loading...

Thursday, May 17, 2018

TIPS PUASA UNTUK IBU HAMIL


TIPS PUASA UNTUK IBU HAMIL


Infuset - Puasa adalah salah satu kewajiban umat muslim. Islam merupakan agama mayoritas penduduk Indonesia. Maka dari itu disaat bulan Ramadhan, tua muda, anak-anak hingga ibu hamil juga ikut berpuasa. Berpuasa dalam agama islam yaitu menahan hawa nafsu dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Kira-kira sekitar 10 menitan sebelum adzan subuh hingga magrib tiba.

Jika di Indonesia, itu berarti menahan nafsu sekitar 12 jam +. Menahan nafsu, termasuk menahan makan dan minum. Oleh karena itu perut akan kosong selama itu. Menurut berbagai penelitian didunia kesehatan, berpuasa menyehatkan. Namun bagaimana jika yang berpuasa adalah ibu hamil yang notabene harus memenuhi asupan untuk bayi / janin yang ada dalam kandungan. Adakah cara atau tips benar dan sehat untuk ibu hamil berpuasa?

Jika anda atau atau kerabat hingga istri anda sedang dalam keadaan hamil, tetapi tetap ingin berpuasa, hendaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak memberikan efek buruk bagi ibu hamil dan calon bayi yang dikandung.

Kami sudah merangkumnya untuk anda perhatikan, agar puasa ibu hamil berjalan dengan lancar dan kehamilan sang ibu baik baik saja. Berikut tips puasa untuk ibu hamil.


Tips Puasa Ibu Hamil


1. Konsultasikan kepada Ahli

Menurut agama, ibu hamil yang tidak memungkinkan untuk berpuasa diberi keringanan untuk tidak berpuasa dan mengganti dihari lain (saat sudah melahirkan), tetapi jika ibu hamil tetap ingin berpuasa ada baiknya konsultasikan dahulu kepada dokter atau bidan. Dimana dua profesi inilah yang bisa menganalisa kesehatan anda secara umum dan terkhusus kesehatan sang calon bayi.

Dengan ibu hamil berpuasa, sebenarnya tidak membuat sang jabang bayi kekurangan asupan gizi. Hal tersebut dikarenakan bayi dalam kandungan mendapatkan asupan makanan dari plasenta melalui aliran darah. 

2. Berbuka dan Sahur dengan Makanan Terbaik

Setelah anda merasa tenang karena poin pertama (diizinkan para ahli berpuasa), maka poin kedua yang harus ibu hamil patuhi jika ingin berpuasa adalah tetap makan makanan terbaik untuk kehamilan pada saat berbuka puasa dan sahur.

Makanan sehat untuk ibu hamil diantaranya adalah sebagai berikut :

Prinsip 4 sehat 5 sempurna juga berlaku untuk ibu hamil, yaitu

- karbohidrat : didapat dari nasi, roti, kentang dan lain sebagainya

- sayur mayur

- buah buahan

- protein : daging ayam, daging sapi, telur, tempe, tahu dan lainnya

- susu : produk susu, keju, ataupun susu khusus untuk ibu hamil

3. Hindari Stres

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil memiliki kadar hormon stres yang tinggi. Oleh karena itu, agar kesehatan ibu dan janin terjaga saat berpuasa adalah dengan menghindari stres. 

4. Hindari Dehidrasi berlebih

Selama berpuasa, seseorang akan kehilangan cairan dalan tubuh atau biasa disebut dengan dehidrasi. Padahal, dehidrasi membahayakan ibu hamil. Oleh karena itu, jika ibu sedang hamil dan ingin berpuasa, alangkah baiknya mengurangi hal-hal yang memperparah tingkat dehidrasi seperti berada pada ruangan yang dingin agar tidak bekeringat berlebih, dan atau tidak melakukan kegiatan-kegiatan berat yang mengakibatkan kekurangan cairan semakin parah. Minumlah saat berbuka hingga sahur dengan porsi cukup.

5. Syarat Asupan Aman berpuasa

Pada dasarnya, ada kadar atau tingkatan asupan yang harus dipenuhi ibu hamil jika berpuasa, yaitu kebutuhan nutrisi tercukupi sekitar 2500 kilo kalori perharinya. Dimana proporsinya karbohidrat 50%, protein hewani 30%, dan lemak 20%.

Karbohidrat berupa nasi, dan lainnya sudah dijelaskan diatas, untuk protein hewani bisa didapat dari ikan, telur atau daging, sedangkan lemak bisa didapat dari jenis kacang-kacangan.

6. Cukupi Kebutuhan Folic Acid

Folic Acid atau biasa disebut dengan Asam Folat, merupakan unsur penting untuk kehamilan. Asam folat diperlukan agar mengurangi resiko anak yang lahir cacat. Berhubung sedang berpuasa, maka ibu hamil harus diingatkan agar jangan lupa mengkonsumsi Makanan yang mengandung asam folat seperti pada sayuran hijau. Namun bagi yang rutin memeriksakan kandungan kepada petugas kesehatan biasanya sudah diberikan pil folic acid.



0 komentar