loading...

Thursday, May 3, 2018

KUMPULAN ISTILAH DALAM DUNIA MEDIS ( KEPERAWATAN, KEBIDANAN, KEDOKTERAN, KEFARMASIAN ) ABJAD I

KUMPULAN ISTILAH DALAM DUNIA MEDIS ( KEPERAWATAN, KEBIDANAN, KEDOKTERAN, KEFARMASIAN ) ABJAD I



Infuset - Berikut ini kami akan mengumpulkan berbagai istilah medis dengan Definisi atau Pengertian-nya. Istilah medis kali ini akan berawalan dari huruf I, semoga bermanfaat dan apabila ada istilah medis lain yang belum tertulis, harap maklum, silahkan isi komentar dan kami akan menambahkan istilah medis berawalan huruf I secara berkala, terimakasih. Pengertian dibawah ini berdasarkan hasil referensi internet dan bukan sebagai pengganti definisi menurut ahli.



Istilah Medis yang berawalan huruf I

Ibuprofen - adalah nama obat golongan anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) yang digunakan untuk meredakan nyeri dan mengurangi demam. Obat Ibuprofen memiliki rumus kimia C13H18O2.

Ikterik - adalah  kata sifat dari Ikterus (Jaundice), perubahan warna kuning pada kulit, selaput lendir, dan bagian putih mata yang disebabkan oleh peningkatan jumlah bilirubin dalam darah.

ICU / ICCU - adalah layanan rumah sakit yang memberikan asuhan keperawatan secara terkonsentrasi dan lengkap pada ruangan khusus. Unit ini memiliki tenaga perawat yang terlatih khusus dan berisi peralatan pemantauan dan dukungan khusus untuk pasien yang membutuhkan perawatan dan observasi intensif dan komprehensif, karena syok, trauma, atau kondisi yang mengancam jiwa.

Ikterus Neonatal - adalah warna kuning pada kulit dan pada putih mata (sklera) bayi baru lahir yang disebabkan oleh jumlah produk pemecahan bilirubin berlebihan, karena imaturitas fisiologis hati.

Imunisasi - adalah suatu proses pada seseorang atau hewan menjadi terlindungi terhadap penyakit. Istilah ini sering digunakan bergantian dengan vaksinasi atau inokulasi.

Imunitas - adalah penurunan kerentanan terhadap penyakit tertentu. Imunitas didapatkan melalui paparan bentuk ringan dari bakteri, virus, atau parasit, yang mungkin sebagai hasil dari vaksinasi atau paparan alami. 

Impotensi - adalah ketidakmampuan yang konsisten untuk mempertahankan ereksi yang cukup untuk melakukan hubungan intim atau ketidakmampuan untuk mencapai eja_kulasi, atau keduanya.

Imunoglobin - adalah yang kita kenal sebagai antibodi, merupakan protein yang ditemukan dalam cairan dan darah yang diproduksi oleh sel-sel dari sistem kekebalan tubuh untuk mengumpulkan zat dalam tubuh yang dikenali sebagai antigen asing (misalnya virus atau bakteri) untuk dihancurkan.

Inang - adalah atau biasa disebut host, merupakan adalah organisme di mana parasit hidup dan mendapatkan makanan.

Incest - adalah aktivitas sek_sual antara anggota keluarga yang sama. Hubungan ini mungkin bersifat tidak sukarela dan mengarah pada masalah emosional dan psikologis yang sama seperti pada pelecehan

Infark Miokard - adalah pada umumnya dikenal sebagai serangan jantung, terjadi ketika sekelompok otot jantung mati karena penyumbatan mendadak dari arteri koroner (trombosis koroner). 

Infeksi - adalah masuk dan berkembangnya agen infeksi ke dalam tubuh seseorang atau hewan. 

Infiltrasi - adalah  bocornya cairan atau obat-obatan ke jaringan, yang dapat menyebabkan pembengkakan.

Infertilitas - adalah kegagalan pasangan untuk hamil setelah satu tahun memiliki hubungan intim yang teratur tanpa kontrasepsi.

To be continue...

0 komentar