loading...

Wednesday, May 2, 2018

KUMPULAN ISTILAH DALAM DUNIA MEDIS ( KEPERAWATAN, KEBIDANAN, KEDOKTERAN, KEFARMASIAN ) ABJAD H

KUMPULAN ISTILAH DALAM DUNIA MEDIS ( KEPERAWATAN, KEBIDANAN, KEDOKTERAN, KEFARMASIAN ) ABJAD H


Infuset - Berikut ini kami akan mengumpulkan berbagai istilah medis dengan Definisi atau Pengertian-nya. Istilah medis kali ini akan berawalan dari huruf H, semoga bermanfaat dan apabila ada istilah medis lain yang belum tertulis, harap maklum, silahkan isi komentar dan kami akan menambahkan istilah medis berawalan huruf H secara berkala, terimakasih.

Istilah Medis yang berawalan huruf H


Hematokrit - adalah proporsi volume darah yang terdiri dari sel darah merah. Tingkat hematokrit atau (HCT) dinyatakan dalam persentase.

Hematologi - adalah spesialisasi medis yang berkenaan dengan studi mengenai darah, jaringan yang menghasilkan darah, kelainan, penyakit, dan gangguan yang berkaitan dengan darah.

Hematoma - adalah kumpulan darah diluar pembuluh darah, biasanya terdapat dimana dinding pembuluh tertusuk atau mengalami trauma.

Hemoglobin / Haemoglobin - adalah pigmen pembawa oksigen dan protein utama dalam sel darah merah.

Hemoglobin A1c - adalah tes yang menunjukkan jumlah rata-rata gula dalam darah selama tiga bulan terakhir. Biasanya juga disebut dengan HbA1c.

Hematrosis - adalah perdarahan didalam sendi

Hemodialisa / Hemodialisis - adalah sebuah prosedur medis yang menggunakan mesin khusus (mesin dialisis) untuk menyaring produk limbah dari darah dan mengembalikan kandungan normal darah. Orang awam menyebutnya sebagai cuci darah.

Hemoragik - adalah menunjukkan bukti perdarahan; infeksi tertentu (demam berdarah) mengakibatkan hilangnya darah dan cairan tubuh.

Hemofilia - adalah penyakit keturunan dimana orang yang menderitanya tidak menghasilkan faktor pembekuan darah yang cukup dan rentan terhadap perdarahan yang berkepanjangan.

Heparin - adalah nama obat yang sering diberikan dan terus-menerus melalui intravena bertujuan untuk mengencerkan darah sehingga kecenderungan penggumpalan darah berkurang dari sebelumnya.

Hepatitis - adalah suatu penyakit, peradangan hati yang kadang-kadang menyebabkan kerusakan secara permanen. Hepatitis disebabkan oleh virus, obat-obatan, atau alkohol.

Hepatitis Akut - adalah tahapan awal infeksi virus hepatitis. Dalam HCV, hepatitis akut mengacu pada 6 bulan pertama terjadinya infeksi virus.

Hepatitis A - adalah nama penyakit virus yang menyerang organ hati, terutama ditularkan melalui jalur fekal-oral

Hepatitis B - adalah nama penyakit yang menyerang organ hati dan disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV) yang ditularkan lewat darah, tetapi juga dapat ditularkan secara sek_sual atau dari ibu ke anak

Hepatitis C - adalah nama penyakit infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis C (HCV). Transmisi virus hepatitis C yaitu melalui darah. Dalam kasus yang jarang, HCV dapat ditularkan secara sek_sual atau secara vertikal dari ibu terhadap anaknya. Sebelumnya Hepatitis C disebut dengan sebutan Hepatitis Non A Non B

Hepatitis D - adalah nama penyakit virus hati yang disebabkan oleh virus hepatitis D (HDV). HDV ditularkan melalui darah dan hanya menyebabkan penyakit pada orang yang sudah terinfeksi hepatitis B.

Hepatitis E - adalah nama penyakit virus hati yang menyebar melalui jalur fekal-oral. Hepatitis E biasanya ringan, tetapi bisa berat dan mungkin berakibat fatal pada wanita hamil.

Hepatitis Fulminan - adalah inflamasi (peradangan) dan kerusakan jaringan hati yang menyebabkan kehilangan parah, cepat, dan progresif fungsi hati akibat infeksi virus atau penyebab lainnya.

Hepatitis G - adalah bentuk terbaru dari penyakit hepatitis. Penularannya diduga terjadi melalui darah dan terlihat pada pengguna obat injeksi, individu dengan gangguan pembekuan darah, seperti hemofilia, dan individu yang memerlukan hemodialisis seperti orang dengan gagal ginjal.

Hepatitis Kronis Aktif - adalah keadaan atau kondisi dimana HCV atau HBV terus bereplikasi dan menginfeksi sel-sel baru setelah 6 bulan.

Hepatitis Pengaruh Alkohol - adalah jenis hepatitis kronis yang disebabkan oleh perilaku mengkonsumsi alkohol berat dalam waktu yang lama.

Hemafrodit - adalah memiliki dua arti yang berbeda, jikalau pada hewan, hemafrodit artinya adalah memiliki dua buah organ reproduksi baik jantan maupun betina. Sedangkan jika hemafrodit manusia memiliki arti sebagai orang yang lahir dengan organ sek_sual berkurang sebagai akibat dari anomali genetik, dan karena itu memiliki sifat-sifat fisik dan karakteristik sek_sual antara pria atau wanita.

To be Continue...

0 komentar