loading...

Wednesday, May 2, 2018

KUMPULAN ISTILAH DALAM DUNIA MEDIS ( KEPERAWATAN, KEBIDANAN, KEDOKTERAN, KEFARMASIAN ) ABJAD G

KUMPULAN ISTILAH DALAM DUNIA MEDIS ( KEPERAWATAN, KEBIDANAN, KEDOKTERAN, KEFARMASIAN ) ABJAD G


Infuset - Berikut ini kami akan mengumpulkan berbagai istilah medis dengan Definisi atau Pengertian-nya. Istilah medis kali ini akan berawalan dari huruf G, semoga bermanfaat dan apabila ada istilah medis lain yang belum tertulis, harap maklum, silahkan isi komentar dan kami akan menambahkan istilah medis berawalan huruf G secara berkala, terimakasih.


Gagal Ginjal - adalah kondisi ketika ginjal tidak lagi berfungsi cukup untuk mempertahankan keadaan normal kesehatan.


Gagal Ginjal Akut - adalah penurunan tiba tiba atau cepat pada fungsi filtrasi ginjal. Kondisi ini ditandai dengan peningkatan konsentrasi serum kreatinin atau azotemia.


Gagal Ginjal Kronis - adalah kehilangan fungsi ginjal yang terjadi secara perlahan-lahan dalam hitungan bulan atau tahun. Penyakit ginjal kronis didefinisikan sebagai kerusakan ginjal atau penurunan laju filtrasi glomerulus ginjal (GFR) kurang dari 60 mL/min/1.73 m2 selama 3 bulan atau lebih.

Gagal Jantung Kongestif - adalah kondisi di mana jantung tidak memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Kondisi ini sering menyebabkan sesak napas, kelelahan parah, pergelangan kaki bengkak, dan kelemahan.

Gangguan Nyeri - adalah  salah satu gangguan somatoform, yaitu gejala fisik tapi tidak sepenuhnya dipahami sebagai konsekuensi dari suatu kondisi medis umum atau sebagai efek langsung suatu zat, seperti obat.

Gangguan Bicara - adalah penggunaan yang buruk atau abnormal dari sistem vokal. Bicara menjadi tidak jelas atau buruk sehingga menarik perhatian pada dirinya sendiri dan menyebabkan kecemasan, perasaan tidak mampu, atau perilaku yang tidak pantas pada diri pembicara.

Gastritis - adalah peradangan atau pembengkakan lapisan lambung. Gastritis dapat berlangsung dalam waktu singkat (gastritis akut) atau berbulan-bulan sampai bertahun-tahun (gastritis kronis)

Ganglion - adalah dalam anatomi, ganglion adalah massa jaringan biologis, terutama massa badan sel saraf, seperti pada ganglia basal. Sel-sel saraf dalam ganglion ini disebut sel ganglion. Ganglion juga dapat berarti benjolan seperti kantung atau kista yang terbentuk dari jaringan yang melapisi sendi atau tendon.

Gegar Otak - adalah trauma kepala yang tidak disertai kerusakan jaringan otak dan menyebabkan pingsan selama tidak lebih dari 10 menit akibat. Gegar otak mungkin diikuti oleh vertigo atau amnesia retrograde, yaitu kehilangan ingatan untuk periode yang terbatas sebelum terjadinya kecelakaan.



Gen - adalah adalah unit dasar hereditas. Gen mengandung informasi turun-temurun yang disandikan dalam bentuk DNA (atau RNA pada beberapa virus)

Genitalia - adalah bagian-bagian tubuh sek_sual eksternal.

Getah Bening - adalah cairan yang ditemukan dalam pembuluh getah bening dari sistem limfatik. Cairan ini terutama terdiri dari air, protein plasma dan sel darah.

Gigi Bungsu - adalah gigi molar (geraham) ketiga; gigi kedelapan dari pusat mulut.

Gigi Sensitif - adalah gigi yang terasa nyeri bila dipicu oleh panas, dingin, makanan manis atau asam, atau bahkan hanya menghirup udara dingin. Rasa sakit dapat tajam, tiba-tiba, dan menusuk jauh ke ujung saraf gigi Anda.

Gigi Neonatal - adalah gigi-geligi yang hadir saat kelahiran.

To be Continue...






0 komentar