit yang sering muncul pada saat musim kemarau atau panas


1. ISPA

Penyakit yang sering muncul pada saat musim kemarau atau panas yang pertama adalah ISPA. ISPA adalah singkatan dari Infeksi Saluran Pernafasan Atas. Sering salah kaprah dengan penyebutan Akut untuk kepanjangan dari ISPA. Saat musim kemarau tiba, seseorang akan menjadi banyak berkeringat, sering kekurangan cairan dan menggantikannya dengan minuman yang super dingin. Musim kemarau juga membuat air bersih berkurang. Sehingga konsumsi air yang tercemar debu debu bisa dikonsumsi. Kondisi ini bisa merangsang terjadinya iritasi pada saluran Pernafasan. Selain hal diatas, terjadinya ISPA juga bisa disebabkan oleh alam. Dimana saat kemarau seringnya terjadi kebakaran lahan. Membuat asap yang mencemari lingkungan. Sehingga asap membuat sesak dan terjadinya infeksi pada saluran pernafasan.

2. Diare

Ternyata diare juga bisa meningkat saat musim kemarau tiba. Hal ini bisa disebabkan oleh air yang kotor akibat debu dan lain lain pada musim kemarau tiba, sehingga sangat berpotensi menjadi kejadian luar biasa.

3. Sakit Mata

Sakit mata menjadi penyakit berikutnya yang jumlahnya akan bertambah jika saat musim kemarau. Udara kering, debu, asap, membuat mata iritasi dan menyebabkan sakit mata. Menghindarinya bisa dengan menggunakan kaca mata, atau berkendara dengan selalu menutup kaca helm atau kaca jendela pada mobil.

4. Asma

Sesak nafas karena asma juga kemungkinan besar akan meningkat, mengingat debu dan partikel polusi asap ketika kemarau meningkat. Sehingga ada kemungkinan terjadinya sesak nafas karena asma juga ikut meningkat.

5. Penyakit Kulit

Pada musim kemarau, ternyata juga bisa membuat kejadian penyakit kulit bertambah akibat buruknya kualitas air. Mulai dari gatal-gatal, infeksi, dan juga jamur.

6. Kolera

Penyakit kolera bisa menjadi banyak saat musim kemarau tiba. Ini juga diakibatkan dari kualitas air yang dikonsumsi sangat buruk. Perilaku saat musim kemarau, kebanyakan orang akan jajan es atau jajanan pinggir jalan yang tidak terjamin kebersihan air minunnya. Bisa saja airnya sudah terkontaminasi berbagai bakteri dan bibit penyakit lainnya.

Itulah enam penyakit yang kemungkinan besar akan sering muncul pada saat musim kemarau atau panas tiba. Sumber dari penyakit diatas tersebut hampir keseluruhan diakibatkan oleh air yang kurang bersih dan juga masalah udara yang buruk. Setelah mengetahuinya, diharapkan agar kita bisa menjaga kesehatan dikala mulai memasuki musim kemarau tiba. Terimakasih

0 komentar