loading...

Saturday, June 16, 2018

Penyakit yang sering muncul Pasca Lebaran


Penyakit yang sering muncul Pasca Lebaran

viva.co.id


Infuset - Lebaran atau hari raya, bagi kebanyakan orang biasanya menjadi ajang pesta makan. Banyak makanan spesial dan istimewa diolah sedemikian rupa sebagai bentuk syukur dan suka cita. Makanan serba lezat terhidang secara beruntun membuat kalap mata hingga kita menyantapnya tanpa mempertimbangkan akibatnya. Banyak yang beranggapan hal itu sebagai bentuk "balas dendam" karena sebelumnya makan minumnya "dibatasi".


Namun, pasca lebaran biasanya keluhan sakit pun meningkat akibat perilaku buruk tersebut. Salah satunya pelayanan kesehatan masyarakat akan mendapatkan pasien pasien dengan keluhan khas pasca lebaran. Berikut kita rangkumkan berbagai penyakit yang sering muncul pasca lebaran tersebut.

Penyakit Pasca Lebaran


1. Sakit Perut

Sakit perut merupakan penyakit pasca lebaran paling populer nomer satu. Sakit perut merupakan tanda bahwa ada yang salah dengan lambung anda. Sakit perut bisa menyerang akibat makan terlalu banyak atau porsi yang berlebihan, sakit perut juga bisa diakibatkan oleh makan makanan yang pedas. Maka dari itu tidak salah jika kami menempatkan sakit perut sebagai nomer satu dari penyakit pasca lebaran.

2. Diare

Iya, diare merupakan penyakit lanjutan dari sakit perut tadi. Diare bisa terjadi karena makan makanan yang tidak higienis, terkontaminasi bakteri, hingga makan makanan yang super pedas. Jika Sakit perut hingga mengalami diare, segera atasi dengan benar.

3. Maag

Masih seputar sakit perut. Maag merupakan efek dari buruknya perilaku seseorang ketika lebaran. Makanan yang tersaji bukan untuk dihabiskan dalam sekali waktu. Banyak makanan yang masuk pada saat lebaran bisa memicu asam lambung anda naik. 

4. Kolesterol Tinggi

Makanan lezat lebaran biasanya tidaklah menyehatkan tubuh. Banyak makanan lezat khas lebaran yang berpotensi menaikkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh. Makanan tersebut seperti opor ayam, ayam goreng, dan lain sebagainya.

5. Gula Darah Tinggi

Sama seperti kadar kolesterol dalam tubuh yang meningkat, biasanya akibat makanan khas lebaran yang serba manis manis akan membuat kadar gula darah anda meningkat dan beresiko hiperglikemi.

6. Penyakit lain

Selain lima penyakit diatas, masih ada beberapa penyakit lain yang bisa kambuh akibat buruknya pola dan perilaku makan pasca lebaran, seperti penyakit darah tinggi atau hipertensi, hingga diabetes.

Sepele namun kadang terlupa hingga terlena, ajang yang seharusnya menyenangkan, bisa berujung dengan kesehatan yang menurun akibat perilaku makan anda pasca lebaran. Puasa itu menyehatkan, dan jangan rusak kesehatan anda dalam sehari saja. 

Artikel ini bukan melarang anda menikmati makanan khas lebaran, akan tetapi hanya menyarankan untuk membatasi porsi makanan khas lebaran tersebut agar anda terhindar dari berbagai penyakit yang kemungkinan muncul pasca lebaran. Terimakasih



0 komentar